Sukses

Komitmen Keberlanjutan, Bentoel Luncurkan Kampanye Pengelolaan Sampah Puntung Rokok

Program ini akan berjalan selama enam bulan dengan fokus pada meningkatkan kesadaran masyarakat, mengumpulkan sampah puntung rokok, melibatkan komunitas, serta mendaur ulang sampah tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka program Bentoel Bangun Bangsa, Bentoel Group meluncurkan kampanye Bopong untuk mengatasi permasalahan sampah puntung rokok. Aksi ini dimulai dengan bersih-bersih pantai di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, bekerja sama dengan Parongpong RAW Lab dan OceanKita pada Jumat (28/6/2024).

Bopong merupakan kemitraan strategis antara Bentoel Group dan Parongpong RAW Lab yang menawarkan solusi untuk mengelola sampah puntung rokok. Mereka menyediakan tempat penyetoran sampah di tujuh lokasi di Jakarta dan Bandung.

Program ini akan berjalan selama enam bulan dengan fokus pada meningkatkan kesadaran masyarakat, mengumpulkan sampah puntung rokok, melibatkan komunitas, serta mendaur ulang sampah tersebut.

Nantinya, sampah puntung rokok yang terkumpul akan diproses melalui teknologi prototech hydrothermal treatment milik Parongpong RAW Lab untuk diubah menjadi material terbarukan, (renewable material) berupa berbagai bentuk furniture.

Sebelumnya, program Bopong telah diujicobakan di Bandung pada tahun 2023 dengan menggandeng sebanyak 53 hotel, restoran dan kafe (horeka) dan berbagai komunitas setempat dalam upaya edukasi dan pengumpulan sampah puntung rokok. Hasilnya, sebanyak 160 kilogram sampah puntung rokok berhasil terkumpul dalam tiga bulan.

“Senang sekali hari ini kami bisa bekerjasama dengan Parongpong RAW Lab dan OceanKita dalam menyelenggarakan kegiatan bersih pantai. Inisiatif ini sejalan dengan strategi kami untuk menempatkan ESG di garda terdepan sebagai bagian dari transformasi bisnis untuk Menciptakan Masa Depan yang Lebih Baik (A Better Tomorrow™)," ucap Presiden Direktur Bentoel Group, William Lumentut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komitmen untuk menciptakan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat

Aksi bersih pantai ini merupakan bagian dari peluncuran program Bopong 2.0, kampanye pengolahan sampah puntung rokok yang merupakan kolaborasi antara Bentoel Bangun Bangsa dengan Parongpong RAW Lab.

"Melalui Program Bopong 2.0, kami bangga menjadi pionir di industri dan ingin menjadi bagian dari solusi terhadap permasalahan sampah puntung rokok dengan turut serta melibatkan berbagai pemangku kepentingan dan masyarakat luas. Kami berkomitmen untuk terus menciptakan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar," sambung William.

 

3 dari 3 halaman

Puntung rokok menjadi jenis sampah kedua yang paling banyak ditemukan di pantai

Menurut data Ocean Conservation yang diambil dari hasil coastal cleanup mereka di tahun 2021, puntung rokok adalah jenis sampah kedua yang paling banyak ditemukan di pantai. Puntung rokok juga rawan berakhir di selokan dan saluran air yang kemudian terbawa ke laut.

“Program kolaborasi dengan Bentoel Bangun Bangsa ini merupakan contoh bentuk sinergi yang baik antara sektor bisnis dan komunitas dalam mencari solusi bersama atas permasalahan sampah. Kami berharap dapat turut menginspirasi banyak pihak di luar sana untuk turut ambil bagian," kata Direktur Utama Parongpong RAW Lab, Rendy Aditya Wachid.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.