Sukses

Jangan Dulu Dibuang, Begini Trik Simpan Sisa Tepung Ayam Krispi Agar Tidak Cepat Berjamur

Sisa tepung ayam krispi yang masih banyak sebenarnya masih bisa dimanfaatkan lagi, lho! Simak cara tepat menyimpannya supaya sisa tepung bisa diolah lagi kapanpun tanpa khawatir mubazir akibat berjamur.

Liputan6.com, Jakarta Proses pembuatan ayam tepung krispi umumnya memang memerlukan adonan tepung kering yang cukup banyak. Hal ini tak lain bertujuan untuk memastikan seluruh permukaan daging ayam terbaluri tepung secara merata.

Akibatnya, setelah memasak adonan tepung kering seringkali masih tersisa banyak. Menyikapi hal ini, tak sedikit orang yang memilih membuangnya, padahal sisa tepung ini masih bisa dimanfaatkan lagi jika disimpan dengan cara yang benar.

Membawa solusi atas masalah tersebut, warganet Instagram dengan nama akun @kakak_maryam membagikan trik-nya. Alih-alih dibuang, sisa tepung ayam krispi bisa tahan lama dan dipakai lagi tanpa khawatir berjamur.

Penasaran bagaimana caranya? Temukan jawaban dan langkah selengkapnya pada informasi yang dirangkum pada Rabu (19/6/2024) berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Masukkan Sisa Tepung ke Gelas

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah pindahkan dulu sisa tepung dari baskom ke dalam gelas atau toples kecil. Hal ini bertujuan untuk memudahkan proses penyaringan.

3 dari 10 halaman

Saring Sisa Tepung

Langkah kedua, dengan memanfaatkan baskom/mangkuk dan menggunakan saringan berpori kecil, saring sisa tepung ayam krispi.

Agar proses penyaringan lebih rapi dan tepung tidak tumpah ke mana-mana, lakukan dengan cara membalik bibir gelas menjadi alas seperti pada foto di atas sambil diputar-putar. Saring sampai sisa tepung benar-benar halus. 

4 dari 10 halaman

Jemur di Bawah Sinar Matahari

Langkah ketiga, tepung yang sudah halus bisa dijemur di bawah sinar matahari selama 20-30 menit. Proses ini bertujuan untuk mengeringkan sisa tepung ayam krispi yang biasanya cenderung lembab akibat terkena adonan tepung basah, sehingga pertumbuhan bakteri bisa dicegah.

5 dari 10 halaman

Simpan di Wadah Kedap Udara

Langkah keempat, tepung yang sudah dijemur bisa dimasukkan ke dalam toples atau wadah apapun yang kedap udara. Ini bertujuan agar tepung tidak kontak langsung dengan udara yang bisa mempercepat pertumbuhan jamur.

Jangan lupa juga simpan di ruangan yang kering dengan suhu kamar. Sisa tepung pun bisa awet sampai 6 hari lamanya. Selamat mencoba!

6 dari 10 halaman

Tips Lain dari Warganet Agar Tepung Sisa Ayam Goreng Tidak Mubazir

Melalui kolom komentar di unggahan Instagram @kakak_maryam tersebut, tak sedikit warganet yang berterima kasih karena merasa terbantu dengan tips yang dibagikan.

Tak hanya itu, beberapa juga membagikan tips dan pengalaman bagaimana mereka mengakali sisa tepung ayam krispi agar tidak terbuang sia-sia. 

“Kalo aku biasanya tak buat tempe goreng mba. Makasi tips nya”, ujar akun Instagram @dapoer_ibuaira berbagi pengalamannya. 

“Kalau saya biasanya ditambah air sedikit terus digoreng langsung, malah itu yang jadi rebutan” lanjut akun @ar.dianaaa_ ikut berkomentar.

“Kalo aku lsg goreng jadiin bakwan jagung kl pas ada bahannya. Kl gal, goreng jadi peyek tepung” tulis akun Instagram @bydapurshanum ikut berbagi tips.

7 dari 10 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Tepung

8 dari 10 halaman

Tepung Terigu Terbuat dari Bahan Apa?

Tepung terigu merupakan hasil penggilingan biji gandum yang telah dihaluskan. Tepung ini sering dimanfaatkan sebagai bahan utama dalam pembuatan kue, roti, mie, dan pasta.

9 dari 10 halaman

Tepung Apa yang Bisa Membuat Crispy?

Pakai tepung jagung atau tepung beras. Tepung terigu menghasilkan tekstur gorengan yang lebih lembut, sedangkan tepung jagung dan tepung beras menghasilkan gorengan yang renyah dan garing.

10 dari 10 halaman

Apa Fungsi Tepung Tapioka pada Gorengan?

Tepung singkong, dikenal juga sebagai tepung tapioka, menghasilkan lapisan yang sangat renyah dan transparan pada berbagai jenis makanan gorengan. Tepung ini kerap digunakan dalam pembuatan camilan gorengan khas Indonesia seperti pisang goreng, ubi goreng, maupun cireng.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.