Sukses

Dijamin Berhasil, Ini 5 Trik Bikin Kulit Dimsum Enak dan Tidak Kering

Ada 5 macam trik yang bisa diikuti agar kulit dimsum tidak kering. Simak apa saja triknya.

Liputan6.com, Jakarta Dimsum kini telah menjelma menjadi kudapan yang sangat digemari anak muda karena memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang lembut. Saat ini, dimsum sudah memiliki isian yang bervariasi seperti ayam, udang, cumi hingga keju.

Hal itu juga mendorong orang-orang untuk menjual dimsum dengan harga yang beragam. Hanya saja, dimsum yang berukuran besar dengan isian yang banyak relatif lebih mahal.

Padahal, dimsum bisa dibuat sendiri dengan praktis di rumah, terutama bagian kulitnya. Meskipun begitu, ternyata tidak sedikit pula yang masih gagal dalam membuat kulit dimsum sehingga memiliki tekstur yang kering atau terlalu tebal.

Namun jangan khawatir, karena seorang warganet TikTok/@hi_erisa telah membagikan lima trik membuat kulit dimsum agar tidak kering dan anti gagal. Berikut rangkuman langkah-langkahnya pada Minggu (23/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Buat Adonan Tepung

Awali dengan memasukkan sekitar 250 gram tepung terigu protein sedang ke dalam wadah. Kemudian, tambahkan juga setengah sendok teh garam agar kulit dimsum tetap terasa gurih.

3 dari 11 halaman

Tambahkan Telur dan Pewarna

Langkah berikutnya, buat kubangan di bagian tepung berbentuk bulat. Pecahkan satu butir telur tepat di kubangan tersebut. Jangan lupa juga untuk menambahkan 100 ml air yang sudah dicampur dengan dua tetes pewarna makanan.

4 dari 11 halaman

Bentuk Adonan Dimsum

Uleni campuran tepung, telur dan pewarna tadi sampai kalis. Sesudah itu, adonan dimsum bisa dibuat tipis dengan rolling pan. Adonan dimsum ini harus benar-benar dibuat tipis agar lebih lezat.

Usai ditipiskan, sekarang cetak kulit dimsum dengan cetakan dimsum atau gelas. Ukuran cetakannya tidak terlalu besar, tapi cukup untuk membungkus isian dimsum.

5 dari 11 halaman

Isi Dimsum

Sebelum dikukus, isi dimsum terlebih dahulu dengan topping sesuai selera seperti keju, udang, ikan atau ayam. Baru sesudah itu dimsum bisa langsung dikukus. Dengan cara ini, dijamin kulit dimsum akan lebih lezat dan tidak kering.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Dimsum

7 dari 11 halaman

Apakah Kulit Pangsit dan Kulit Dimsum Sama?

Kulit pangsit sangat pas untuk membuat pangsit goreng atau pangsit kuah. Kulit ini memiliki kekuatan dan daya tahan yang baik, sehingga mampu bertahan dalam proses penggorengan. Sebaliknya, kulit dimsum lebih cocok untuk hidangan dimsum, yang biasanya dikukus. Kulit dimsum juga bisa digunakan untuk membuat dimsum yang dikukus maupun digoreng.

8 dari 11 halaman

Kulit Dimsum untuk Apa?

Dengan menggunakan sedikit bahan, kulit ini tidak hanya cocok untuk dimsum, tetapi juga bisa digunakan untuk membuat kulit siomay, keripik pangsit, martabak telur, dumpling, dan masih banyak lagi.

9 dari 11 halaman

Kulit Gyoza Apa Sama dengan Kulit Dimsum?

Tekstur kulit gyoza serupa dengan kulit dimsum, hanya saja kulit gyoza lebih tebal. Ketebalan ini diperlukan karena gyoza dipanggang, sehingga kulitnya tidak gampang robek saat dimasak.

10 dari 11 halaman

Kenapa Kulit Dimsum Dikukus Bintik Hitam?

Salah satu kendala yang sering muncul pada kukusan bambu adalah munculnya jamur dan bintik hitam. Masalah ini timbul akibat kondisi lembab saat penyimpanan.

11 dari 11 halaman

Kulit Dimsum Disimpan di Mana?

Setelah membeli atau membuat kulit dimsum, penting untuk menyimpannya dalam keadaan tertutup. Plastik adalah pilihan yang tepat untuk menjaga kelembaban kulit dimsum. Pastikan tidak ada udara yang masuk ke dalamnya agar kulit dimsum tetap lembut dan tidak mengeras.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini