Sukses

6 Alasan Kenapa Melajang Lebih Baik Bagi Kesehatan Mental

Anda masih berstatus melajang? Jika iya, ternyata ada beberapa alasan kenapa lebih baik melajang daripada terlibat hubungan asmara, lho.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak memiliki pasangan atau jomblo seringkali dianggap negatif oleh masyarakat. Bisa jadi mereka menganggap Anda terlalu pemilih dan ada beberapa orang mungkin tidak menyukai penampilan Anda sehingga tidak ada yang mau mendekati.

Namun sebenarnya menjadi lajang atau single bukan berarti Anda selalu menjalin sebuah hubungan asmara yang buruk. Faktanya, penelitian yang diinformasikan dari Business Insider, Rabu (3/7/2024), menunjukkan bahwa banyak orang yang tetap melajang lebih lama dan menetap di usia yang lebih tua, dan ada pula yang memilih untuk tetap melajang selamanya.

Padahal, kesendirian tidak boleh dianggap sebagai sesuatu yang perlu dikasihani. Terutama karena ada banyak manfaat kesehatan mental dan fisik jika Anda sendirian.

Lalu, perlu diingat juga bahwa ada perbedaan besar antara kesepian dan kesendirian. Selain itu, antara yang satu belum tentu berhubungan dengan yang lainnya.

Psikoterapis Anna Jackson mengatakan kepada Insider bahwa banyak orang secara tidak sengaja mendefinisikan diri mereka single dan harga diri mereka melalui hubungan romantis. Namun pada kenyataannya, pertumbuhan yang mereka lakukan di luar memiliki pasangan adalah hal yang paling penting.

Bonnie Scott, terapis dan pendiri Mindful Kindness Counseling, menambahkan bahwa para lajang membuat semua keputusannya sendiri, yang mengarah pada lebih banyak kebebasan dan kemampuan yang lebih baik untuk menyeimbangkan tanggung jawab.

“Dalam banyak hal, ada manfaat kesehatan mental dari merasa bebas dalam menjalani hidup. Ini memberdayakan,” katanya. "Dan dalam banyak hal, cara hidup yang jauh lebih mudah dibandingkan orang yang tidak lajang."

Jadi, inilah tujuh alasan yang didukung oleh sains bahwa melajang sebenarnya lebih baik bagi Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Memberi ruang untuk berpikir

Jackson mengatakan bahwa ketika dia keluar dari hubungan jangka panjang beberapa tahun yang lalu dia mulai bisa fokus pada apa yang benar-benar dia inginkan, tanpa ada "pengaruh eksternal dari pasangannya".

“Hanya memiliki rasa kebebasan, bisa benar-benar fokus dan mengasah apa yang saya inginkan dan menjadi siapa yang saya inginkan,” ujarnya.

Meluangkan waktu untuk diri sendiri harus dilihat sebagai kesempatan untuk mengenal siapa diri Anda sebenarnya dan apa yang Anda butuhkan.

Karena sesuatu yang disebut repetition compulsion, jika kita pernah disakiti di masa lalu, kita mungkin tergoda untuk terburu-buru menjalin hubungan baru dengan orang-orang yang salah bagi kita, karena secara tidak sadar kita berusaha memperbaiki rasa sakit itu.

Jika Anda meluangkan waktu untuk melajang, Anda akan menyadari bahwa waktu adalah penyembuh yang hebat dan Anda akan belajar melepaskan masa lalu. Pada saat yang sama, Anda dapat menjelajahi tempat-tempat baru dan mencoba pengalaman baru untuk mengetahui siapa diri Anda, dan orang seperti apa yang cocok untuk Anda.

3 dari 5 halaman

2. Mampu menjaga pertemanan

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Contexts menemukan bahwa orang yang selalu lajang lebih memperhatikan teman dan keluarganya dibandingkan orang yang sudah menikah.

Orang-orang yang menjalin hubungan romantis mungkin menginvestasikan seluruh waktu dan energi mereka pada pasangannya. Namun kehilangan "dasar yang stabil" untuk memiliki persahabatan mendalam yang pada akhirnya bertahan paling lama, kata Jackson.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Information, Communication & Society, para lajang sering kali memiliki lebih banyak orang yang mereka anggap sebagai teman dekat. Mereka juga tampaknya berupaya lebih keras untuk menjaga hubungan saudara kandung tetap kuat.

3. Punya lebih banyak waktu beraktivitas fisik

Orang lajang mungkin lebih sehat dibandingkan mereka yang berpasangan. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Marriage and Family, orang yang bercerai lebih banyak berolahraga dibandingkan orang yang sudah menikah, tapi yang paling aktif adalah mereka yang selalu lajang.

Dalam postingan blog Psychology Today, psikolog sosial Bella DePaulo membahas bagaimana wanita yang selalu melajang secara keseluruhan lebih sehat dibandingkan wanita yang sudah menikah, dan juga memiliki lebih sedikit hari sakit dan lebih sedikit kunjungan ke dokter.

Studi lain, yang diterbitkan dalam jurnal Social Science & Medicine, menunjukkan bahwa orang lajang di sembilan negara Eropa memiliki BMI lebih rendah dibandingkan orang yang menikah, dan secara keseluruhan berat badannya lebih ringan sekitar lima pon.

 

4 dari 5 halaman

4. Memiliki finansial yang lebih baik

Meskipun ada laporan bahwa kaum lajang adalah kelompok yang paling terpukul dalam hal biaya hidup, tapi tetap ada keuntungan finansial jika mereka melajang.

Menurut debt.org menyebutkan 21% orang lajang mempunyai hutang kartu kredit, [dibandingkan dengan] 27% pasangan menikah tanpa anak dan 36% pasangan menikah dengan anak.

Sebuah unggahan di Wealthify juga menyatakan bahwa para lajang dapat memanfaatkan dengan lebih baik karena tidak memiliki pasangan untuk dipertimbangkan dengan mengambil lebih banyak risiko, dan memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan pekerjaan sampingan.

"Jika Anda lajang, Anda mungkin tidak perlu mengeluarkan uang untuk orang lain - hanya Anda sendiri," tulis unggahan tersebut.

5 dari 5 halaman

5. Punya lebih banyak peluang di dunia kerja

Scott mengatakan menjadi lajang memberi orang lebih banyak fleksibilitas, yang dapat membuat mereka lebih siap memanfaatkan peluang.

Mereka bisa “menerima pekerjaan di kota baru, atau pergi ke pertemuan klub buku dan menjalin koneksi baru, atau memiliki kemampuan untuk berkomitmen pada proyek menarik di tempat kerja jika mereka mau,” katanya.

"Orang-orang lajang membuat keputusan itu sendiri tanpa ragu-ragu dan khawatir akan berdampak pada orang lain."

Orang lajang juga berpotensi lebih menghargai pekerjaan yang bermakna, menurut DePaulo. Tidak perlu khawatir dalam mempertahankan hubungan berarti berusaha lebih keras dalam karier Anda.

6. Tidak harus bersama orang yang salah

Menjadi lajang tentu saja bisa membuat stres. Anda mungkin lelah mencari hubungan yang tepat dan bosan dengan dunia kencan, atau Anda mungkin mendapat tekanan dari orang-orang di sekitar Anda.

Namun, bersama pasangan juga bisa menimbulkan masalah. Orang yang berpasangan harus mempertimbangkan ke mana arah hubungan mereka dan apakah mereka memiliki cukup kekuasaan dan otonomi dalam kemitraan mereka.

Banyak orang juga berakhir dalam hubungan yang salah karena takut, dan terkadang bahkan malu, karena sendirian.

"Tidak ada yang lebih sepi daripada bersama orang yang salah," kata Jackson.

Menjadi lajang dalam jangka waktu lama, daripada menetap bersama seseorang yang membuat Anda stres, akan jauh lebih berharga dalam menentukan apa yang Anda inginkan dan pantas dapatkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.