Sukses

Serangan Singa yang Paling Berbahaya dan Mematikan dalam Sejarah

Singa sebagai hewan yang berbahaya, seringkali melakukan serangan yang mematikan. Berikut serangan singa paling mematikan dalam sejarah, yuk simak!

Liputan6.com, Jakarta Serangan singa terhadap manusia telah terjadi selama ribuan tahun, sehingga menciptakan citra singa sebagai predator yang menakutkan dan berbahaya. 

Singa, sebagai predator teratas di banyak ekosistem mereka hidup, memiliki kekuatan dan kecepatan yang mengesankan yang membuatnya menjadi ancaman yang serius bagi manusia. 

Meskipun serangan terhadap manusia relatif jarang terjadi, namun sekali serangannya bisa sangat mematikan. Faktor-faktor seperti perubahan habitat, konflik antara manusia dan hewan, serta kondisi lingkungan tertentu dapat mempengaruhi frekuensi dan intensitas serangan-serangan ini.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang bahaya serangan singa, simak artikel di bawah ini yang dirangkum dari azanimals.com pada Jumat (28/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Apa yang Membuat Singa Sangat Berbahaya?

Singa adalah mamalia besar yang memiliki otot dan kekuatan untuk membunuh. Seekor singa memiliki kemampuan untuk menyerang dan membunuh banyak manusia dalam satu kejadian. Keahliannya dalam menyerang secara sembunyi-sembunyi dan membunuh dengan satu gigitan membuatnya sangat cocok untuk menimbulkan luka yang fatal.  

Selain itu, singa sering berburu dalam kelompok, sehingga lebih mudah untuk membayangkan bagaimana kucing besar ini mendatangkan malapetaka pada populasi hewan, termasuk manusia.

3 dari 10 halaman

Apakah Singa Berbahaya bagi Manusia?

Singa selalu berbahaya bagi manusia dan selalu ada potensi hewan ini membahayakan manusia. Pemburu bersenjata lengkap dengan senapan modern telah diserang dan hampir meninggal dalam jumlah yang setara dengan regu tembak vs seekor singa.

Serangan singa sering terjadi di tempat-tempat di mana mereka tinggal dekat dengan manusia, dan sekitar dua orang per tahun dibunuh oleh hewan ini. Secara umum, singa bukanlah masalah besar bagi manusia. Namun, beberapa orang bisa menjadi korban serangan singa karena membahayakan diri mereka sendiri.

4 dari 10 halaman

Singa Paling Mematikan dalam Sejarah di Tanzania

Serangan singa paling mematikan dalam sejarah menyebabkan kematian 1.500 orang di wilayah Njombe, Tanzania. Tentu saja serangan ini tidak terjadi sekaligus, namun erangan-serangan ini terjadi selama 15 tahun dari tahun 1932 hingga 1947.

Pada masa itu, lahirlah tiga generasi singa dan mulai memburu manusia di kawasan tersebut. Dipercaya bahwa generasi singa pertama yang memburu manusia melakukannya karena persaingan untuk mendapatkan makanan dan tanah. Akhirnya, singa mulai menggunakan taktik yang sama untuk memburu manusia seperti yang mereka lakukan pada hewan di malam hari.

Hal yang menarik dari perilaku hewan ini adalah singa mulai mengabaikan ternak yang dipelihara di sekitar area tersebut demi membunuh manusia. Berdasarkan penelitian yang dilakukan para ahli pada tahun-tahun berikutnya, singa mungkin telah mengembangkan teknik khusus untuk berburu manusia. Yang paling mengkhawatirkan, serangan di wilayah tersebut mulai meningkat lagi beberapa dekade kemudian pada tahun 2006.

Singa Tanzania juga sama berani dan efektifnya. Beberapa laporan menyatakan bahwa singa membunuh lebih dari 40 orang. Pada tahun 2020, tiga anak dibunuh dan dimakan sementara satu orang dilukai oleh seekor singa di Tanzania. Serangan di area ini cukup sering terjadi.

5 dari 10 halaman

Serangan Singa Paling Mematikan di Kenya

Serangan singa paling mematikan lainnya dalam sejarah terjadi di Tsavo, Kenya. Pada tahun 1898, dua singa jantan mulai menyerang dan membunuh orang. Dipercayai bahwa antara 30 dan 100 orang terbunuh, dengan kemungkinan jumlah korban luka-luka lebih besar dibandingkan jumlah korban tewas.

Penyerangan menjadi sering terjadi sehingga para pekerja di jalur kereta api Kenya-Uganda mulai meninggalkan daerah tersebut. Singa-singa itu luar biasa berani dan secara aktif mencari mangsa di tempat perkemahan para pekerja dan menyeretnya keluar dari penginapan untuk membunuhnya.  

6 dari 10 halaman

Apakah Singa Itu Berbahaya?

Singa, tak dapat disangkal lagi, adalah salah satu predator paling berbahaya di dunia. Sering ditemukan di Afrika Tengah dan India Barat, singa memiliki naluri pemburu dan tingkat keganasan yang sangat tinggi. Setiap tahun, terutama di Afrika, singa telah menyebabkan kematian hampir 250 orang.

7 dari 10 halaman

Apa Kelemahan Singa?

Singa jantan dianggap lebih dominan dan kuat daripada kucing besar lainnya, namun kelemahan utamanya adalah ketidakmampuannya dalam memanjat pohon sebaik kucing besar lainnya.

8 dari 10 halaman

Siapa Musuh Alami Singa?

Singa tidak memiliki predator alami, kecuali manusia yang telah memburunya selama berabad-abad. Pada masa lalu, hewan ini umumnya ditemukan di Eropa Selatan dan Asia Selatan hingga India Utara dan Tengah, serta tersebar di seluruh benua Afrika.

9 dari 10 halaman

Apakah Singa Bisa Menyerang Manusia?

Singa memang dapat menyerang manusia, namun serangan ini terjadi jauh lebih jarang dibandingkan dengan persepsi umum yang ada.

10 dari 10 halaman

Apakah Pernah Ada Singa di Indonesia?

Singa tidak pernah menjadi hewan asli Indonesia. Singa adalah spesies besar yang secara alami menyebar di berbagai wilayah Afrika dan sebagian Asia Barat Daya. Mereka tidak pernah ditemukan secara alami di Indonesia atau wilayah Asia Tenggara lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.