Sukses

Hanya Pakai Putih Telur, Begini Trik Ampuh Hilangkan Noda Permen Karet di Baju

Tak perlu bingung lagi bagaimana cara membersihkan baju yang terkena noda permen karet. Trik kreatif dari warganet TikTok ini bisa dicoba. Yuk, simak lebih lanjut.

Liputan6.com, Jakarta Konsumsi permen karet rupanya cukup banyak digemari, salah satunya oleh anak-anak. Tak hanya rasanya yang enak, teksturnya yang unik karena elastis dan tidak bisa ditelan membuat anak-anak kadang tertarik untuk memainkannya. 

Hingga, tak jarang selain membuang bekas permen karet ke sembarang tempat, mereka juga kerap menempelkan bekas permen karet ke tempat-tempat tertentu, seperti sofa misalnya. Akibatnya, hal tersebut kerap menimbulkan insiden, seperti permen karet yang menempel di baju ataupun celana. 

Jika hal itu terjadi, trik dari pengguna TikTok dengan nama akun @jason_jezi ini bisa dicoba. Hanya dengan menggunakan putih telur, noda permen karet yang menempel pada pakaian bisa dengan mudah dibersihkan. 

Untuk informasi selengkapnya bisa disimak pada penjelasan yang dirangkum pada Kamis (27/6/2024) berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Bahan dan Peralatan

Sebelumnya, siapkan terlebih dahulu bahan dan peralatan yang diperlukan. Selain putih telur sebagai bahan pembersih noda, dibutuhkan juga sikat–bisa sikat gigi ataupun sikat pakaian–sebagai alat pembersihnya.

3 dari 12 halaman

Pisahkan Putih dan Kuning Telur

Langkah pertama, pisahkan terlebih dahulu antara putih dan kuning telur. Kemudian ambil sedikit saja putih telur dan taruh ke wadah untuk memudahkan pengaplikasiannya. 

4 dari 12 halaman

Sikat Noda Permen Karet

Langkah kedua, ambil putih telur sedikit demi sedikit menggunakan sikat. Kemudian, oleskan ke noda permen karet dan gosok perlahan hingga semua permen karet yang menempel di kain terangkat sempurna.

5 dari 12 halaman

Basuh Bekas Putih Telur

Jika noda permen karet sudah terangkat sepenuhnya, langkah selanjutnya adalah membersihkan pakaian. Basuh bekas putih telur pada pakaian hingga kain tidak terasa licin. 

6 dari 12 halaman

Cuci dan Keringkan Baju

Langkah terakhir, baju bisa langsung dicuci menggunakan deterjen seperti biasa dan dijemur. Selamat mencoba!

7 dari 12 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Permen Karet

8 dari 12 halaman

Bagaimana Cara Menghilangkan Bekas Permen Karet?

Panaskan cuka dalam wadah selama sekitar satu menit terlebih dahulu. Rendam bagian pakaian yang terkena permen karet ke dalam cuka hangat selama beberapa menit hingga permen karet melunak. Gunakan sikat dengan lembut untuk membersihkan permen karet. Lakukan proses ini berulang kali sampai noda benar-benar hilang.

9 dari 12 halaman

Apakah Es Batu Bisa Menghilangkan Permen Karet di Baju?

Metode yang paling efisien untuk membersihkan permen karet dari pakaian adalah dengan membekukan atau memanaskan bagian yang terkena. Menggunakan es batu pada permen karet akan membuatnya menjadi keras, sehingga Anda dapat dengan mudah menghilangkannya dengan pisau atau pengikis.

10 dari 12 halaman

Apakah Permen Karet Bisa Hancur Jika Tertelan?

Permen karet terdiri dari karet butil atau getah karet alami yang merupakan jenis karet sintetis, sehingga tidak dapat terurai saat dikunyah dan umumnya sulit dicerna oleh tubuh.

11 dari 12 halaman

Apa yang Harus Dilakukan setelah Tertelan Permen Karet?

Berikut adalah beberapa metode untuk mengatasi masalah menelan permen karet: minum air putih lebih banyak, makan buah-buahan atau sayuran yang kaya serat, serta berolahraga atau tetap aktif.

12 dari 12 halaman

Permen Karet Terbuat dari Bahan Apa?

Berdasarkan buku "Rahasia Mengetahui Makanan Berbahaya" karya dr. Reysa Eka, permen karet dibuat dari getah karet, baik alami maupun sintetis, yang dicampur dengan gula, pewarna, dan pengharum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini