Sukses

Hanya Pakai 1 Bahan Dapur, Begini Trik Mudah dan Cepat Hilangkan Noda Jamur di Jas Hujan

Permasalahan jas hujan berjamur tampaknya menjadi masalah yang sangat umum terjadi dan masih sedikit yang tahu trik efektif mengatasinya. Karenanya, mari cari tahu trik lengkapnya di ini.

Liputan6.com, Jakarta Penggunaan jas hujan yang terlalu sering–bahkan jika tidak sempat dikeringkan–akan membuat kondisinya jadi lembab. Akibatnya, akan ditemukan bintik-bintik noda jamur di permukaannya.

Meskipun sudah dicuci bersih menggunakan sabun, noda jamur ini akan tetap menempel dan sulit dihilangkan. Jas hujan yang berjamur seperti ini tentu akan membuat tidak nyaman karena tampilannya jadi terkesan kotor walaupun sebenarnya bersih. 

Oleh karena itu, perlu diketahui trik sederhana yang juga cukup cepat dan ampuh atasi masalah jas hujan berjamur ini. Untuk informasi lengkapnya, silakan simak penjelasan yang dirangkum dari akun TikTok @tokoserba.anda pada Selasa (25/6/2024) berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Bahan yang Diperlukan

Hanya perlu menyiapkan satu bahan saja, yaitu cuka dapur atau cuka putih, ditambah tisu ataupun kapas untuk membersihkan jas hujan yang berjamur.

3 dari 9 halaman

Siapkan Jas Hujan yang Berjamur

Langkah pertama, letakkan jas hujan yang berjamur di tempat yang rata–bisa meja maupun lantai–dan pastikan jas hujan dalam kondisi kering.

4 dari 9 halaman

Olesi Jas Hujan dengan Cuka

Langkah kedua, basahi tisu menggunakan cuka dapur. Alternatifnya, penggunaan tisu ini bisa diganti dengan kapas maupun kain lap bersih biasa. Oleskan tisu/kapas/kain yang sudah dibasahi cuka tersebut ke permukaan jas hujan yang berjamur.

5 dari 9 halaman

Diamkan 1 Jam

Setelah cuka rata dioleskan, diamkan jas hujan selama kurang lebih 60 menit. Hal ini bertujuan untuk memberi waktu kandungan asam pada cuka untuk bekerja melunakkan noda jamur pada jas hujan. Sebagai catatan, jika tidak memiliki cuka, bisa diganti dengan air jeruk nipis ataupun garam kasar.

6 dari 9 halaman

Bilas Jas Hujan

Langkah terakhir, bilas jas hujan dengan air bersih sembari dilap atau digosok perlahan dengan kain untuk membantu merontokkan noda jamur yang. Kemudian, jemur jas hujan hingga kering. Selamat mencoba!

7 dari 9 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Jas Hujan

8 dari 9 halaman

Jas Hujan Bahan PVC Seperti Apa?

Seperti namanya, Jas Hujan PVC, tentu jas hujan ini terbuat dari bahan PVC atau Polimer dari Vinyl Chloride. Jas hujan yang terbuat dari Vinyl ini dikenal sangat efektif dalam mencegah air hujan agar tidak mengenai tubuh.

9 dari 9 halaman

Versi Awal Jas Hujan dari Bahan Apa?

Jubah dari jerami atau rumput merupakan bentuk awal dari jas hujan. Menurut beberapa sumber, para petani di China kuno menggunakan jubah tersebut untuk tetap bisa bertani di ladang atau sawah ketika musim hujan tiba. Walaupun mampu melindungi dari air, jubah ini sangat berat dan tidak fleksibel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini