Sukses

Tanpa Dituang Air, Ini Cara Kurangi Rasa Asin pada Gulai dengan 1 Bahan

Jangan langsung tambahkan air jika gulai terasa terlalu asin. Tambahkan 1 bahan ini.

Liputan6.com, Jakarta Gulai merupakan salah satu olahan makanan tradisional yang sangat serbaguna karena bisa pakai daging sapi, kambing hingga ayam.

Masak gulai sendiri perlu kehati-hatian khusus, terutama saat menambahkan garam. Jika tidak teliti, rasa gulai bisa rusak karena terlalu asin. Hal itu sebenarnya bisa diatasi dengan menambahkan air pada kuah gulai.

Namun, yang jarang disadari adalah kadar bumbu-bumbu lain pada gulai juga akan berkurang jika ditambah air. Tentu saja hal ini menyebabkan rasa gulai jadi tidak gurih lagi.

Beruntungnya, salah satu warganet Instagram @cutliaafriana mengetahui satu bahan khusus untuk mengurangi rasa asin gulai tanpa perlu menambahkan air. Dirangkum pada Kamis (27/06/2024), berikut adalah bahan dan caranya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Tambahkan Kentang

Jadi, bahan yang diperlukan di sini hanyalah sebutir kentang saja. Saat membuat gulai dan terasa cukup asin, cukup masukkan sebutir kentang yang sudah dikupas dan dicuci bersih ke dalam masakan gulai.

3 dari 11 halaman

Kentang Dapat Menyerap Air

Pada dasarnya, kentang tidak dapat menyerap garam atau rasa asin secara alami. Namun, kentang memang dapat menyerap air. Jadi jika kuah gulai terasa asin, maka kentang akan menyerap kuah gulai yang keasinan tersebut, sehingga kuah gulai jadi tidak keasinan lagi.

4 dari 11 halaman

Masukkan Gula

Selain kentang, gula juga diketahui cukup efektif untuk mengurangi keasinan pada gulai. Namun, gula hanya bisa mengatasi gulai yang sedikit keasinan saja, bukan yang terlalu asin.

5 dari 11 halaman

Pakai Santan

Jika tidak ada kentang atau gula, santan juga merupakan opsi yang bagus untuk menyeimbangkan rasa asin pada kuah gulai. Cukup tambahkan dua atau tiga sendok makan santan saja untuk mengatasi gulai yang keasinan.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Mengenai Gulai Keasinan

7 dari 11 halaman

Kuah Keasinan Dikasih Apa?

Mengurangi kadar garam pada masakan bisa dilakukan dengan menambahkan air, metode ini terbukti efektif. Namun, langkah ini hanya cocok untuk hidangan berkuah seperti sup dan tumis. Alternatif lainnya, anda dapat menambahkan perasan lemon atau cuka untuk memberikan cita rasa segar pada masakan.

8 dari 11 halaman

Apa Efek Makan Keasinan?

Jika asupan garam melampaui batas yang disarankan, hal ini bisa memicu berbagai masalah kesehatan, mulai dari dehidrasi, kejang otot, hingga gangguan jantung.

9 dari 11 halaman

Setelah Makan Asin Sebaiknya Minum Apa?

Saat mengonsumsi banyak air, tubuh akan mengeluarkan lebih banyak cairan yang juga membawa kelebihan garam. Jika kamu mengonsumsi terlalu banyak natrium, kamu bisa mengalami dehidrasi. Minum air dalam jumlah yang cukup banyak dapat membantu mengatasi masalah ini.

10 dari 11 halaman

Apa Beda Gulai dan Kare?

Gulai terdiri dari beragam jenis daging, seperti ikan, ayam, sapi, kambing, jeroan, serta sayur-mayur. Sayur yang biasa dimasak dalam gulai antara lain daun singkong dan nangka muda. Sementara itu, kari diisi dengan sayuran, beragam jenis daging, keju potong dadu, serta lentil.

11 dari 11 halaman

Gulai Itu Rasanya Apa?

Gulai adalah hidangan yang digemari karena cita rasanya yang lezat dan aromanya yang menggugah selera. Kelezatan tersebut berasal dari bahan hewani yang dimasak dengan cermat, menghasilkan daging yang lembut dan nikmat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.