Sukses

Hanya Perlu Tambahan 1 Bahan Dapur, Begini Cara Masak Kikil Anti Menggumpal setelah Dingin

Permasalahan dalam mengolah kikil biasanya adalah hasilnya yang akan menggumpal dan lengket ketika suhunya turun. Untuk mengantisipasinya, yuk simak tips cara memasak kikil berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Kikil menjadi salah satu bagian sapi maupun kambing yang juga banyak digemari. Teksturnya yang kenyal sangat cocok dikombinasikan dengan berbagai rempah dan racikan bumbu khas masakan Indonesia. 

Di samping cita rasanya yang lezat, permasalahan dalam mengolah kikil biasanya muncul ketika suhunya turun. Kikil yang sudah dimasak sedemikian rupa, setelah beberapa menit atau jam akan menggumpal dan lengket saat sudah dingin.

Untuk mengatasi hal ini, seorang warganet YouTube, Heru Sutrisno Channel, memberikan tips memasak kikil agar hasilnya tidak menggumpal maupun lengket. Temukan penjelasan lengkapnya, yang dirangkum pada Kamis (20/6/2024) berikut ini. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Bahan-bahan

  • 500  gr kikil yang sudah direbus dan dipotong-potong
  • 1 buah mentimun besar yang sudah diiris-iris
  • Cabai merah besar iris
  • Cabai rawit iris
  • Cabai hijau iris2 lembar daun jeruk
  • Bumbu halus (3 butir bawang merah, 2 siung bawang putih, 1 cm kunyit, 1 cm jahe, 2 cm lengkuas, merica, dan pala)
  • Garam dan penyedap
3 dari 9 halaman

Tumis Bumbu Halus

Langkah pertama, tumis bumbu halus. Tambahkan juga dua lembar daun jeruk dan irisan cabai rawit, cabai hijau, dan cabai merah besar, lalu tumis sampai harum.

4 dari 9 halaman

Masukkan Kikil

Jika bumbu sudah beraroma dan setengah matang, masukkan kikil yang sudah direbus. Lanjut tumis sampai harum. 

5 dari 9 halaman

Tambahkan Bumbu

Selanjutnya, bumbui dengan garam dan penyedap rasa sesuai selera. Aduk-aduk agar bumbu dan panasnya merata. 

6 dari 9 halaman

Masukkan Mentimun

Terakhir, tambahkan irisan mentimun. Mentimun inilah yang akan membuat kikil tetap terpisah satu sama lain–tidak menggumpal dan lengket–bahkan setelah suhunya menjadi dingin. Selamat mencoba!

7 dari 9 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Kikil

8 dari 9 halaman

Apa Beda Kikil dan Tunjang?

Tunjang, yang dikenal juga sebagai kikil, merupakan bagian dari kaki sapi yang dimasak dalam gulai bersama tulang lunaknya di rumah makan Padang. Saat menyantap tunjang, biasanya tidak menggunakan sendok atau garpu, melainkan lebih nikmat dinikmati dengan menggunakan tangan.

9 dari 9 halaman

Apakah Kikil Sehat?

Kikil sapi mengandung senyawa antioksidan yang membantu dalam melawan radikal bebas, molekul berbahaya yang dapat merusak sel-sel dan meningkatkan kemungkinan terkena penyakit kronis. Mengonsumsi kikil secara rutin dapat membantu mencegah penyakit jantung, kanker, serta gangguan neurodegeneratif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.