Sukses

Kenapa Kita Sering Mengulang Kesalahan di Masa Lalu? Ini Hal yang Perlu Diketahui Tentang Repetition Compulsion

Repetition compulsion melibatkan pengulangan situasi menyakitkan yang terjadi di masa lalu. Ini adalah cara untuk meredakan ketegangan akibat trauma fisik atau emosional, tapi tidak selalu berhasil.

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda terjebak beberapa kali dalam hubungan asmara yang toxic? Walaupun teman-teman sendiri sudah menasihati untuk tidak dekat dengan orang tersebut, Anda justru mengabaikannya. Hal ini bukan hanya terjadi sekali, tapi bisa berkali-kali dan Anda sendiri kadang tidak sadar terkait hal tersebut.

Jika Anda sendiri ternyata mengalaminya, bisa jadi Anda mungkin akan terus memiliki dorongan untuk mengulangi hal yang sama. Hal ini bisa juga disebut dengan repetition compulsion.

Menurut Choosing Therapy, Rabu (10/7/2024), repetition compulsion adalah ketika seseorang terus-menerus mengulangi perilaku berbahaya yang tidak ada gunanya di masa sekarang.

Akan tetapi, hal ini seringkali terkait dengan pengalaman traumatis di masa lalu. Repetition compulsion adalah proses tidak sadar yang menyebabkan perasaan tidak berdaya pada individu. Namun, masalah kesehatan mental ini sebenarnya dapat diobati yaitu dengan mengembangkan wawasan tentang asal muasal perilaku tersebut.

Apa itu Repetition Compulsion?

Repetition compulsion, juga dikenal sebagai traumatic reenactment, adalah sebuah konsep psikologis di mana seseorang berulang kali melakukan pola negatif yang sama, seringkali secara tidak sadar. Mereka mungkin tertarik pada hubungan akrab tapi berbahaya atau mengalami mimpi buruk yang berulang.

Perilaku tersebut seringkali berasal dari peristiwa traumatis di masa lalu, meskipun bisa juga berasal dari non-traumatik.

Sigmund Freud menganggap repetition compulsion sebagai cara seseorang untuk menguasai trauma aslinya. Namun psikologi modern belum menemukan bukti proses berpikirnya. Faktanya, pengulangan pemikiran dan perilaku kompulsif dalam terapi justru dapat meningkatkan obsesi seseorang dengan masa lalu mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Repetition Compulsion

Repetition compulsion dapat muncul dalam berbagai cara, termasuk melalui tindakan, pikiran, atau hubungan seseorang. Dengan memahami berbagai jenis repetition compulsion dapat membantu seseorang melihat dan mengubah pola berbahaya dalam perasaan, perilaku dan hubungannya.

Jenis repetition compulsion yang umum meliputi:

  • Perilaku berulang

Individu dapat mengulangi perilaku tertentu yang mungkin telah mereka ulangi selama peristiwa traumatis untuk bertahan hidup. Terkadang, perilaku ini bisa muncul sebagai bentuk sabotase diri, seperti mencari hubungan yang berpotensi mengandung kekerasan.

  • Situasi yang berulang

Individu mungkin mengulangi situasi traumatis untuk mendapatkan wawasan tentang kejadian sebenarnya.

  • Menghidupkan kembali trauma

Individu dapat menghidupkan kembali trauma pada tingkat fisiologis, perilaku, atau emosional.

  • Perenungan

Pikiran berulang kadang-kadang dilihat sebagai suatu keharusan pengulangan karena individu berputar-putar melalui materi yang sama dalam upaya untuk menghasilkan pemahaman atau wawasan.

Sayangnya, perenungan tidak membawa pada pemecahan masalah, melainkan membuat individu terjebak dalam siklus masa lalu.

  • Bertindak sebagai korban

Ketidakberdayaan yang dipelajari dapat merupakan dampak dari pengalaman traumatis sebelumnya. Kadang-kadang, seseorang mungkin telah belajar sejak dini bahwa mereka tidak dapat bergantung pada orang lain untuk mendukung mereka secara emosional dan mungkin muncul dalam hubungan orang dewasa selama konflik dengan ketidakberdayaan yang dipelajari.

  • Bertindak sebagai pelaku

Penelitian ini menunjukkan dengan jelas bahwa individu yang melakukan kejahatan kekerasan seringkali memiliki kaitan dengan kasus pelecehan fisik atau seksual yang terjadi pada masa kanak-kanak.

Melakukan tindakan terhadap orang lain mungkin termotivasi untuk merasa berkuasa dan mengatasi rasa ketidakberdayaan yang dipelajari.

3 dari 6 halaman

Tanda-Tanda Repetition Compulsion

Repetition compulsion seringkali muncul sebagai pola berulang yang merusak diri sendiri dalam perilaku dan hubungan seseorang. Misalnya, seseorang memilih hubungan yang menyakitkan atau terlibat dalam situasi impulsif atau berbahaya.

Ada juga tanda-tanda repetition compulsion yang lebih halus, seperti seringnya mimpi buruk. Mengenali tanda-tandanya dapat membantu seseorang mendapatkan wawasan tentang bagaimana pola-pola ini memengaruhi dirinya atau orang yang dicintainya.

Repetition compulsion muncul dengan cara berikut:

  • Mimpi buruk

Mengalami mimpi buruk yang berulang dapat menjadi salah satu bentuk repetition compulsion. Ini mungkin merupakan upaya bawah sadar seseorang untuk memahami pengalaman sebelumnya, yang terkadang menimbulkan trauma.

  • Keterikatan romantis

Mengalami berbagai hubungan yang kasar atau toxic saat dewasa dapat menjadi bentuk repetition compulsion, karena mengulangi siklus pelecehan mungkin merupakan upaya tidak sadar seseorang untuk menguasai pengalaman pelecehan di masa lalu.

  • Peragaan kembali sebagai korban (viktimisasi)

Beberapa penelitian menemukan bahwa peragaan ulang viktimisasi merupakan faktor risiko terjadinya kekerasan, sebagai suatu keharusan yang berulang.

Misalnya, individu yang melakukan kejahatan seringkali memiliki riwayat pelecehan fisik atau seksual selama masa kanak-kanak.

  • Menyakiti diri sendiri

Menyakiti diri sendiri, seperti membenturkan kepala, melukai diri sendiri, atau kelaparan, adalah bentuk-bentuk repetition compulsion yang umum terjadi pada anak-anak yang mengalami pelecehan.

Orang dewasa juga dapat mengulangi jenis tindakan seperti itu, yang dapat dilihat sebagai tindakan yang merusak diri sendiri.

  • Menghidupkan kembali trauma pada hari terjadinya hal tersebut

Beberapa penelitian telah menemukan kejadian di mana individu secara kompulsif mengulangi trauma mereka pada hari peringatan peristiwa tersebut. 

Repetition compulsion ini dapat diatasi melalui terapi berorientasi wawasan untuk mengintegrasikan peristiwa traumatis ke dalam pemahaman individu tentang kehidupan mereka saat ini.

  • Ikatan trauma

Salah satu tanda interpersonal dari repetition compulsion adalah ketika individu mengalami ikatan trauma. Ikatan trauma terjadi ketika individu membentuk keterikatan dengan orang yang secara aktif melakukan pelecehan.

4 dari 6 halaman

Penyebab Repetition Compulsion

Tidak ada penyebab tunggal dari repetition compulsion. Namun, para peneliti sepakat bahwa repetition compulsion cenderung terjadi pada tingkat yang tidak disadari.

Sebuah teori menyatakan bahwa hal tersebut merupakan upaya untuk menguasai peristiwa traumatis di masa lalu dalam upaya memahami mengapa atau bagaimana hal itu terjadi.

Beberapa penyebab potensial dari repetition compulsion mungkin termasuk:

  • Pola bawah sadar

Terkadang, orang mengembangkan pola tertentu untuk mengatasi stres atau trauma yang hebat. Ketika pola-pola ini terulang setelah trauma atau peristiwa stres berakhir, pola-pola ini dapat dianggap sebagai reka ulang trauma atau bahkan suatu bentuk sabotase diri.

Misalnya, seseorang yang pernah terjebak di dalam lift kini mungkin menolak menggunakan apa pun selain tangga.

  • Obsessive-compulsive disorder (OCD)

Beberapa individu dengan diagnosis OCD yang juga pernah mengalami trauma sebelumnya mungkin menemukan bahwa dorongan berulang-ulang mereka ada hubungannya dengan dorongan OCD yang berasal dari obsesi.

Misalnya, seseorang yang tersedak makanan saat kecil mungkin mengembangkan keinginan untuk selalu memotong makanan menjadi potongan-potongan kecil sebelum dimakan.

  • Attachment issues

Terkadang, individu mungkin mengembangkan keterikatan yang tidak aman dengan pengasuhnya.

Karena pengasuh seharusnya menjadi tempat yang aman bagi anak, anak-anak ini dapat tumbuh menjadi orang dewasa dengan gangguan keterikatan yang mencari hubungan yang penuh kekerasan atau pasangan yang narsistik, dengan cara meniru pengalaman mereka sebagai anak-anak.

  • Trauma seksual masa kanak-kanak

Seseorang yang mengalami trauma seksual saat kecil, seperti pelecehan seksual terhadap orang tua atau saudara kandung, mungkin mencari pengalaman sebagai orang dewasa yang meniru pelecehan tersebut.

Misalnya, mereka mungkin memilih pasangan yang melakukan pelecehan seksual atau pekerjaan yang menjadikan mereka korban secara seksual.

  • Selamat dari bencana

Beberapa individu yang menjadi korban bencana alam atau bencana akibat ulah manusia mungkin memanfaatkan reka ulang perilaku dari trauma yang mereka alami. Mereka mungkin juga mengalami kembali trauma tersebut melalui ingatan simbolis atau visual.

5 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Repetition Compulsion

Mengatasi dorongan untuk repetition compulsion kemungkinan besar melibatkan pengembangan wawasan tentang kapan perilaku ini dimulai, apa yang memicunya dan menggantinya dengan cara yang lebih sehat untuk mengatasinya.

Mengembangkan wawasan adalah pendekatan kunci terhadap keharusan pengulangan karena seringkali merupakan perilaku yang tidak disadari.

Membangun strategi perawatan diri untuk menjaga kesehatan mental dan emosionalmu tetap stabil dapat membantu mencegah risiko repetition compulsion.

Berikut adalah beberapa strategi mengatasi repetition compulsion:

Membuat jurnal untuk trauma dapat membantu repetition compulsion dengan mengungkap wawasan seputar pola perilaku. Anda dapat memanfaatkan petunjuk yang berfokus pada penyembuhan trauma untuk membantu menumbuhkan wawasan ini dan meninjau apa yang Anda tulis dengan seorang konselor yang dapat membantu Anda memahami pola perilaku ini.

  • Yoga

Yoga juga dapat membantu memfasilitasi hubungan pikiran-tubuh yang kuat. Yoga berdasarkan trauma berfokus pada membantu membangun keamanan dalam tubuhmu sehingga Anda tidak lagi merasa perlu untuk menggunakan perilaku yang merusak diri sendiri seperti repetition compulsion.

  • Mempelajari attachment style

Jika dorongan pengulangan Anda berpusat pada hubungan yang tidak sehat dengan orang lain, mempelajari attachment style Anda sendiri dapat membantumu memahami mengapa Anda mungkin tertarik pada pola pelecehan.

Daripada melakukan tindakan yang berpusat pada sabotase diri sendiri, Anda bisa belajar bagaimana menjalin keterikatan yang aman dalam hubungan.

  • Afirmasi

Beberapa orang merasa lega dengan menggunakan afirmasi positif. Anda dapat menggunakan afirmasi terkait dengan jenis kehidupan yang ingin Anda jalani di luar trauma Anda.

  • Mindful breathing

Pernapasan yang penuh kesadaran dapat membantu sebagai strategi pencegahan, tapi juga dapat digunakan pada saat-saat impulsif sebelum terlibat dalam suatu dorongan.

Pernapasan yang penuh kesadaran dapat membantu disregulasi emosional dengan menciptakan jarak di antara doronganmu untuk menggunakan kompulsif.

6 dari 6 halaman

Treatment untuk Repetition Compulsion

Mencari pengobatan untuk repetition compulsion dapat membantu Anda mendapatkan wawasan tentang bagaimana pola-pola bawah sadar ini terbentuk.

Memahami “mengapa” di balik perilaku tertentu dapat membantumu dan terapis Anda mengembangkan rencana penyembuhan dari trauma. Beberapa kemungkinan pilihan pengobatan untuk repetition compulsion meliputi:

  • Terapi psikodinamik (Psychodynamic therapy)

Terapi psikodinamik berfokus pada motif bawah sadar dan menawarkan wawasan tentang trauma masa lalu yang belum terselesaikan dan pola yang berasal dari motif tersebut.

Melalui terapi psikodinamik, Anda akan memperoleh wawasan tentang bagaimana perilaku masa lalu memengaruhi Anda dan mempelajari strategi untuk mengatasi dorongan tersebut.

  • Trauma-focused cognitive behavioral therapy (TF-CBT)

TF-CBT adalah terapi jangka pendek yang umumnya digunakan untuk merawat anak-anak yang mengalami trauma. Melalui terapi, anak dan orang tua belajar bagaimana pikiran dan emosi negatif, mungkin tentang trauma sebelumnya, dapat mengakibatkan perilaku bermasalah.

  • Trauma-informed care

Perawatan berdasarkan informasi trauma berfokus pada pertanyaan, “Apa yang terjadi pada Anda?” daripada “Ada apa denganmu?”

Prinsip-prinsip perawatan berdasarkan informasi trauma mencakup keselamatan, pilihan, kolaborasi, kepercayaan, dan pemberdayaan, yang memandu cara penyedia layanan berinteraksi dengan pasien.

  • Exposure-response prevention (ERP)

ERP dapat membantu repetition compulsion, terutama jika kompulsif Anda berakar pada obsesi terkait OCD.

ERP mengajarkan individu untuk secara perlahan meningkatkan toleransi mereka terhadap situasi yang menyebabkan tekanan sambil menghindari dorongan untuk memanfaatkan kompulsi untuk mengatur kecemasan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.