Sukses

Bukan Pakai Tepung, Ini Rahasia Agar Ikan Teri Renyah Lebih Lama

Ikan teri bisa dibuat jadi renyah berjam-jam tanpa menggunakan tepung. Ini cara olahnya.

Liputan6.com, Jakarta Dengan rasa asin dan tekstur yang garing, ikan teri merupakan salah satu lauk andalan banyak orang saat sarapan

Meskipun berukuran kecil, ikan teri ternyata menyimpan segudang manfaat. Melansir dari WebMD, ikan teri sarat akan asam lemak omega-3 yang bermanfaat dalam mengurangi tekanan darah.

Meskipun lezat dan bermanfaat, tampaknya tidak sedikit orang yang masih belum tahu cara menggoreng ikan teri yang tepat agar bisa renyah tahan lama.

Namun jangan khawatir, karena seorang pemilik kanal YouTube @Elfrida Monica Sipayung memiliki trik khusus untuk menggoreng ikan teri. Berikut langkah-langkahnya yang dirangkum pada Jumat (28/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Rendam dengan Air Cucian Beras

Siapkan semangkuk sisa air cucian beras, lalu masukkan semua ikan teri ke air beras tersebut untuk direndam selama lima menit. Waktu perendaman sendiri disesuaikan dengan ukuran ikan teri. Jika ukurannya lebih besar, maka bisa direndam lebih lama.

3 dari 11 halaman

Tiriskan Ikan Teri

Usai direndam selama kurang lebih lima menit, ikan teri bisa ditiriskan menggunakan saringan. Air cucian beras sendiri dapat mengurangi rasa asin pada ikan teri yang juga berpengaruh pada kerenyahannya.

4 dari 11 halaman

Goreng Ikan Teri

Panaskan penggorengan dengan api sedang, lalu masukkan minyak goreng secukupnya. Setelah itu, masukkan semua ikan teri ke penggorengan, kemudian aduk-aduk sedikit. Tunggu sampai ikan teri terlihat kecoklatan, lalu aduk-aduk lagi sampai benar-benar matang sempurna.

5 dari 11 halaman

Sajikan Ikan Teri

Jika sudah matang sempurna, angkat dan tiriskan ikan teri. Pastikan agar tidak terlalu banyak minyak yang tertinggal saat meniriskan ikan teri. Saat ini, ikan teri siap disantap dengan nasi hangat dan dijamin akan tetap renyah selama berjam-jam.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Terkait Ikan Teri

7 dari 11 halaman

Apa Manfaat dari Ikan Teri?

Ikan teri memiliki manfaat yang dapat mendukung tumbuh kembang anak karena kandungan nutrisinya yang lengkap, seperti protein, mineral, dan asam lemak omega-3. Beragam nutrisi ini memiliki peran vital dalam pembentukan sel-sel otak dan tulang.

8 dari 11 halaman

Ikan Teri Apakah Tinggi Protein?

Berdasarkan Astawan (2008), ikan teri mengandung protein yang sangat tinggi, yakni mencapai 42 gram per 100 gram teri kering asin. Protein pada ikan teri ini memiliki berbagai asam amino esensial, yang merupakan asam amino yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh dan harus diperoleh melalui makanan.

9 dari 11 halaman

Mengapa Ikan Teri Mahal?

Jenis teri pertama adalah teri nasi dengan harga Rp 100-120 ribu per kilogram, sementara jenis kedua adalah teri muda yang dijual seharga Rp 70-90 ribu per kilogram. Tingginya harga ikan teri disebabkan oleh proses pengolahannya yang kompleks, melibatkan penggaraman, perebusan, dan pengeringan.

10 dari 11 halaman

Apakah Ikan Teri Mengandung Garam Tinggi?

Ikan teri kering asin memiliki kandungan natrium yang tinggi sehingga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, disarankan untuk mengurangi garam pada hidangan lainnya atau memanfaatkan teri sebagai alternatif bumbu.

11 dari 11 halaman

Apakah Pengidap Kolesterol Bisa Makan Ikan Asin?

Berdasarkan pendapat beberapa pakar kesehatan, mengonsumsi ikan asin dalam porsi yang wajar sebenarnya tidak akan memberikan efek negatif pada kesehatan, bahkan bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini