Sukses

Tanpa Masuk di Freezer, Ini Cara Simpan Jahe dan Kunyit Agar Tetap Awet Hingga 1 Bulan

Menyimpan jahe dan kunyit tidak perlu di freezer, tapi tetap awet sampai 1 bulan. Ini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Bisa dibilang jahe dan kunyit merupakan bumbu dapur yang paling utama dan harus ada di berbagai masakan.

Selain menambah rasa, warna dan aroma, jahe dan kunyit juga mempunyai berbagai manfaat kesehatan seperti mengatasi nyeri sendi mengurangi kram menstruasi.

Oleh karena itulah tidak sedikit orang yang menyimpan stok jahe dan kunyit di rumah dalam jumlah yang banyak. Hanya saja, jahe dan kunyit tidak bisa bertahan lama jika tidak dibekukan atau disimpan dengan benar.

Namun jangan khawatir, karena seorang TikToker @cookbysofia memiliki trik khusus dalam menyimpan jahe dan kunyit agar awet segar hingga sebulan. Berikut rangkumannya pada Kamis (27/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Bersihkan Jahe dan Kunyit

Siapkan beberapa ruas jahe dan kunyit yang masih segar, lalu rendam dalam air bersih. Bersihkan jahe dan kunyit dengan cara digosok-gosok pakai sikat gigi sampai kotorannya rontok. Pastikan untuk menggunakan sikat gigi yang masih baru.

3 dari 11 halaman

Simpan di dalam Toples

Usai kotoran pada jahe dan kunyit dibersihkan sampai rontok, sekarang letakkan jahe dan kunyit pada toples. Tuangkan air pada toples tersebut sampai benar-benar penuh dan merendam jahe dan kunyit, lalu tutup rapat.

4 dari 11 halaman

Simpan di Kulkas

Simpan toples yang berisi rendaman jahe dan kunyit ini di kulkas. Jangan simpan di freezer karena nanti akan sulit untuk dikeluarkan.

5 dari 11 halaman

Ganti Air Rendaman

Jangan lupa untuk mengganti air rendaman pada toples sekitar tiga hari atau seminggu sekali. Dengan cara ini, jahe dan kunyit dijamin akan tetap awet segar sampai sebulan lamanya.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Jahe dan Kunyit

7 dari 11 halaman

Apa Khasiat Jahe Dicampur Kunyit?

Kunyit dan jahe diyakini bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah. Jahe membantu memperluas pembuluh darah, sementara kunyit mendukung kesehatan jantung dengan potensi mengurangi kadar kolesterol.

8 dari 11 halaman

Apakah Jahe dan Kunyit Boleh Diminum Bersamaan?

Kunyit dan jahe, jika digunakan bersama-sama dalam bentuk teh jahe kunyit, mengandung lebih banyak nilai gizi daripada saat digunakan secara terpisah.

9 dari 11 halaman

Apakah Boleh Minum Jahe dan Kunyit Setiap Hari?

Setiap harinya mengonsumsi air jahe dan kunyit dapat mendukung kesehatan jantung Anda. Jahe membantu mengurangi tekanan darah, sementara kunyit dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Kedua faktor tersebut merupakan penyebab meningkatnya risiko penyakit jantung.

10 dari 11 halaman

Apa Manfaat Rebusan Kunyit, Jahe dan Serai?

Campuran jahe, kunyit, sereh, jeruk nipis, dan madu memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan pada organ reproduksi, berpotensi meningkatkan kesuburan dan mempersiapkan tubuh untuk kehamilan.

11 dari 11 halaman

Apakah Jahe dan Kunyit Bagus untuk Asam Lambung?

Jahe merah, seperti kunyit, memiliki berbagai manfaat yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan herbal untuk mengatasi masalah asam lambung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini