Sukses

Gangguan Penciuman Bisa Jadi Tanda Risiko Gagal Jantung, Ini yang Harus Kamu Ketahui

Para peneliti telah menemukan kemungkinan hubungan antara gagal jantung dan hilangnya salah satu indra utama Anda.

Liputan6.com, Jakarta Para peneliti telah menemukan kemungkinan hubungan antara gagal jantung dan hilangnya salah satu indra utama Anda. Ini adalah gejala diam yang mungkin diabaikan banyak orang, namun jika Anda mendapati diri Anda memasak makanan yang harum dan tidak mencium aroma bawang bombay, itu bisa menjadi tanda bahwa Anda berisiko mengalami gagal jantung.

Di Inggris, gagal jantung adalah penyebab utama kematian dan 1,4 juta orang hidup dengan penyakit ini, yang dapat diobati namun tidak dapat disembuhkan. Kegagalan jantung dalam memompa darah dengan baik dapat disebabkan oleh penyakit jantung, masalah tekanan darah, dan penyalahgunaan zat, namun hanya ada sedikit tanda peringatan dini bagi mereka yang berisiko.

Medical News Today melaporkan sebuah penelitian dari Michigan University yang telah mengendus potensi peringatan dini untuk kondisi mematikan ini, yaitu hilangnya indra penciuman. Bagi sebagian besar dari kita, seiring bertambahnya usia, terutama setelah melewati angka 60, indra kita mulai menurun. Sesuatu yang menurut rekan penulis studi, Keran Chamberlin, bisa menjadi petunjuk adanya "perubahan kardiovaskular subklinis".

Dr Honlei Chen, pakar lain yang terlibat dalam penelitian ini, menyatakan: "Kehilangan atau gangguan penciuman terjadi pada seperempat orang lanjut usia. Kesadaran masyarakat masih rendah, hanya sekitar 30 persen dari mereka yang mengalami kehilangan penciuman mengetahui bahwa mereka mengidapnya", demikian menurut laporan Gloucestershire .

Ia melanjutkan: "Dalam dua dekade terakhir, kami mengetahui bahwa kehilangan penciuman adalah salah satu penanda awal paling penting dari demensia dan penyakit Parkinson. Menariknya, data yang muncul, termasuk data kami, menunjukkan bahwa kehilangan penciuman mungkin memiliki implikasi yang lebih besar terhadap kesehatan orang lanjut usia. orang dewasa, termasuk risiko kematian, pneumonia, penurunan fungsi, dan kelemahan."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Data penelitian

Para peneliti menganalisis data dari penelitian terhadap 2.500 orang yang kesehatan fisiknya, termasuk indra penciumannya, dilacak selama lebih dari satu dekade. Mereka menemukan bahwa mereka yang kehilangan indra penciumannya memiliki peluang 30 persen lebih tinggi terkena gagal jantung dibandingkan mereka yang dapat mencium dengan jelas.

Dr Chen berkata: “Mengingat apa yang telah kita diskusikan tentang kemungkinan hubungan antara hilangnya penciuman dan kesehatan jantung, kami tidak terlalu terkejut dengan temuan kami.”

Rekan penulis Chamberlin menambahkan: “Karena gagal jantung adalah sindrom multi-aspek tingkat lanjut, perkembangannya mungkin diperburuk oleh meningkatnya kerentanan. Oleh karena itu, hilangnya penciuman mungkin terkait dengan kesehatan jantung sebagai penanda, kontributor, atau keduanya.”

 

3 dari 4 halaman

Belum ditemukan hubungannya dengan stroke dan penyakit jantung

Namun, meski menemukan bukti adanya hubungan antara gagal jantung dan hilangnya indera penciuman, para peneliti tidak menemukan hubungan dengan dua penyebab terbesar gagal jantung – stroke dan penyakit jantung.

“Kami sedikit terkejut dengan fakta bahwa kami hanya mengidentifikasi hubungan ini dengan gagal jantung, namun tidak dengan penyakit jantung koroner atau stroke,” kata Chamberlin.

“Memang benar, kami tidak memiliki penjelasan yang baik mengenai hal ini. Namun, dibandingkan penyakit jantung koroner atau stroke, gagal jantung kongestif merupakan sindrom yang lebih kompleks dan lanjut dengan kelainan jantung struktural atau fungsional,” ujarnya kepada Medical News Today.

“Selain aterosklerosis, penyebab stres miokard lainnya juga dapat memicu rawat inap gagal jantung. Hilangnya penciuman mungkin menandakan kerentanan yang lebih tinggi terhadap stres miokard selain aterosklerosis. Namun demikian, temuan kami masih bersifat awal dan menunggu konfirmasi.”

 

4 dari 4 halaman

Gejala gagal jantung

Gagal jantung terjadi ketika jantung tidak mampu memompa darah ke seluruh tubuh dengan baik, biasanya akibat otot menjadi terlalu kaku atau lemah. Penyakit ini tidak dapat disembuhkan, namun dapat diobati dan dikendalikan.

NHS menggambarkan gejala utama gagal jantung sebagai:

  • Sesak napas setelah beraktivitas atau istirahat
  • Merasa lelah hampir sepanjang waktu dan menganggap olahraga melelahkan
  • Merasa pusing atau pingsan
  • Pergelangan kaki dan kaki bengkak

Gejala-gejala ini dapat terjadi dengan sangat cepat, yang dikenal sebagai gagal jantung akut, atau berkembang secara bertahap selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan, yang disebut gagal jantung kronis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.