Sukses

Hanya dengan 3 Bahan, Ini Cara Mudah Bikin Tahu Sutra

Tahu sutra akan semakin lembut jika dibuat dengan 3 bahan ini. Simak caranya.

Liputan6.com, Jakarta Beda dari tahu jenis lain, tahu sutra cenderung lebih lembut, gurih dan bahkan lumer di mulut meskipun memiliki bahan dasar yang sama.

Tahu sutra sendiri juga berbahan dasar kedelai, hanya saja tidak mengalami proses pengepresan saat diolah dengan penggumpal yang minim.

Hal itu pula yang membuat tahu sutra sedikit lebih sulit, sehingga banyak tahu sutra yang diproduksi oleh pabrik-pabrik besar.

Namun, tahu sutra yang sederhana ternyata juga bisa dibuat sendiri di rumah. Ada seorang warganet TikTok/@ameliasmsd yang membagikan cara membuat tahu sutera hanya dengan 3 bahan. Berikut langkah-langkahnya yang dirangkum pada Selasa (25/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Kocok Adonan Tahu Sutra

Pecahkan tiga butir telur pada mangkuk lalu kocok-kocok dengan mixer sampai rata. Kemudian, tambahkan 200 ml susu kedelai dan setengah sendok teh kaldu bubuk. Kocok adonan setiap bahan tersebut ditambahkan.

3 dari 11 halaman

Masukkan Adonan ke dalam Plastik

Usai mengaduk adonan tahu sutra, saring adonan tersebut ke dalam wadah yang lain dengan saringan. Siapkan beberapa lembar plastik, lalu masukkan adonan ke setiap plastik. Pastikan untuk menggunakan plastik food grade yang tahan panas.

4 dari 11 halaman

Rebus Selama 10 Menit

Usai adonan habis dimasukkan ke plastik, sekarang celup-celupkan plastik tersebut ke rebusan air yang sudah mendidih selama satu menit. Baru setelah itu plastik yang berisi adonan tahu sutra ini bisa dicemplungkan dan direbus selama sepuluh menit.

5 dari 11 halaman

Tahu Sutra Jadi Sangat Lembut

Selepas sepuluh menit, matikan kompor dan angkat tahu sutra secara hati-hati karena sangat lembut dan rentan hancur. Keluarkan tahu sutra dengan cara dipencet di bagian ujungnya secara perlahan.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Tahu Sutra

7 dari 11 halaman

Apa Itu Tahu Sutra?

Tahu sutra adalah tipe tahu yang diproduksi dengan metode yang sedikit berbeda, menghasilkan tekstur yang mirip puding dengan kehalusan dan potongan yang rapi. Jenis tahu ini sangat cocok digunakan dalam hidangan seperti tahu mapo atau dalam pembuatan kue keju vegan.

8 dari 11 halaman

Apakah Tahu Cina Sama dengan Tahu Sutra?

Tahu konvensional yang sering disebut sebagai tahu Tiongkok memiliki kadar air lebih rendah dibandingkan dengan tahu sutra yang dikatakan berasal dari Jepang. Tahu sutra, meskipun dikenal memiliki kadar air yang lebih tinggi, dapat bervariasi tergantung pada jumlah protein kedelai yang terkandung di dalamnya.

9 dari 11 halaman

Kenapa Tahu Sutra Lembut?

Tahu Lembut, atau Tahu Sutra, dibuat dengan menggumpalkan susu kedelai. Berbeda dengan jenis Tofu lainnya, Tofu Lembut tidak mengalami pemerasan dalam proses pembuatannya. Akibatnya, Tofu Lembut memiliki kadar air yang tinggi dan tekstur mirip puding.

10 dari 11 halaman

Apakah Tahu Sutra Bisa Langsung Dimakan?

Tahu sutra memiliki tekstur yang lebih lembut dan rapuh daripada tahu biasa karena cara pembuatannya berbeda. Tahu ini cocok untuk langsung dikonsumsi, digunakan dalam salad, atau bahkan diolah menjadi smoothie.

11 dari 11 halaman

Berapa Lama Tahu Sutra Bertahan?

Tahu Sutra Mori-Nu terkenal karena daya tahan yang panjang, didukung oleh kemasan khusus yang memastikan kesegarannya. Biasanya, produk ini dapat disimpan selama satu tahun setelah tanggal produksi, yang tertera pada label "paling baik digunakan oleh" di kemasannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini