Sukses

10 Hewan dengan Durasi Hibernasi Terpanjang di Dunia, Nomor 1 Bukan Beruang

Hewan-hewan berikut ini memiliki waktu hibernasi terlama di dunia.

Liputan6.com, Malang Banyak hewan di bagian utara berhibernasi untuk menghindari musim dingin yang sangat dingin. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa satu spesies dapat menjaga suhu tubuhnya tetap rendah selama lebih dari enam bulan, yang lebih lama dibandingkan dengan spesies lain.

Beberapa hewan ini mengalami hibernasi yang panjang untuk mengatasi musim dingin. Spesies mana yang memiliki hibernasi terpanjang di dunia? Temukan penjelasannya yang telah disusun dari berbagai sumber pada Kamis (04/-7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 16 halaman

Burung Common Poorwills

Burung Common Poorwill adalah anggota keluarga Caprimulgidae yang aktif di malam hari. Sebagian besar burung ini tidak mengalami hibernasi, sehingga informasi tentang mereka jarang diketahui.

Menghadapi musim dingin, mereka menurunkan metabolisme dan berhibernasi di lubang-lubang kayu daripada bermigrasi. Sebagai salah satu spesies burung pertama yang diketahui berhibernasi selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan di alam liar, burung nightjar biasa menjadi terkenal. Pada musim dingin 1947-1948, ada laporan bahwa beberapa individu berhibernasi setidaknya selama 85 hari.

3 dari 16 halaman

Kelelawar

Kelelawar masuk ke dalam kondisi hibernasi yang disebut mati suri ketika cuaca dingin atau makanan langka, sering kali berlangsung sepanjang malam. Beberapa spesies bahkan berhibernasi sepanjang musim dingin, terutama di daerah dengan sedikit serangga.

Mereka berkumpul di langit-langit atau dinding gua dan dapat mengurangi denyut nadi mereka hingga 10 denyut per menit selama hibernasi. Proses ini biasanya dimulai pada bulan Oktober atau November saat cuaca dingin membuat serangga sulit ditemukan, dan mereka keluar dari hibernasi pada bulan Maret. Perilaku hibernasi kelelawar bisa bervariasi tergantung pada suhu musiman di wilayah mereka.

4 dari 16 halaman

Katak Kayu

Katak kayu berhibernasi dengan cara yang unik: mereka menghentikan pernapasan dan detak jantung sepenuhnya, sehingga tubuh mereka menjadi sangat dingin bahkan membentuk kristal es dalam darah.

Mereka biasanya berhibernasi di dalam batang kayu, liang, atau tumpukan dedaunan, dilindungi oleh dedaunan, sampah, atau salju. Selama dua hingga tiga bulan, suhu tubuh mereka turun drastis, mencapai -1°C hingga -6°C (30°F hingga 21°F). Namun, saat musim semi tiba, mereka bangkit kembali dengan aktif tanpa masalah.

5 dari 16 halaman

Penyu Kotak

Penyu berhibernasi bervariasi tergantung pada spesies dan geografisnya. Penyu kotak, misalnya, berhibernasi selama tiga hingga lima bulan setiap tahun.

Mereka membuat lubang di tanah untuk beristirahat, memperlambat detak jantung hingga 5-10 detak per menit, dan berhenti bernapas sepenuhnya. Faktor seperti kekurangan makanan, cuaca dingin, dan kekeringan dapat mempengaruhi kemampuan penyu kotak untuk berhibernasi hingga lima bulan.

6 dari 16 halaman

Landak

Landak dapat berhibernasi dari beberapa minggu hingga beberapa bulan, tergantung seberapa dingin musim dinginnya. Saat berhibernasi, detak jantung mereka bisa turun hingga 90%, tetapi mereka mungkin terbangun jika cuaca terlalu dingin.

Saat terbangun, mereka menghangatkan diri dengan meningkatkan detak jantung sebelum kembali tidur. Landak, yang berasal dari Eropa, Asia, dan Afrika, biasanya berpindah sarang minimal sekali selama periode Oktober/November hingga Maret/April, sehingga kadang-kadang mereka bisa ditemukan di luar sarang.

7 dari 16 halaman

Ular Garter

Berbeda dengan hibernasi soliter pada banyak spesies lainnya, ular garter lebih suka menghabiskan musim dingin bersama sesama jenisnya. Mereka bisa berkumpul dalam jumlah ratusan atau ribuan di sarang yang menjadi tempat bermalam mereka selama musim dingin. Hibernasi sangat penting bagi ular garter sisi merah di Manitoba, Kanada, yang sering menghadapi suhu rendah mencapai -40°F (-40°C) pada musim dingin.

8 dari 16 halaman

Marmut

Ada 15 spesies tupai tanah raksasa yang dikenal sebagai marmut, tersebar di Asia, Eropa, dan Amerika Utara. Marmut dapat berhibernasi hingga delapan bulan, dengan pernapasan melambat hanya menjadi 2-3 napas per menit dan detak jantung sekitar 3-4 detak per menit. Mereka menggunakan lemak yang disimpan untuk bertahan hidup, menghabiskan sebagian besar tahun dalam keadaan istirahat.

9 dari 16 halaman

Beruang

Beruang mengalami perlambatan pernapasan, detak jantung, dan penurunan suhu tubuh saat berhibernasi, meskipun tidak sesering hewan-hewan berhibernasi lainnya. Mereka dapat bangun dengan cepat dari tidur, namun juga bisa tetap tidak aktif selama berhari-hari tanpa makan, minum, atau buang air besar. Di bagian utara Amerika Serikat dan Kanada, beruang bisa berhibernasi hingga 8 bulan di dalam gua mereka. Beruang di wilayah Selatan juga menunjukkan karakteristik serupa, meskipun dalam periode yang lebih singkat.

10 dari 16 halaman

Siput

Siput dapat berhibernasi di dalam cangkang mereka dengan menutup lubang menggunakan lendir untuk menjaga kelembapan dan mencegah kekeringan. Mereka juga dapat mengalami estivasi untuk melindungi diri dari cuaca panas, bukan hanya dari cuaca dingin. Siput bisa tidur hingga tiga tahun berturut-turut, menunjukkan naluri alami mereka untuk bertahan hidup dengan tidur sampai kondisi membaik.

11 dari 16 halaman

Lebah

Meskipun tidak semua lebah berhibernasi, hal ini krusial bagi lebah ratu. Ketika suhu turun, lebah jantan dan pekerja mati, membuat ratu mencari tempat untuk berhibernasi. Ratu lebah bisa berhibernasi pada suhu serendah -5°F (-20°C) selama sembilan bulan, terlindungi dari dingin, kelaparan, dan predator. Tubuhnya rileks sepenuhnya sampai musim semi, saat ia kembali aktif untuk membangun sarang dan membentuk koloni baru.

12 dari 16 halaman

Berapa Lama Hewan Berhibernasi?

Hibernasi berlangsung berhari-hari, berminggu-minggu, atau bahkan berbulan-bulan tergantung pada spesiesnya, suhu lingkungan, waktu tahun, dan kondisi tubuhnya. Sebelum memasuki hibernasi, hewan harus memasok energi untuk bertahan selama musim dingin.

13 dari 16 halaman

Apakah Beruang Kutub Juga Berhibernasi?

Induk beruang kutub menurunkan suhu tubuhnya untuk mengurangi metabolisme, bukan untuk hibernasi. Menurut Norsk Polarinstitutt, mereka secara rutin mengikis es dari langit-langit untuk memastikan jalur masuk oksigen tetap terbuka.

14 dari 16 halaman

Hewan yang Tidur Lama Disebut dengan Apa?

Hibernasi adalah fase tidur panjang yang biasanya dilakukan oleh beberapa jenis hewan saat musim dingin tiba, dengan alasan tertentu.

15 dari 16 halaman

Apakah Hibernasi Tidak Makan?

Hibernasi adalah strategi yang digunakan oleh beberapa makhluk hidup untuk bertahan hidup selama musim dingin, memungkinkan mereka menghemat energi dan menghindari mencari makanan.

16 dari 16 halaman

Berapa Lama Beruang Putih Berhibernasi?

Meskipun beruang sering dianggap hewan yang hibernasi, mereka sebenarnya tidak mengalami hibernasi sesungguhnya karena tidak mengurangi metabolisme atau suhu tubuh secara signifikan. Mereka mengalami periode dormansi selama 3 hingga 7 bulan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini