Sukses

Jangan Langsung Diremas Garam, Ini Cara Hilangkan Lendir pada Kikil Sapi

Lendir pada kikil sapi bisa dihilangkan dan hasilnya semakin empuk. Ini cara olahnya.

Liputan6.com, Jakarta Dengan tekstur yang kenyal dan gurih, banyak orang yang menyukai kikil sapi untuk dijadikan berbagai macam olahan seperti gulai, sop dan aneka tumisan.

Hanya saja, kikil sapi harus dibersihkan dulu lendirnya sebelum bisa dimasak. Guna mengatasi masalah tersebut, orang-orang akan langsung meremas-remas kikil sapi dengan garam untuk mengeluarkan lendir sebelum kikil direbus.

Namun, ada teknik lain yang tidak kalah efektif untuk menghilangkan lendir kikil sapi. Teknik ini dibagikan oleh pemilik kanal YouTube Rayyan Al Ghazali dan dijamin kikil sapi akan benar-benar empuk. Simak langkah-langkahnya berikut ini yang dirangkum pada Rabu (26/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Rebus Kikil

Panaskan air sampai mendidih, lalu rebus kikil sapi yang sudah dipotong besar-besar berbentuk dadu. Selain menambahkan sedikit garam, masukkan juga jahe geprek secukupnya dan perasan jeruk nipis dua buah. Aduk-aduk sampai tercampur rata, lalu rebus selama sepuluh menit  dalam keadaan tertutup.

3 dari 12 halaman

Cuci Bersih Kikil

Setelah sepuluh menit, matikan kompor lalu tiriskan kikil sapi. Bilas kikil dengan air mengalir sampai benar-benar bersih. Jangan lupa untuk meremas-remas kikil agar bertekstur lebih kesat.

4 dari 12 halaman

Siapkan Bumbu Kikil

Iris kecil-kecil bumbu kikil yang meliputi:

●     3 siung bawang putih.

●     2 batang daun bawang.

●     Setangkai seledri.

●     1 buah tomat merah.

Bumbu-bumbu di atas sebenarnya sudah cukup untuk membuat kuah kikil yang lezat. Namun agar lebih harum bisa tambahkan rempah-rempah seperti serai, kayu manis, daun jeruk, jahe dan cengkih secukupnya.

5 dari 12 halaman

Masak Kikil Sapi

Tumis sebentar bawang putih yang sudah diiris, lalu tambahkan 450 ml air dan rempah-rempah. Agar semakin lezat, tambahkan satu sendok teh garam dan penyedap rasa, satu sendok teh gula dan ½ sendok teh lada bubuk.

Aduk kuah kikil sampai merata dan mendidih, lalu tambahkan kikil sapi, lalu masak selama empat menit saja.

6 dari 12 halaman

Masukkan Bumbu Kikil

Sesudah empat menit, buang rempah-rempah agar aromanya pas dengan bumbu. Sekarang masukkan sisa bumbu ke dalam rebusan.

Aduk lagi sampai bumbu tercampur rata dan mendidih, sambil sesekali mengecek rasa. Jika dirasa sudah pas, matikan kompor dan sop kikil siap untuk disajikan.

7 dari 12 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Kikil Sapi

8 dari 12 halaman

Apakah Sop Kikil Mengandung Kolesterol?

Jika dianalisis secara mendalam, kikil mengandung kolesterol sebesar 67 mg dalam setiap porsi yang setara dengan satu mangkuk.

9 dari 12 halaman

Berapa Lama Biasanya Masak Kikil Biar Empuk?

Meskipun demikian, proses melunakkan kikil agar menjadi empuk dan kenyal tidaklah sederhana seperti yang diharapkan. Itulah sebabnya banyak orang memilih untuk memasak kikil sapi menggunakan panci presto guna mencapai tekstur yang diinginkan. Meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama, sekitar 1-3 jam, metode ini dianggap efektif.

10 dari 12 halaman

Apa Bedanya Cecek dan Kikil?

Di Surabaya kulit sapi/kambing namanya cecek bentuknya potongan lembaran kulit. Kalo kikil itu kulit juga tapi umumnya bagian kaki sapi/kambing, kulit tebal & ada tulangnya, biasanya dimasak lontong kikil.

11 dari 12 halaman

Apakah Kikil Mengandung Kolesterol Tinggi?

Kulit dari ayam, sapi, atau kikil memiliki kandungan lemak jenuh yang lebih tinggi dibandingkan dagingnya. Konsumsi kulit tersebut dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol yang signifikan. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari menyantap kulit saat mengonsumsi ayam.

12 dari 12 halaman

Kikil Sapi Dapat Menyebabkan Penyakit Apa?

Oleh karena kandungan kolesterol jahat yang terdapat dalam kikil sapi, kikil diklasifikasikan sebagai makanan yang meningkatkan risiko kolesterol. Karena itu, penting untuk membatasi konsumsi kikil agar tidak menyebabkan gejala hiperkolesterolemia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.