Sukses

Tanpa Tepung, Ini Cara Mudah Bikin Keju Mozarella Sendiri di Rumah

Tidak harus beli, keju mozarella bisa dibuat sendiri di rumah tanpa memerlukan tepung. Ini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Saat ini, keju mozarella tengah naik daun dan digandrungi oleh anak muda. Banyak sekali jajanan kekinian yang memakai keju mozarella mulai dari burger, corndog, mie goreng hingga ayam geprek.

Dibanding jenis keju lain, keju mozarella cenderung mudah meleleh dan lumer di mulut, yang mana merupakan salah satu kelebihannya.  Hanya saja, harga keju mozarella lebih mahal dari keju cheddar.

Namun tenang saja, karena keju mozarella versi hemat dan nikmat bisa dibuat sendiri di rumah dengan bahan yang sederhana. Seorang warganet TikTok/@masakmakanmacak punya trik khusus untuk bikin keju mozarella ala rumahan, yang dirangkum pada Kamis (27/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Gunakan Susu Sapi Segar

Tuangkan susu sapi segar satu liter pada wajan, lalu masak dengan api yang paling kecil. Perlu diingat untuk menggunakan susu sapi segar, bukan susu UHT atau full cream.

Aduk-aduk susu sampai suhu merata. Jangan biarkan suhu susu mencapai lebih dari 44-49°C.

3 dari 12 halaman

Tambahkan Cuka

Jika suhu susu sudah cukup berubah, tuangkan cuka dapur sebanyak tujuh sendok makan ke dalam wajan. Terus aduk sampai muncul gumpalan pada susu.

4 dari 12 halaman

Peras Gumpalan

Matikan kompor, kemudian kumpulkan seluruh gumpalan pada susu lalu angkat dan letakkan pada wadah saringan. Tekan-tekan dan peras gumpalan tersebut sampai semua airnya keluar. Gumpalan ini akan menjadi keju yang disebut sebagai curd.

5 dari 12 halaman

Masukkan Garam

Rebus lagi sisa susu segar tadi sampai agak panas dengan api kecil, lalu tambahkan dua sendok makan garam. Matikan kompor sejenak, kemudian masukkan gumpalan keju dan diamkan selama delapan detik.

Usai delapan detik, angkat dan peras gumpalan keju sebanyak tiga kali. Pada perasan yang ketiga, peras sekuat mungkin agar keju berbentuk bulat.

6 dari 12 halaman

Rendam di Air Es

Rendam keju dalam air es selama tiga menit, lalu simpan di dalam plastik yang diikat rapat. Setelah itu, letakkan plastik tersebut pada wadah kedap udara untuk disimpan di dalam kulkas.

Sekarang keju mozarella siap untuk digunakan dan hasilnya sangat lumer. Sebenarnya setelah direndam di dalam air es, keju mozarella sudah bisa langsung digunakan

7 dari 12 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Keju Mozarella

8 dari 12 halaman

Keju Mozarella Fungsinya untuk Apa?

Mozzarella mengandung asam lemak yang bermanfaat bagi otak, seperti Omega 3 dan Omega 6, yang terkandung dalam jumlah tinggi pada keju ini. Omega 3 dan Omega 6 dikenal memiliki khasiat yang baik untuk nutrisi otak dan meningkatkan fokus serta konsentrasi seseorang.

9 dari 12 halaman

Kenapa Keju Mozarella Mahal?

Mozarella adalah salah satu jenis keju dengan tekstur lembut dan elastis. Namun, dalam proses pembuatannya, rendemen atau hasil produksi mozarella hanya mencapai 10% dari total susu yang digunakan. Inilah alasan mengapa harga keju mozarella cenderung tinggi.

10 dari 12 halaman

Seperti Apa Rasa Keju Mozarella?

Kini, mozzarella kerap digunakan dalam berbagai hidangan lokal. Keju ini dikenal karena rasa creamy, tekstur lembut, serta sedikit asin.

11 dari 12 halaman

Berapa Lama Keju Mozarella Bertahan?

Menurut laman USDA, keju keras seperti cheddar yang belum dibuka bisa disimpan di lemari es hingga enam bulan. Namun, setelah dibuka, keju tersebut hanya akan bertahan selama tiga hingga empat minggu. Di sisi lain, jenis keju lembut seperti cream cheese memiliki masa simpan yang lebih singkat dibandingkan dengan keju cheddar.

12 dari 12 halaman

Bagaimana Cara Melelehkan Keju Mozarella?

Cara lain untuk melelehkan keju adalah dengan menggunakan oven. Letakkan keju dalam wadah tahan panas, kemudian panggang di microwave selama 2-3 menit atau gunakan api atas sampai keju mencair. Metode ini juga dapat diterapkan jika Anda ingin menggunakan keju mozarella sebagai isian. Cukup lelehkan keju dan potong-potong untuk digunakan sebagai isian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini