Sukses

Pakai 2 Bahan, Ini Cara Bedakan Baking Powder dan Baking Soda yang Masih Aktif

Sebelum menggunakan baking powder atau baking soda, cek dulu apakah masih aktif atau tidak. Berikut ciri-cirinya.

Liputan6.com, Jakarta Baking soda dan baking powder merupakan bahan kue yang cukup sering ditemui dalam berbagai resep.

Keduanya sama-sama berperan dalam membuat kue jadi lebih mekar. Namun, baking soda lebih cocok bagi kue yang dipanggang atau dikukus, sedangkan baking powder cocok untuk kue yang tidak mengandung asam.

Tidak hanya itu, baik baking soda atau baking powder sama-sama memiliki masa kadaluarsa yang cukup lama. Hanya saja, kedua bahan ini harus disimpan dengan benar agar zat aktifnya tidak rusak dan masih tetap bisa digunakan.

Karena itulah sangat disarankan untuk memeriksa kandungan zat aktif pada dua bahan ini secara rutin. Selain itu, ada beberapa ciri-ciri yang bisa dikenali apakah baking powder dan baking soda masih aktif atau tidak. Dirangkum dari berbagai sumber pada Kamis (27/06/2024), berikut adalah ciri-cirinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Gunakan Air Keran untuk Baking Powder

Air keran bisa digunakan untuk memeriksa keaktifan baking powder. Tuangkan satu sendok teh baking powder ke dalam cangkir, lalu tambahkan air keran yang panas sekitar â…“ cangkir. Jika air terlihat bergelembung, maka baking powder masih aktif.

3 dari 11 halaman

Pakai Cuka untuk Baking Soda

Letakkan ¼ sendok teh baking soda di dalam cangkir, lalu tambahkan juga dua sendok teh cuka dapur. Persis seperti baking powder, baking soda masih aktif jika  terlihat bergelembung.

4 dari 11 halaman

Cara Menyimpan Baking Powder

Agar masa aktif baking powder bertahan lama, simpan baking powder pada wadah kedap udara di area yang kering dan jauh dari panas cahaya. Jangan lupa untuk diperiksa dan digunakan setidaknya sekali dalam tiga bulan.

5 dari 11 halaman

Cara Menyimpan Baking Soda

Jika segel kemasan masih tertutup rapat, maka baking soda bisa bertahan hingga dua tahun. Namun jika sudah dibuka dan dipakai, maka baking soda dapat digunakan hingga enam bulan.

Agar baking soda masih tetap aktif hingga enam bulan, simpan baking soda di wadah kedap udara. Jika dibiarkan di suhu ruang, baking soda akan menyerap bau di sekitarnya sehingga lebih cepat kadaluwarsa.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Baking Powder dan Baking Soda

7 dari 11 halaman

Baking Powder Itu untuk Apa?

Baking powder merupakan bahan kimia yang sering digunakan sebagai pengembang dalam proses pembuatan kue. Senyawa ini juga dikenal dengan nama natrium bikarbonat (NaHCO3). Banyak orang yang sering kali mengira bahwa baking powder sama dengan baking soda.

8 dari 11 halaman

Baking Soda dan Baking Powder Apa Bedanya?

Soda kue, juga dikenal sebagai baking soda, merupakan bahan tambahan yang sering digunakan dalam pembuatan makanan dan kue. Bahan ini mengandung senyawa kimia natrium bikarbonat, yang juga disebut sodium bikarbonat. Di sisi lain, baking powder atau bubuk pengembang tidak hanya mengandung natrium bikarbonat saja.

9 dari 11 halaman

Untuk Gorengan Baking Soda Apa Baking Powder?

Pemakaian. Soda kue umumnya dimanfaatkan dalam resep yang mengandung bahan asam seperti bubuk coklat atau buttermilk. Sebaliknya, baking powder lebih sering diterapkan dalam resep kue yang tidak memerlukan bahan asam tambahan. Soda kue juga bisa ditambahkan ke dalam campuran tepung kering untuk gorengan.

10 dari 11 halaman

Baking Soda Fungsinya untuk Apa?

Soda kue, atau baking soda, adalah salah satu bahan yang sering digunakan dalam pembuatan makanan atau kue. Bahan ini terdiri dari senyawa kimia yang dikenal sebagai sodium bikarbonat, atau natrium bikarbonat. Di sisi lain, baking powder atau bubuk pengembang tidak sepenuhnya mengandung sodium bikarbonat.

11 dari 11 halaman

Kapan Baking Soda Digunakan?

Soda kue seringkali dipakai sebagai bahan pengembang dalam adonan kue. Namun, soda kue juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan rumah. Soda kue adalah bahan berbentuk bubuk yang berperan sebagai penyerap bau serta abrasif ringan, mampu menghilangkan kotoran dengan cepat tanpa merusak permukaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini