Sukses

7 Film Korea Terbaik yang Diangkat dari Kisah Nyata, Wajib Ditonton Minimal Sekali Seumur Hidup

Berikut 7 rekomendasi film Korea yang diangkat dari kisah nyata.

Liputan6.com, Jakarta - Selain musiknya yang mendunia, perfilman Korea Selatan juga mampu menarik perhatian dari banyak orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Baik dari drama Korea (drakor) maupun film layar lebar, keduanya memiliki penggemarnya tersendiri.

Korea Selatan seakan tidak henti-hentinya memproduksi karya yang bagus dan berkesan dengan berbagai genre, seperti genre romantis, thriller, hingga misteri.

Tidak hanya berdasarkan kisah fiktif, terdapat pula film Korea yang merupakan adaptasi dari kisah nyata yang pernah terjadi, khususnya di Korea Selatan. Kisah yang diangkat umumnya memiliki latar belakang yang penting, seperti sejarah maupun tindak kriminal yang menggemparkan masyarakat.

Dengan demikian, film ini tidak hanya menjadi sarana hiburan bagi penonton, tetapi ada pelajaran serta sejarah yang terkandung di dalamnya.

Bagi kamu yang sedang mencari tontonan serupa, berikut 7 rekomendasi film Korea yang diangkat dari kisah nyata.

1. Silenced

Kang In Ho (Gong Yoo) adalah seorang guru baru di sekolah disabilitas kota Mujin. Dalam perjalanan ke tempat kerja barunya, dia bertemu dengan anak-anak tunarungu yang memiliki gangguan pendengaran.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, In Ho mulai curiga dan menyadari bahwa anak-anak di sekolah tersebut sering menjadi korban pelecehan seksual oleh para guru dan staf sekolah. Hingga pada akhirnya In Ho bekerja sama dengan Yoo Jin (Jung Yu Mi) untuk mengungkap kebenaran yang terjadi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. A Taxi Driver

Kim Man Seob (Song Kang Ho) adalah seorang supir taksi yang berjuang untuk menghidupi keluarganya. Putrinya mengidap penyakit parah sehingga membutuhkan biaya pengobatan yang banyak.

Pada suatu hari, Man Seob bertemu dengan seorang jurnalis dari Jerman, Peter (Thomas Kretschmann) yang ingin meliput Pemberontakan Gwangju 1980 saat itu.

Meskipun pada awalnya Man Seob ingin menolak, hal itu dia urungkan mengingat dirinya butuh uang. Keduanya pun berangkat ke Gwangju dan menyaksikan brutalnya militer Korea Selatan dalam menumpas pemberontakan rakyatnya.

3. Road to Boston

Pada tahun 1947, dua tahun setelah pembebasan Korea dari Jepang, Suh Yun Bok (Im Si Wan) adalah pelari maraton. Dia tengah bersiap untuk Boston Marathon ke-51 bersama pelatih Son Ki Jung (Ha Jung Woo) dan pelatih Nam Seung Ryong (Bae Sung Woo).

Saat Olimpiade Berlin 1936, Ki Jung yang memenangkan medali emas dengan terpaksa harus menggunakan bendera Jepang karena saat itu Korea berada di bawahnya.

Oleh sebab itu, saat ini Ki Jung sangat ingin Yun Bok memenangkan pertandingan agar dapat mengharumkan nama negara mereka. 

3 dari 4 halaman

4. The Chaser

Eom Jung Ho (Kim Yun Seok) adalah mantan detektif yang saat ini berprofesi sebagai mucikari. Bisnisnya berjalan lancar hingga pada suatu hari dirinya merugi karena anak buahnya menghilang tanpa membayar hutang.

Sebab tak punya stok gadis lagi, dia pun mengutus Mi Jin (Seo Yeong Hee) untuk melayani tamunya. Meskipun tengah sakit, Mi Jin pun menyanggupinya karena kebutuhan ekonomi. 

Pada akhirnya, Jung Ho pun menyadari sesuatu. Dia pun berupaya agar Mi Jin tidak bernasib sama seperti para gadisnya yang hilang begitu saja.

5. Memories of Murder

Park Doo Man (Song Kang Ho) adalah seorang detektif yang berusaha mengungkap kasus pembunuhan berantai yang terjadi di kota Hwaseong pada tahun 1986. 

Doo Man bersama para detektif yang lain berusaha semaksimal mungkin untuk menangkap pelaku, meskipun usahanya selalu berakhir sia-sia. Dia pun merasa putus asa dengan keadaan ini. 

Apakah pada akhirnya dia berhasil mengungkap misteri pembunuhan berantai tersebut?

4 dari 4 halaman

6. The Last Princess

Putri Deokhye (Son Ye Jin) lahir pada 1912, sebagai anak bungsu sekaligus putri satu-satunya raja terakhir Joseon. Kemudian pada tahun 1925, Korea sudah dikuasai oleh Jepang.

Putri Deokhye yang masih berusia 13 tahun dipaksa meninggalkan negara dan keluarganya untuk mengenyam pendidikan. Namun hal tersebut sebenarnya hanyalah siasat Jepang agar Putri Deokhye menghilang dari istana.

Sejak saat itu, Putri Deokhye merasa seperti hidup dalam penjara. Ketika dirinya sudah menyelesaikan pendidikan, usahanya selalu digagalkan dan membuat dirinya berakhir tidak jadi kembali ke kampung halamannya.

7. Han Gong Ju

Han Gong Ju (Chun Woo Hee) dibawa ke sebuah rumah yang tidak dikenalnya. Ternyata, rumah tersebut milik ibu mantan guru SMA-nya.

Ibu itu ingin tahu mengapa putranya meninggalkan Gong Ju di sana, tetapi guru itu berkata Gong Ju hanya akan tinggal selama seminggu. 

Investigasi polisi berlangsung di kampung halaman Han Gong Ju, bisakah dia terlepas dari masa lalunya?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.