Sukses

Tanpa Air Hangat, Begini Cara Atasi Rasa Pedas di Tangan Akibat Cabai

Bukan lagi merendam tangan dalam air hangat, rasa panas di tangan akibat bersentuhan dengan cabai bisa diatasi dengan memanfaatkan beras, lho! Simak penjelasannya di sini.

Liputan6.com, Jakarta Selain menimbulkan sensasi pedas di mulut ketika dikonsumsi, zat capsaicin yang terkandung dalam cabai juga kerap menyebabkan rasa panas di tangan. 

Karenanya, tak heran jika sehabis mengonsumsi makan pedas tanpa alat makan–sendok, garpu, dan sejenisnya–setelahnya tangan akan terasa panas atau biasa juga disebut kecabean atau wedangen dalam bahasa jawa. 

Jika sering mengalami hal ini, tak perlu khawatir lagi karena seorang warganet TikTok @nurul.fauziah1327 memiliki tips ampuh. Tak perlu rendam tangan ke dalam air hangat, cukup menggunakan beras rasa panas di tangan akibat bersentuhan dengan cabe bisa diatasi dengan mudah. 

Untuk mengetahui informasi lengkapnya, silakan simak pemaparannya yang dirangkum pada Kamis (27/6/2024) berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Siapkan Beras

Siapkan beras yang akan digunakan. Ambil sekitar satu baskom atau satu mangkuk beras, sesuaikan saja wadah dengan ukuran tangan masing-masing.

3 dari 11 halaman

Cuci Tangan Terlebih Dahulu

Setelah beras disiapkan, langkah pertama cuci tangan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar tangan tidak mengotori beras, sehingga setelahnya beras yang digunakan dalam proses ini masih bisa dimasak dan dikonsumsi.

4 dari 11 halaman

Masukkan Tangan ke dalam Beras

Langkah selanjutnya, keringkan tangan yang basah, lalu masukkan ke dalam wadah berisi beras tadi. Gerakkan tangan seperti mengaduk sambil meremas beras. Lakukan selama beberapa menit hingga rasa panas di tangan mereda.

5 dari 11 halaman

Cuci Kembali Tangan sampai Bersih

Terakhir, saat dirasa tangan sudah tidak panas lagi, silakan cuci tangan sampai bersih menggunakan sabun. Jangan lupa kembalikan lagi beras yang digunakan ke tempatnya. Selamat mencoba!

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Mengatasi Tangan

7 dari 11 halaman

Panas Tangan Terkena Cabai Obatnya Apa?

Menggunakan gel lidah buaya bisa menjadi solusi efektif untuk mengurangi rasa panas di tangan akibat kontak dengan cabai. Lidah buaya dikenal mampu memperbaiki sirkulasi darah serta menyembuhkan luka bakar pada kulit yang disebabkan oleh efek cabai dan makanan pedas.

8 dari 11 halaman

Mengapa Deterjen Dapat Menimbulkan Rasa Panas pada Tangan?

Setelah mencuci pakaian dengan deterjen, tangan terasa panas. Hal ini disebabkan oleh iritasi pada kulit tangan akibat kontak dengan bahan iritan yang terdapat dalam deterjen tersebut. Selain sensasi panas, kulit juga bisa menjadi kering, kemerahan, gatal, dan bahkan mengelupas.

9 dari 11 halaman

Kenapa Tangan Terasa Panas setelah Pegang Cabai?

Terasa panas di tangan setelah menyentuh cabai disebabkan oleh kandungan capsaicin dalam cabai. Capsaicin dapat merangsang saraf sensorik, menghasilkan sensasi panas, kemerahan, dan peningkatan suhu tubuh. Zat ini terutama terdapat pada biji cabai.

10 dari 11 halaman

Apakah Air Hangat Bisa Menghilangkan Rasa Pedas?

Air hangat lebih efektif dalam melarutkan senyawa capsaicin dibandingkan air dingin.

11 dari 11 halaman

Jika Tangan Wedangen Apa yang Harus Dilakukan?

Menggosok tangan dengan garam bisa menghilangkan rasa terbakar pada kulit. Setelah itu, bilas tangan dan bersihkan sisa-sisa garam yang tersisa di jari-jari. Baik susu segar maupun yoghurt, kandungannya mampu mengurangi sensasi pedas cabai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.