Sukses

Bikin Salfok, 5 Karakter dalam Drakor yang Bikin Kamu Kena Second Lead Syndrome

Kehadiran mereka sebagai second lead dalam drakor yang dimainkan, justru malah ditunggu oleh penonton.

Liputan6.com, Jakarta - Saat menonton drama Korea (drakor), tidak jarang para penonton sering merasa salah fokus dengan pemeran utama kedua yang dikenal juga sebagai second lead berkat akting, ketampanan, atau latar belakang yang mereka mainkan dalam cerita tersebut. Apakah Anda salah satunya?

Dikarenakan hal tersebut, maka istilah second lead syndrome dalam drakor pun mulai populer. Namun sayangnya, ada beberapa penonton yang kurang setuju dengan hal ini karena pemeran utama pertama justru dekat dengan pemeran utama kedua (second lead) ini.

Padahal, sebenarnya seperti yang kita ketahui bahwa formula dalam drama Korea, pada akhirnya pemeran utama pertama selalu bersama dengan pemeran utama pertama juga. Akan tetapi, penonton masih mengharapkan untuk cerita yang bahagia bagi si second lead ini. 

Meskipun demikian, second lead syndrome biasanya dimulai dengan kiasan cinta segitiga di mana pemeran utama pria kedua mungkin adalah kolega dekat, teman masa kecil, atau pengagum lama pemeran utama wanita. Dia dengan cepat bisa memenangkan hati pemirsa dengan kepribadiannya yang menarik, dan mendukungnya meskipun tahu hubungan ini tidak akan bisa berakhir indah.

Dilansir dari Sports Keeda, Rabu (19/6/2024), berikut lima rekomendasi drakor dengan second lead syndrome yang paling banyak dibicarakan:

1. Kim Seon ho sebagai Han Ji pyeong (Start-Up)

Kim Seon ho memerankan karakter Han Ji pyeong di Start-Up. Dia berperan sebagai teman masa kecil pemeran utama wanita, Dal-mi (diperankan oleh Suzy), dan seorang investor yang jenius.

Meskipun menjadi cinta pertama Dal-mi dan berbagi surat-surat penghiburan dengannya selama masa remajanya, sayangnya Han Ji-pyeong gagal menyatakan cintanya padanya pada waktu yang tepat. Dia sendiri dijuluki sebagai "Anak Baik" karena kepribadiannya dalam drama tersebut.

Meski dia pria tangguh, dia langsung melebur di hadapan Dal-mi dan membantu membangun kariernya dengan sukses. Namun, dia tidak berakhi rdengan Dal-mi, yang memicu Second Lead Syndrome secara besar-besaran di kalangan komunitas K-drama pada waktu penanyangannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Chae Jong-hyeop sebagai Yang Do-hyeok (Nevertheless)

Chae Jong-hyeop memerankan karakter laki-laki sangat green flag, sebagai Yang Do-hyeok, dalam serial Netflix yang berjudul Neverthless. Dia sendiri merupakan teman masa kecil dan kekasih sepihak dari pemeran utama wanita, Nabi (diperankan oleh Han So-hee).

Dijuluki sebagai "Bocah Kentang" di media sosial, pemirsa mendukung Do-hyeok dan ingin kisahnya berakhir bersama Nabi dan mengharapkan akhir yang bahagia. Namun, Nabi yang dibutakan oleh cintanya pada seorang playboy, Park Jae-eon (diperankan oleh Song Kang), justru mengabaikan semua sinyal yang disampaikan Do-hyeok melalui gerak tubuh dan kata-katanya yang penuh kasih sayang. 

Akibatnya, komunitas K-drama kembali mengalami patah hati dan Second Lead Syndrome yang parah, yang membagi internet menjadi "Tim Kupu-kupu" dan "Tim Kentang".

3 dari 5 halaman

3. Song Kang sebagai Hwang Sun-oh (Love Alarm season 1 and 2)

Song Kang memerankan Hwang Sun-oh di Love Alarm season 1 dan 2. Meskipun dia memiliki hubungan yang indah dengan pemeran utama wanita, Jojo (diperankan oleh Kim So-hyun), di season pertama, mereka justru putus di akhir serial tersebut.

Lalu, saat hubungan di masa sekolah menengah mereka berakhir, hal itu menimbulkan gelombang kesedihan di kalangan pemirsa. Ketika serial ini kembali dengan season 2, para penggemar pun mengharapkan reuni mereka.

Sayangnya, Jojo akhirnya menjalin hubungan dengan sahabat masa kecil Sun-oh, Lee Hye-yeong (diperankan oleh Jung Ga-ram), membuat pemirsa marah dengan keputusannya, setelah dia meninggalkan Sun-oh tanpa penjelasan apa pun.

Namun, komunitas K-drama merasa lega ketika pemeran utama wanita lainnya, Yook-jo (diperankan oleh Kim Si-eun), menghubung  Sun-oh, dan mereka setuju untuk tetap bersama sebagai pasangan. Meskipun Sun-oh tidak dapat membunyikan alarm cinta Yook-jo, keduanya saling berpelukan, berjanji untuk memulai hidup baru bersama.

Meski sudah berakhir, komunitas K-drama pun masih merasakan kepedihan dengan Second Lead Syndrome yang diberikan oleh Song Kang.

4 dari 5 halaman

4. Hwang In-youp sebagai Han Seo-jun (True Beauty)

Konsep Second Lead Syndrome tidak lengkap tanpa menyebut karakter Hwang In-youp, Han Seo-jun, dari True Beauty, yang sempat menghebohkan internet pada tahun 2021 antara dua tim, #TeamSeojun dan #TeamSuho. Hwang In-youp memerankan Han Seo-jun, seorang anak laki-laki tangguh dan tampaknya nakal yang memiliki sisi lembut pada pemeran utama wanita, Ju-kyung (diperankan oleh Mun Ga-young).

Han Seo-jun selalu ada untuk Ju-kyung sebagai sahabat setianya, baik itu sambil menyeka air matanya saat menangis untuk Suho atau merayakan ulang tahunnya saat Suho pergi ke luar negeri. Dia menjadi idola yang disukai setiap penonton K-drama dan bahkan mencegah Ju-kyung yang mabuk untuk menciumnya. Hal ini tentunya menunjukkan perilaku sopan.

5 dari 5 halaman

5. Kim Hyun-joong sebagai Yoon Ji-hoo (Boys Over Flowers)

Bisa dibilang second lead syndrome di dunia drakor dimulai dengan pemeranan Kim Hyun-joong sebagai Yoon Ji-hoo dalam serial klasik Boys Over Flowers. Terlepas dari wajahnya yang sempurna, sikapnya yang sopan, dan kepribadiannya yang tenang, pemeran utama wanita, Jan-di (diperankan oleh Gu Hye-seon), akhirnya meninggalkannya.

Meskipun Jan-di awalnya jatuh cinta pada Ji-hoo pada pandangan pertama dan keduanya menghabiskan waktu bersama, hubungan mereka tidak bertahan lama. Ji-hoo menyadari bahwa Jan-di jatuh cinta dengan sahabat masa kecilnya, Joon-pyo (diperankan oleh Lee Min-ho), dan memutuskan untuk mengutamakan persahabatan daripada cinta.

Dia membantu Jan-di dan Joon-pyo menyadari cinta mereka satu sama lain dan mendukung Jan-di sebagai teman setianya. Meski banyak penonton yang ikut mendukung Jan-di, mereka kecewa karena Ji-hoo tidak mendapatkan akhir yang bahagia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.