Sukses

Rasakan Manfaatnya, Ini Cara Pakai Lidah Buaya untuk Rambut

Cara pakai lidah buaya untuk rambut sebenarnya ada beberapa metode yang bisa kamu terapkan dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Liputan6.com, Jakarta Kamu mungkin masih ingat, dulu orang tua kita menyarankan untuk menggunakan lidah buaya untuk membuat rambut lebih tebal. Cara pakai lidah buaya untuk rambut biasanya untuk masker rambut. 

Tapi sebenarnya apa sih lidah buaya itu? Lidah buaya adalah jenis tanaman sukulen yang biasa dijadikan tanaman hias di pekarangan rumah. Banyak yang merawat lidah buaya karena perawatannya yang cukup sederhana. 

Yup, lidah buaya atau aloe vera yang bisa tumbuh 80-100 cm itu nggak perlu disiram air terus-menerus, nggak perlu pupuk, dan nggak perlu obat hama. Selain itu, lidah buaya juga mampu bertahan hidup di daerah kering pada musim kemarau. 

Lantaran perawatannya yang relatif mudah dan punya manfaat untuk rambut, alhasil para  para ibu zaman dulu menjadikan lidah buaya sebagai salah satu bahan untuk merawat rambut. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Efek Lidah Buaya untuk Rambut

Lidah buaya punya banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar kosmetik atau sampo karena sifatnya yang mampu menenangkan kulit. Manfaat lidah buaya untuk rambut yaitu dapat membersihkan rambut dan kulit kepala dengan lembut dan bermanfaat untuk memulihkan kondisi rambut kering, rusak, serta merangsang pertumbuhan rambut. 

Sebelum kita masuk ke cara penggunaannya, ada baiknya kita tahu dulu apa saja manfaat lidah buaya untuk rambut, beberapa di antaranya:

Melembapkan Rambut

Lidah buaya mengandung banyak air dan nutrisi yang bisa membantu melembapkan rambut kering dan rusak. Ini cocok banget buat kamu yang sering beraktivitas di bawah sinar matahari atau menggunakan alat pemanas rambut.

Mengatasi Ketombe

Lidah buaya memiliki kandungan enzim yang bisa membantu mengurangi ketombe dan gatal di kulit kepala. Itu karena sifatnya yang antiinflamasi dan antimikroba.

Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Nutrisi dalam lidah buaya, seperti vitamin A, C, dan E, bisa merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu, lidah buaya juga meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala.

Mengurangi Rontok

Lidah buaya dapat memperkuat folikel rambut sehingga dapat membantu mengurangi kerontokan rambut.

Memberikan Kilau Alami

Penggunaan lidah buaya secara teratur bisa memberikan kilau alami pada rambut. Rambut jadi tampak lebih sehat dan berkilau.

3 dari 4 halaman

Cara Pakai Lidah Buaya untuk Rambut

Setelah tahu manfaatnya, sekarang saatnya kita bahas bagaimana sih langkah memakai lidah buaya untuk rambut? Ada beberapa metode yang bisa kamu lakukan, yaitu sebagai berikut: 

1. Lidah Buaya Murni sebagai Masker Rambut

Cara paling sederhana adalah menggunakan lidah buaya murni sebagai masker rambut. Begini caranya:

  • Ambil satu batang lidah buaya dan belah menjadi dua
  • Keruk gel lidah buaya dengan sendok dan masukkan ke dalam mangkuk
  • Aplikasikan gel lidah buaya langsung ke kulit kepala dan rambut
  • Pijat lembut selama beberapa menit agar meresap
  • Diamkan selama 30-60 menit, lalu bilas dengan air bersih dan shampoo ringan.

2. Lidah Buaya dan Minyak Kelapa

Kombinasi lidah buaya dan minyak kelapa bisa memberikan kelembapan ekstra. Berikut caranya:

  • Campurkan 2 sendok makan gel lidah buaya dengan 1 sendok makan minyak kelapa (virgin oil)
  • Aduk hingga merata
  • Aplikasikan campuran ini ke seluruh rambut, dari akar hingga ujung
  • Biarkan selama 30 menit
  • Bilas dengan air bersih dan shampoo.

3. Lidah Buaya dan Madu

Madu terkenal karena sifatnya yang melembapkan dan menutrisi. Yuk, coba kombinasi lidah buaya dan madu:

  • Campurkan 2 sendok makan gel lidah buaya dengan 1 sendok makan madu
  • Aduk rata dan aplikasikan ke rambut
  • Pijat lembut kulit kepala dan biarkan selama 30-45 menit
  • Bilas dengan air hangat dan shampoo.

4. Lidah Buaya dan Lemon

Untuk kamu yang punya masalah ketombe, campuran lidah buaya dan lemon bisa jadi solusinya:

  • Campurkan 2 sendok makan gel lidah buaya dengan 1 sendok makan jus lemon
  • Aplikasikan campuran ini ke kulit kepala
  • Diamkan selama 20 menit
  • Bilas dengan air hangat dan shampoo.
4 dari 4 halaman

Tips Tambahan untuk Penggunaan Lidah Buaya

Gunakan Lidah Buaya Segar

Untuk hasil terbaik, gunakan lidah buaya segar. Kamu bisa menanamnya di rumah atau membelinya di pasar.

Konsistensi adalah Kunci

Manfaat lidah buaya nggak akan terlihat dalam semalam. Gunakan secara rutin, minimal seminggu sekali, untuk hasil optimal. Jadi, pertanyaannya apakah lidah buaya bisa membuat rambut menjadi tebal? Jika melakukan perawatan rutin menggunakan lidah buaya, dapat membuat rambut lebih kuat, nggak mudah patah, dan lebih tebal.

Uji Coba Dulu

Sebelum menggunakan lidah buaya di seluruh rambut, coba aplikasikan sedikit di bagian kecil rambut untuk memastikan nggak ada reaksi alergi.

Nah, lidah buaya memang dapat menjadi solusi alami yang luar biasa untuk berbagai masalah rambut. Mulai dari melembapkan hingga mengurangi ketombe, lidah buaya bisa jadi andalanmu. 

Dengan berbagai cara pemakaian yang sudah dibahas di atas, kamu bisa memilih metode yang paling cocok untuk kebutuhan rambutmu. Untuk menjaga kesehatan rambut, kamu juga bisa menggunakan hair vitamin yang mengandung Moroccan Oil, Aloe Vera Oil, Vitamin A,C,E, Pro Vit B-5 yang dapat merawat rambut.

Dengan rutin menggunakan hair oil membuat rambut terasa lebih lembut, menutrisi dan menjaga kelembaban rambut tanpa membuatnya jadi berminyak. Rambut semakin sehat, lembut dan bercahaya. 

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini