Sukses

Tak Perlu Jeruk Nipis, Ini 4 Cara Ampuh Hilangkan Bau Amis Daging Bebek

Tanpa dimarinasi dengan air perasan jeruk nipis, kini menghilangkan bau amis pada daging bebek bisa lebih mudah sekaligus membuat teksturnya lebih empuk. Yuk, simak cara selengkapnya.

Liputan6.com, Jakarta Tak kalah enak dengan daging ayam, olahan daging bebek juga cukup banyak dijumpai. Hanya saja, mungkin baunya yang cenderung lebih amis dibandingkan daging ayam membuat beberapa orang malas mengolahnya sendiri di rumah. 

Selain itu, daging bebek juga terkenal memiliki tekstur yang lebih kenyal, sehingga jika memerlukan teknik memasak yang tepat.

Menjawab permasalahan ini, kanal YouTube Mamasak mempunyai tips dan trik menghilangkan bau amis pada daging bebek, sekaligus membuat teksturnya jauh lebih empuk. 

Hanya dengan empat langkah mudah, temukan informasi lengkapnya yang dirangkum pada Kamis (27/6/2024) sebagai berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Potong Daging Bebek

Pertama-tama, siapkan satu ekor bebek yang sudah dibersihkan bulunya dan dicuci. Buang ceker dan cocornya, lalu potong daging bebek menjadi beberapa bagian.

3 dari 11 halaman

2. Siapkan Bahan Penghilang Bau Amis

Langkah kedua, siapkan bahan-bahan untuk menghilangkan bau amis daging bebek yang terdiri dari tiga siung bawang putih, ketumbar, garam, kunyit, dan satu batang serai yang digeprek. Haluskan semua bahan menjadi satu, kecuali serai. Batang serai yang digeprek bisa disendirikan dan dibentuk simpul. 

4 dari 11 halaman

3. Semua Bahan Dijadikan Satu

Langkah ketiga, siapkan panci dan masukkan daging bebek yang sudah dipotong kecil-kecil. Kemudian, tambahkan dua liter air, bumbu yang sudah dihaluskan, dan satu batang serai yang dibentuk simpul tadi. Aduk hingga bumbu halus larut dan merata.

5 dari 11 halaman

4. Rebus Daging Bebek

Langkah keempat, rebus daging bebek menggunakan api sedang dengan keadaan panci tertutup. Masak sampai daging berubah warna dan teksturnya empuk, lalu angkat dan tiriskan. 

6 dari 11 halaman

Daging Bebek Siap Diolah

Daging bebek yang sudah direbus tadi akan hilang bau amisnya dan bisa lanjut diolah menjadi berbagai hidangan lezat, seperti bebek goreng, bebek bakar, bebek ungkep, dsb. Selamat mencoba!

7 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Daging Bebek

8 dari 11 halaman

Daging Bebek Apa Manfaatnya?

Daging bebek memiliki manfaat yang besar untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak berkat kandungan asam amino dan proteinnya. Nutrisi ini sangat berguna dalam mempercepat proses pemulihan luka, menunjukkan bahwa daging bebek memang bermanfaat untuk memperbaiki jaringan tubuh yang mengalami kerusakan.

9 dari 11 halaman

Apakah Daging Bebek Mengandung Kolesterol Tinggi?

Daging bebek memiliki kandungan kolesterol yang lebih tinggi daripada daging ayam. Dalam 100 gram daging bebek, terdapat sekitar 80 mg kolesterol, sedangkan daging ayam hanya mengandung sekitar 60 mg kolesterol dalam jumlah yang sama.

10 dari 11 halaman

Apakah Daging Bebek Bisa Menaikkan HB?

Daging unggas seperti ayam, bebek, dan burung merupakan makanan yang kaya akan zat besi, yang dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Konsumsi 100 gram daging unggas dapat memenuhi sekitar 13 persen kebutuhan harian tubuh akan zat besi.

11 dari 11 halaman

Apakah Asam Lambung Bisa Makan Daging Bebek?

Menurut penelitian tahun 2023, konsumsi protein rendah lemak seperti ayam, bebek, dan ikan tanpa kulit dapat mengurangi gejala asam lambung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini