Sukses

10 Jenis Monyet Paling Mungil di Dunia, Ada yang Lebih Kecil dari Telapak Tangan

Monyet adalah hewan yang sangat aktif bergerak, sehingga kebanyakan monyet berukuran kecil. Berikut daftar 10 monyet terkecil di dunia, yuk simak!

Liputan6.com, Jakarta Monyet merupakan salah satu mamalia yang paling menarik perhatian dengan keanekaragaman jenisnya, serta karena kecerdasan dan tingkah lakunya yang mirip dengan manusia. 

Di antara berbagai jenis monyet, terdapat beberapa spesies yang memiliki ukuran tubuh sangat kecil, yang seringkali membuat hewan ini terlihat lucu dan menggemaskan. 

Di bawah ini terdapat beberapa jenis monyet dengan ukuran tubuh paling kecil di dunia. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak artikel berikut yang telah dirangkum dari azanimals.com pada Kamis (27/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 16 halaman

1. Marmoset Kerdil atau Pygmy Marmoset

Dengan ukuran rata-rata 5,1 inci dan berat 3,5 ons, marmoset kerdil dianggap sebagai monyet terkecil di dunia. Ditemukan di lembah Amazon, monyet mungil ini termasuk dalam genusnya sendiri, yaitu Cebuella. 

Monyet ini hidup dalam kelompok keluarga yang terdiri dari jantan, betina, anak-anaknya dan mungkin monyet dewasa lainnya. Monyet ini menggunakan vokalisasi, sekresi kimia, dan tampilan visual untuk berkomunikasi satu sama lain. Ada dua spesies marmoset ini, yaitu marmoset kerdil bagian barat dan timur, namun keduanya hampir identik.

Bulu lebat monyet ini merupakan perpaduan warna coklat, emas, abu-abu, orange, kuning, dan hitam. Ekornya, yang lebih panjang dari tubuhnya memiliki bentuk cincin. Monyet ini dapat memutar kepalanya 180 derajat, melompat sejauh 16 kaki, dan memiliki sistem pencernaan yang dirancang untuk memecah getah pohon dan eksudasi lainnya.

3 dari 16 halaman

2. Marmoset Kerdil Roosmalens

Marmoset sepanjang 7 inci ini ditemukan di hutan hujan Amazon, meskipun penyebarannya kecil, status konservasinya tidak terlalu memprihatinkan. Berbeda dengan marmoset lainnya, monyet ini bukan anggota genus Callibella, melainkan genus Mico. Monyet ini baru ditemukan pada tahun 1998.

Marmoset ini berwarna coklat tua di bagian atas dengan perut dan dada berwarna kuning kusam. Memiliki wajah tidak berbulu yang berwarna merah muda dan dikelilingi oleh rambut putih. Monyet ini memiliki alis berwarna putih yang mencapai pelipisnya. Monyet betina berukuran lebih besar daripada jantan, dan beratnya berkisar antara 5,29 hingga 6,52 ons. 

4 dari 16 halaman

3. Marmoset Perak

Marmoset perak dapat ditemukan di bagian tenggara Brazil, monyet ini berukuran seperti tupai, dengan panjang kepala dan tubuh antara 7,1 hingga 11 inci dan berat rata-rata sekitar 48 ons atau 3 pon. 

Meskipun monyet ini memiliki bulu berwarna putih keperakan, ada marmoset keperakan yang bulunya berwarna coklat tua. Telinga serta wajahnya tidak berbulu, dan telinganya menonjol. Monyet ini dapat ditemukan di hutan hujan atau perkebunan dan hidup dalam kelompok kecil. 

Marmoset perak berbeda dari marmoset lainnya karena rahangnya mengarah ke ujung untuk memakan getah pohon dan membuat lubang di pohon. Monyet ini juga memakan telur, buah, dan serangga. Ukuran monyet yang kecil memungkinkannya menangkap serangga dengan mudah. Seperti marmoset lainnya, seluruh keluarga membantu membesarkan anak-anaknya.

5 dari 16 halaman

4. Common Marmoset

Common marmoset adalah monyet pertama yang seluruh genomnya diurutkan. Selain itu, common marmoset adalah monyet kecil yang jantannya rata-rata memiliki panjangnya sekitar 7,4 inci dan betinanya sekitar 7,28 inci. Jantan juga lebih berat dengan berat sekitar 9 ons dibandingkan betina 8,3 ons.

Marmoset biasa memiliki bulu tebal berwarna-warni dengan jumbai telinga putih yang spektakuler dan ekor berpita. Monyet ini memiliki  kuku yang menyerupai cakar di jari tangan dan di ibu jari. 

Monyet kecil ini berbeda dari monyet lain karena memakan cairan tumbuhan serta serangga, buah, jamur, bunga, biji-bijian, dan hewan kecil. Marmoset ini mendapatkan getah, resin, dan lateks dengan cara mengunyah lubang di pohon lalu menjilat sekresinya. 

Marmoset betina yang dominan berkembang biak secara teratur jika kondisinya tepat. Karena marmoset seringkali memiliki anak kembar, mereka memerlukan bantuan anggota keluarga lain untuk membesarkannya.

6 dari 16 halaman

5. Tamarin Graells

Ditemukan di hutan hujan tropis di wilayah Amazon di Ekuador, Peru, dan Kolombia, panjang tamarin ini berkisar antara 7,8 hingga 12 inci dan memiliki berat rata-rata antara 7,9 hingga 32 ons. Monyet jantan cenderung lebih kecil dibandingkan betina. 

Tamarin memiliki bulu yang panjang dan halus serta warnanya yang seragam dalam warna hitam atau coklat tua. Tamarin ini memiliki cakar di semua jarinya kecuali di ibu jari.

Tamarin Graells bersifat monogami dan hanya pasangan dominan yang diperbolehkan bereproduksi. Betina dominan melahirkan dua kali setahun, pada malam hari, dan selalu melahirkan anak kembar setelah usia kehamilan 130-170 hari.

7 dari 16 halaman

6. Tamarin Berkepala Kapas

Dengan panjang antara 8,2 hingga 10,2 inci dan seringkali beratnya kurang dari satu pon, tamarin berkepala kapas adalah salah satu monyet terkecil. Monyet ini ditemukan di hutan Kolombia, namun karena hutan tersebut cepat rusak, monyet kecil ini terancam punah. Hanya ada sekitar 6.000 dari monyet tersebut yang hidup.

Monyet mendapatkan namanya dari rambut putih yang tumbuh dari atas kepalanya hingga ke belakang leher yang melewati bahunya. Monyet ini memiliki jambul sagital seperti gorila, dan bergantung pada spesiesnya. Tamarin dapat memiliki wajah berbintik-bintik, wajah tanpa bulu atau wajah berbulu. Warna bulunya berkisar dari coklat, kuning krem, hingga orange.

Tamarin juga tampaknya mempunyai gading di rahang bawahnya. Hal lain yang tidak biasa tentang monyet ini adalah hanya monyet betina dominan yang berkembang biak.

8 dari 16 halaman

7. Monyet Malam

Monyet malam berbeda dari kebanyakan monyet lainnya karena hewan ini aktif di malam hari. Monyet ini ditemukan di sabana dan hutan basah atau kering setinggi 10.000 kaki di atas permukaan laut dari Panama hingga Argentina. 

Sebagai hewan omnivora, monyet ini memakan buah-buahan, dedaunan, laba-laba, telur burung, dan sesekali burung serta mamalia kecil. Sebagai hewan nokturnal, monyet ini memiliki mata besar untuk penglihatan malam yang baik.

Monyet malam memiliki panjang 9,5 hingga 18 inci, tergantung spesiesnya. Berat rata-rata adalah antara 1 pon hingga 2,8 pon. Monyet malam ditutupi bulu tebal berwarna abu-abu atau coklat kemerahan, dengan bagian bawah lebih pucat. 

Kepalanya menyerupai kepala monyet tupai, dengan bercak putih di atas matanya. Monyet betina melahirkan satu dua bayi dalam setahun, biasanya antara bulan September dan Maret.

9 dari 16 halaman

8. Monyet Tupai

Monyet tupai hidup di kanopi hutan Amerika Tengah dan Selatan. Ada lima spesies monyet tupai dan dua kelompok utama yang panjangnya berkisar antara 10 sampai 14 inci dengan ekor yang panjangnya hampir sama atau lebih panjang. 

Monyet jantan lebih berat daripada monyet betina. Berat monyet tupai jantan berkisar antara 26 hingga 39 ons, sedangkan betina berkisar antara 18 hingga 26 ons.

Monyet tupai memiliki bulu lebat berwarna hitam di sekitar bahu dan orange kuning di punggung dan pantat. Terdapat bercak putih di atas mata yang membuat monyet terlihat agak tua. Monyet ini hidup dalam kelompok yang dapat berisi ratusan anggota dan bersifat omnivora. Monyet tupai hidup sekitar 15 tahun di alam liar.

10 dari 16 halaman

9. Monyet Titi Dusky

Monyet ini hanya ditemukan di Brazil tengah di sekitar lembah sungai Amazon dan dekat sumber Sungai Orinoco. Beratnya rata-rata sekitar 28,33 ons dan panjang kepala serta tubuhnya berkisar antara 10 hingga 16 inci. 

Monyet titi dusky bersifat monogami dan kelompok dasarnya adalah jantan, betina, dan anak-anaknya. Monyet jantan biasanya menggendong bayinya kecuali jika sedang menyusui.

Seperti kebanyakan monyet, monyet titi aktif di siang hari dan menikmati tidur siang sekitar tengah hari. Monyet ini kebanyakan memakan buah-buahan, terutama buah ara, namun juga memakan telur burung, dedaunan, dan serangga. 

11 dari 16 halaman

10. Monyet Talapoin

Monyet talapoin adalah salah satu monyet terkecil di Afrika dan ditemukan di bagian tengah barat benua. Dengan berat antara 1,76 hingga 4,19 pon, hewan ini memiliki panjang tubuh antara 10 hingga 16 inci dan ekor yang sama panjang atau lebih panjang.

Monyet ini hidup di antara pepohonan di hutan hujan, rawa bakau, dan bahkan perkebunan atau paling sering di dekat perairan. Monyet ini adalah omnivora yang memakan buah, daun, biji-bijian, telur, serangga, dan tanaman air. 

Talapoin sedikit tidak seperti monyet pada umumnya karena warna normal bulunya adalah hijau muda. Bulu dada dan perutnya pucat, kumisnya berbentuk kipas dan telinganya  menonjol. 

12 dari 16 halaman

Apa Saja Nama-nama Monyet?

  1. Macaca tonkeana
  2. Tarsius pelengensis 
  3. Orang Utan 
  4. Bekantan (Nasalis larvatus) 
  5. Macaca pagensis / Beruk Mentawai
  6. Presbytis potenziani / Lutung Mentawai
  7. Kekah Natuna (Presbytis natunae) 
  8. Presbytis hosei
13 dari 16 halaman

Berapa Lama Umur Monyet Kecil?

Monyet dunia baru umumnya memiliki umur yang lebih pendek. Sebagai contoh, monyet marmoset yang berukuran kecil hanya bisa hidup sampai 16 tahun di penangkaran dan sekitar 10 tahun di alam liar.

14 dari 16 halaman

Apakah Monyet Bisa Dipelihara?

Monyet memerlukan ruang yang luas, lingkungan yang terstruktur, dan stimulasi mental yang tinggi. Kebutuhan-kebutuhan ini sulit dipenuhi di dalam rumah. Selain itu, monyet bisa menjadi pembawa penyakit.

15 dari 16 halaman

Apa Bedanya Monyet dan Kera?

Kera tidak memiliki ekor, sementara sebagian besar spesies monyet memiliki ekor. Perbedaan kedua antara kera dan monyet dapat dilihat dari ukuran tubuhnya. Kera umumnya lebih besar daripada monyet dan biasanya memiliki otak yang lebih besar.

16 dari 16 halaman

Apa Monyet Terkecil di Dunia?

Meskipun sudah dewasa, ukuran Pygmy Marmoset tetap kecil. Hewan ini bertahan hidup dengan memakan getah pohon, nektar, dan buah-buahan. Meskipun tampak menggemaskan, spesies monyet terkecil ini termasuk dalam kategori hewan yang dilindungi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini