Sukses

Stimulasi Tumbuh Kembang Motorik Bayi untuk Kesehatan Optimal

Dari penelitian yang dilakukan oleh New York University disimpulkan bahwa popok menimbulkan gangguan di antara kaki sehingga membuat anak sulit berjalan.

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan motorik menjadi aspek penting dari tumbuh kembang bayi, mencakup kemampuan untuk bergerak dan mengontrol gerakan tubuh.

Dari penelitian yang dilakukan oleh New York University disimpulkan bahwa popok menimbulkan gangguan di antara kaki sehingga membuat anak sulit berjalan. Popok dapat memengaruhi pergerakan kaki, keseimbangan dan posisi anak saat belajar berjalan.

 Popok dapat menghambat gerakan seorang anak berjalan karena menghasilkan “bulk” di antara kedua tungkai bawah yang menyebabkan anak kesulitan mengatur keseimbangan dan semakin memperberat wide stance (pijakan yang lebar) pada anak yang sedang belajar jalan.

Selain stimulasi yang tepat, pemilihan popok yang sesuai juga berperan penting dalam mendukung kenyamanan dan kesehatan bayi. Popok yang baik harus memberikan kenyamanan maksimal, memiliki daya serap tinggi, dan bebas dari bahan kimia berbahaya yang dapat menyebabkan iritasi kulit.

Untuk itu, mengganti popok secara berkala sangat dianjurkan dan juga kenyamanan adalah kunci utama sehingga tidak membatasi gerak pinggul dan lutut anak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tingkatkan kesadaran pentingnya stimulasi tumbuh kembang motorik bayi

Terkait hal itu, PT Multi Medika Internasional Tbk mengumumkan kampanye baru yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya stimulasi tumbuh kembang motorik bayi dan pemilihan popok yang tepat.

"Popok yang nyaman dan aman sangat penting bagi kesehatan dan kenyamanan bayi. Popok kami dirancang dengan teknologi terbaru yakni teknologi Triple Core SAP untuk memastikan bayi tetap kering dan nyaman sepanjang hari, mendukung mereka untuk bergerak bebas dan aktif," ucap CEO MMI, Mengky Mangarek, Rabu (3/7/2024).

3 dari 3 halaman

Adakan kegiatan edukasi tentang motorik bayi

Dalam kampanye ini, MMI mengadakan sejumlah kegiatan edukasi mengenai motorik bayi dengan sejumlah expert dibidang kesehatan anak. Kegiatan edukasi ini antara lain seperti IG Live bersama dokter spesialis anak, workshop edukasi mengenai stimulasi tumbuh kembang anak dan masih banyak lagi.

"Kampanye ini diharapkan dapat membantu orang tua dalam memberikan perawatan terbaik bagi bayi mereka," sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.