Sukses

Tambah 1 Bahan, Ini Cara Masak Nasi ala Restoran yang Wangi dan Pulen

Cukup gunakan 1 bahan ini saja, dijamin nasi akan sangat mirip seperti yang ada di restoran. Ini bahan dan caranya.

Liputan6.com, Jakarta Hampir seluruh masyarakat di Indonesia pasti makan nasi, baik yang ditanak dengan rice cooker, presto atau panci.

Namun karena beberapa alasan, nasi yang dibuat kadang-kadang malah terlalu berair dan lembek. Hal ini tentu sangat berbeda dengan nasi yang biasa ditemui di restoran yang sangat harum dan pulen.

Padahal, nasi ala-ala di restoran bisa dibuat sendiri di rumah dengan sangat mudah tanpa peralatan tambahan. Seorang warganet TikTok/@kulinerandalan memiliki trik khusus untuk membuat nasi ala restoran yang wangi dan pulen hanya dengan satu bahan saja. Berikut selengkapnya pada Jumat (28/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Pilih Beras yang Pulen dan Berkualitas

Langkah paling awal yang harus dilakukan adalah mencari dan memilih beras pulen yang berkualitas seperti rojolele, mentik atau setra ramos. Beras-beras tersebut biasanya dibanderol sekitar 70-130 ribuan per lima kilogram.

3 dari 11 halaman

Tambahkan Jeruk Nipis

Jadi, bahan yang digunakan agar beras jadi wangi seperti di restoran adalah jeruk nipis. Cukup tambahkan satu buah perasan jeruk nipis pada air cucian beras agar nasi menjadi lebih harum.

4 dari 11 halaman

Gunakan Cuka

Selain jeruk nipis, cuka juga bisa digunakan untuk membuat nasi ala restoran. Cuka beras atau cuka apel dapat menjaga setiap butir beras agar tetap terpisah satu sama lain, serta memberikan aroma yang lebih segar. Cukup gunakan salah satu saja antara cuka atau jeruk nipis, tidak perlu dua-duanya.

5 dari 11 halaman

Gunakan Minyak untuk Nasi Goreng

Jika ingin membuat nasi goreng seperti di restoran, maka bahan yang digunakan adalah minyak goreng. Tambahkan saja satu atau dua sendok makan minyak goreng ke dalam air cucian beras yang akan digunakan untuk membuat nasi goreng. Takaran air cucian beras cukup satu ruas jari saja.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Mengenai Nasi Pulen dan Wangi

7 dari 11 halaman

Apa yang Dimaksud dengan Nasi Pulen?

Nasi pulen merupakan nasi dengan tekstur yang lebih lembut dan cenderung lengket, sedangkan nasi pera memiliki tekstur yang cenderung kasar. Perbedaan ini disebabkan oleh kandungan amilosa serta teksturnya.

8 dari 11 halaman

Bagaimana Cara Mengeraskan Nasi yang Lembek?

Suhu rendah di dalam kulkas dapat membantu memperbaiki tekstur nasi yang terlalu lembek. Jika nasi masih terlalu lembek setelah didinginkan, Anda dapat menghangatkannya kembali dengan menggunakan microwave atau oven selama beberapa menit.

9 dari 11 halaman

Berapa Takaran Air untuk Beras 3 Gelas?

Jadi, 3 mangkuk beras memerlukan setidaknya 4,5 mangkuk air. Perlu diingat bahwa setiap jenis beras memiliki kebutuhan air yang bervariasi. Oleh karena itu, pastikan takaran air yang digunakan tepat agar nasi tidak kering dan matang dengan baik.

10 dari 11 halaman

Beras Pandan Wangi Merupakan Beras Apa?

Beras pandan wangi adalah varietas beras putih dengan aroma yang lebih harum daripada jenis beras lainnya. Saat dimasak, nasi ini mengeluarkan aroma khas daun pandan. Selain aromanya yang harum, beras pandan wangi juga memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis.

11 dari 11 halaman

Beras Ramos Apakah Wangi?

Beras IR 64, yang juga dikenal sebagai beras setra ramos, memiliki butir yang panjang tetapi tidak memiliki aroma seperti pandan wangi. Ketika dimasak, teksturnya kenyal, memiliki rasa gurih, dan tidak lengket.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.