Sukses

Tambah 2 Bahan Dapur, Ini Cara Bikin Sambal Hijau Agar Tetap Segar

Sambal hijau dijamin segar dan tidak pucat jika menggunakan bumbu yang tepat. Simak caranya.

Liputan6.com, Jakarta Di antara berbagai jenis sambal khas nusantara, sambal hijau merupakan salah satu yang paling nikmat dan sering ditemui seperti pada penyetan atau masakan padang.

Namun, membuat sambal hijau juga tidak boleh sembarangan agar tidak pucat dan tetap harum segar saat akan disantap.

Sambal hijau sendiri bisa berubah pucat jika digoreng dengan cara yang kurang tepat. Oleh karena itu ada cara khusus yang harus diikuti, seperti yang dilakukan oleh warganet TikTok/@dapurvina. Berikut selengkapnya pada Jumat (28/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Tambahkan Perasan Jeruk Nipis

Sesudah cabai hijau direbus, letakkan pada cobek dan taburkan garam terlebih dahulu sesuai selera. Setelah itu, tambahkan perasan satu buah  jeruk nipis.

3 dari 11 halaman

Jeruk Nipis dapat Menyegarkan Cabai

Selain memperkaya rasa, jeruk nipis juga dapat menyegarkan cabai. Jeruk nipis sendiri juga berfungsi dalam mencerahkan cabai, dan kandungan asamnya akan memberikan sensasi segar pada cabai.

4 dari 11 halaman

Gunakan Kunyit

Selain jeruk nipis, warganet TikTok satu ini juga menambahkan sedikit kunyit ke dalam ulekan. Kunyit sendiri berfungsi dalam mempertahankan warna hijau cabai saat nanti akan digoreng. Sesudah menambahkan kunyit, cabai hijau bisa langsung diulek sampai halus.

5 dari 11 halaman

Goreng Cabai Hijau

Usai diulek sampai halus, barulah cabai hijau bisa langsung digoreng. Dengan mengulek cabai hijau terlebih dahulu sebelum digoreng akan menjaga kesegaran sambal hijau.

Perlu diingat, gunakan minyak goreng yang masih baru dan sudah panas saat akan menggoreng cabai. Penggunaan minyak bekas hanya membuat sambal hijau jadi kehitaman.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Sambal Hijau

7 dari 11 halaman

Apa Itu Sambal Hijau?

Sambal ijo dibuat dengan menggunakan cabai dan tomat hijau sebagai komponen utamanya, sehingga menciptakan cita rasa yang unik. Tambahan daun jeruk atau perasan jeruk nipis turut memperkaya sambal ijo khas Padang ini dengan sensasi pedas yang lezat serta kesegaran yang menyegarkan.

8 dari 11 halaman

Apa Manfaat Cabai Hijau Bagi Kesehatan?

Cabai hijau merupakan sumber zat besi yang bermanfaat bagi individu yang mengalami anemia. Kandungan vitamin C pada cabai hijau juga berperan dalam meningkatkan penyerapan zat besi di dalam tubuh. Studi telah menunjukkan bahwa vitamin C, atau asam askorbat, membantu dalam menangkap zat besi non-heme dan mengubahnya menjadi bentuk yang lebih mudah diserap oleh tubuh.

9 dari 11 halaman

Apa Rasa Cabai hijau?

Cabai ini memiliki ukuran kecil dan berwarna hijau tua. Berbeda dengan cabai rawit merah, rasa pedasnya tidak begitu kuat. Saat dimasak, cabai rawit hijau akan berubah menjadi warna coklat. Cabai jenis ini sering digunakan untuk menambah cita rasa dalam gorengan atau sebagai komponen acar.

10 dari 11 halaman

Bolehkah Ibu Hamil Makan Sambal Hijau?

Tidak disarankan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi makanan mentah, seperti lalapan atau sambal.

11 dari 11 halaman

Apa Efek Makan Cabai Setiap Hari?

Mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan dapat membuat lambung lebih rentan terluka atau rapuh. Akibatnya, risiko terkena maag akut atau gastritis meningkat karena adanya peradangan pada lapisan lambung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.