Sukses

Tidak Hanya Dicuci, Ini 2 Bahan Dapur yang Ampuh Hilangkan Darah dan Bau Amis Daging Sapi

Daging sapi harus dibersihkan dengan 2 bahan khusus biar darah dan bau amisnya hilang. Ini dia bahan dan caranya.

Liputan6.com, Jakarta Saat hari raya Idul Adha sepekan silam, tidak sedikit orang yang masih bingung cara membersihkan daging kurban terutama daging sapi.

Wajar saja, daging kurban memang masih sangat segar dan cenderung lebih bau amis dan masih banyak darah dibanding daging yang dibeli di supermarket.

Bagi yang masih awam, biasanya daging sapi akan langsung dicuci dengan air mengalir untuk menghilangkan bau dan darah tersebut. Padahal, mencuci daging sapi sendiri tidaklah efektif, dan bahkan tidak dianjurkan.

Meski demikian, ada cara alternatif yang lebih efektif dalam membersihkan daging sapi dengan 2 bahan saja. Cara ini dibagikan oleh warganet Instagram @melizah21, yang akan dirangkum pada Minggu (23/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Siapkan Daging Sapi yang Bau Amis

Hampir semua bagian daging sapi yang baru didapat dari pembagian hewan kurban pasti mengeluarkan darah dan bau amis. Hanya saja, memang ada bagian seperti tenderloin atau sirloin yang tidak terlalu amis.

Selain daging dari pemotongan kurban, daging yang terlalu lama disimpan di lemari es juga berpotensi bau amis. Letakkan daging yang masih bau amis ini di dalam mangkuk.

3 dari 11 halaman

Gunakan Cuka dan Terigu

Tuangkan cuka dan terigu ke seluruh sisi daging sapi secara merata. Setelah itu, aduk-aduk dengan tangan agar cuka dan terigu bisa tercampur rata dengan daging.

Cuka sendiri mempunyai sifat pembersih yang cukup ampuh dalam menghilangkan bau daging. Sementara terigu berfungsi dalam menyerap bau amis pada daging.

4 dari 11 halaman

Rendam dalam Air

Sesudah dituang cuka dan terigu, sekarang masukkan air ke dalam mangkuk sampai daging terendam. Bolak-balikkan sekaligus bilas daging tersebut sampai semua darahnya terangkat ke permukaan.

5 dari 11 halaman

Daging Bisa Langsung Direbus

Jika dirasa sudah cukup bersih, air rendaman bisa dibuang dan daging bisa langsung direbus. Sekarang daging sapi dijamin sudah terbebas dari sisa darah dan bau amis yang mengganggu.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Daging Bau Amis

7 dari 11 halaman

Apakah Daging yang Sudah Bau Masih Bisa Dimakan?

Apabila daging telah mengeluarkan bau tidak sedap seperti itu, sebaiknya jangan diolah karena sudah tidak layak dikonsumsi.

8 dari 11 halaman

Kenapa Daging Sapi Qurban Bau?

Salah satu faktor utama adalah kebersihan saat pemotongan hewan kurban. Jika proses tersebut tidak steril, daging dapat terkontaminasi oleh bakteri dan mikroorganisme yang menyebabkan bau tidak enak.

9 dari 11 halaman

Bagaimana Cara Agar Daging Tidak Bau?

Jeruk nipis mampu menghilangkan bau amis dengan cara membasmi bakteri. Untuk melakukannya, cukup oleskan perasan jeruk nipis pada daging dan biarkan selama sekitar tiga puluh menit. Selain itu, garam juga efektif dalam mengatasi bau amis. Anda hanya perlu menaburkan garam pada daging dan mendiamkannya selama kurang lebih satu jam.

10 dari 11 halaman

Bagaimana Warna Daging yang Fresh?

Cara termudah untuk memastikan daging yang aman dikonsumsi adalah dengan memperhatikan kesegaran warnanya. Biasanya, daging sapi, kambing, atau kerbau yang segar memiliki warna merah cerah, tidak pucat, dan bersih dari noda.

11 dari 11 halaman

Kapan Daging Sapi Busuk?

Apabila Anda mendapati adanya lapisan berlendir pada daging, hal ini menandakan bahwa daging tersebut telah mengalami pembusukan. Biasanya, lendir ini juga diiringi oleh aroma tidak sedap dan perubahan warna. Daging dalam kondisi seperti ini sebaiknya segera dibuang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.