Sukses

Jangan Terpengaruh, Ini 5 Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Cemburu

Kecemburuan di tempat kerja dapat membuat ketegangan, menurunkan produktivitas dan mengakibatkan suasana tidak nyaman.

Liputan6.com, Jakarta Mengelola hubungan di tempat kerja bisa jadi sulit, terutama ketika berhadapan dengan rekan kerja yang iri hati. Kecemburuan di tempat kerja dapat membuat ketegangan, menurunkan produktivitas dan mengakibatkan suasana tidak nyaman.

Oleh karena itu, ketahui cara mengatasi rekan kerja yang cemburu, seperti melansir dari Times of India, Selasa (2/7/2024). 

1. Jaga profesionalisme dan tetap tenang​

Langkah yang paling penting adalah tetap profesional. Jangan bergosip atau membalas dendam terhadap rekan kerja Anda yang cemburu. Sebaliknya, konsentrasilah pada tugas-tugas Anda dan biarkan performa kerja Anda bersinar.

Dengan menjaga sikap tenang dan terkendali, Anda dapat membantu meredakan potensi konflik dan memberikan contoh positif bagi orang lain.

2. Berkomunikasi secara jelas dan jujur​

Mengatasi masalah secara langsung namun bijaksana terkadang dapat menjernihkan kesalahpahaman dan mengurangi ketegangan.

Pertimbangkan untuk melakukan percakapan pribadi dengan rekan kerjamu. Bagikan observasi Anda tanpa menuduh atau menyalahkan mereka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Tunjukkan empati dan pengertian

Kecemburuan seringkali muncul dari rasa tidak aman atau pergulatan pribadi. Cobalah untuk melihat segala sesuatunya dari sudut pandang rekan kerja Anda dan tunjukkan empati. 

Mengakui perasaannya terkadang bisa meredakan rasa cemburu. Tawarkan dukungan dan dorongan bila perlu, dan hargai kontribusi mereka terhadap tim. Membina lingkungan yang mendukung dapat membantu mengurangi perasaan persaingan.

4. Tetapkan batasan

Meskipun empati itu penting, menetapkan batasan juga penting. Jika rasa cemburu rekan kerjamu berujung pada perilaku yang mengganggu, Anda perlu menyikapinya dengan tegas.

Perjelas bahwa meskipun Anda menghargai hubungan kerja yang positif, Anda tidak akan menoleransi tindakan yang merusak pekerjaan atau kesejahteraanmu.

Menetapkan batasan yang jelas akan membantu melindungi ruang profesionalmu dan memastikan saling menghormati.

 

3 dari 3 halaman

5. Cari dukungan manajemen

Jika situasi ini terus berlanjut dan mulai berdampak pada pekerjaan atau kesehatan mental Anda, carilah dukungan dari supervisor atau departemen SDM Anda. 

Dokumentasikan kejadian-kejadian tertentu mengenai perilaku mengganggu dan tunjukkan secara faktual dan tanpa emosi.

Manajemen dapat menawarkan mediasi, memberikan panduan, atau menerapkan langkah-langkah untuk memastikan lingkungan kerja yang saling menghormati dan produktif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.