Sukses

Hanya Butuh 5 Menit, Begini Trik Cepat dan Efektif Cairkan Daging Agar Tetap Higienis

Selain lebih cepat, mencairkan daging beku dengan cara ini bisa membantu menjaga kehigienisan daging. Mari simak ulasan lengkapnya.

Liputan6.com, Jakarta Menyimpan bahan makanan–daging salah satunya–di kulkas memang metode yang cukup efektif untuk memperpanjang masa gunanya. Selain itu, suhu dingin pada kulkas juga ampuh dalam mempertahankan kesegaran beberapa bahan masak. 

Kendati demikian, daging merah yang disimpan di dalam freezer kerap kali membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dicairkan. Ukuran daging yang lebih tebal dibanding sumber protein hewani lain, seperti ikan dan ayam, membuat proses pembekuannya lebih merata.

Sebagai alternatifnya, trik mencairkan daging beku yang dibagikan melalui video reel @melizah21 ini bisa dicoba. Hanya dengan memanfaatkan tiga bahan dapur saja, daging beku yang notabene sulit dicairkan bisa melunak dalam waktu 5 menit saja.

Dirangkum pada Senin (24/6/2024), simak ulasan selengkapnya berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Bahan-bahan

Berikut tiga bahan pencair daging beku yang perlu disiapkan:

  • Garam
  • Soda kue
  • Cuka1 baskom air
3 dari 10 halaman

1. Campurkan Seluruh Bahan

Step pertama, siapkan satu baskom air bersih, lalu tambahkan sekitar satu sendok teh garam, satu sendok teh soda kue, dan kurang lebih lima tetes cuka dapur. Aduk-aduk hingga garam dan soda kue larut dalam air.

4 dari 10 halaman

2. Rendam Daging Beku

Step kedua, keluarkan daging beku dalam kulkas–tentunya daging beku dalam keadaan terbungkus plastik–dan rendam ke dalam cairan dalam baskom tersebut.

Mengingat daging merah tidak disarankan dicuci, maka merendanya dalam keadaan tetap terbungkus plastik ini akan membantu menjaga kehigienisannya. 

5 dari 10 halaman

3. Diamkan 5 Menit

Step ketiga, daging kemudian direndam selama 5-7 menit. Durasi perendaman ini pada dasarnya juga perlu disesuaikan dengan tingkat ketebalan daging. Semakin tebal daging yang dibekukan, maka proses perendaman bisa jadi memerlukan waktu sedikit lebih lama.

6 dari 10 halaman

Resep Simpel Sate Daging

Selain berbagi trik mencairkan daging beku, @melizah–masih dalam video reel yang sama–berbagi resep membuat sate daging. Adapun, bahan-bahannya adalah sebagai berikut:

  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Lengkuas
  • Jahe
  • Gula merah
  • Gula pasir
  • Kecap manis
  • Merica bubuk
  • Air asam jawa
  • Minyak goreng

Cara memasak:

  1. Siapkan potongan daging lalu marinasi dengan bumbu instan marinasi daging.
  2. Siapkan bumbu bakaran, yaitu dengan menghaluskan seluruh bahan pada daftar di atas.
  3. Tusuk daging yang sudah dimarinasi dengan tusuk sate, lalu siram menggunakan bumbu halus.
  4. Bakar daging hingga matang, lalu sajikan dengan taburan bawang goreng.
7 dari 10 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Daging Beku

8 dari 10 halaman

Apakah Daging Beku Boleh Disiram Air Panas?

Tidak dianjurkan. Langkah ini berpotensi membuat daging berada dalam suhu yang tidak aman, sehingga meningkatkan risiko kontaminasi bakteri dan akumulasi racun pada level yang berbahaya.

9 dari 10 halaman

Mengapa Daging Beku yang sudah Dicairkan Tidak Boleh Dibekukan Lagi?

Daging serta ikan yang telah dicairkan sebaiknya tidak dibekukan kembali. Ketika daging dan ikan sudah mencair, ada kemungkinan rasa berubah, seratnya tidak sebaik saat masih segar, dan daging kemungkinan besar sudah terkontaminasi bakteri.

10 dari 10 halaman

Apa Alasan Daging yang Dibekukan di Dalam Lemari Es Tidak Membusuk?

Pada suhu rendah, seperti 0°C atau lebih rendah, misalnya di dalam lemari es, enzim menjadi tidak aktif namun tetap utuh, sehingga daging di dalam kulkas tidak mengalami pembusukan. Enzim akan berfungsi optimal pada suhu sekitar 30°C. Karbohidrat dalam bahan makanan dicerna melalui proses kimiawi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.