Sukses

Top 3: Kenali Gejala Kanker Testis yang Perlu Diwaspadai

Artikel tentang kanker testis: gejala, pengertian dan fakta penting yang perlu diketahui menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Kanker testis adalah jenis kanker yang berkembang di testis, bagian dari sistem reproduksi pria. Meski relatif jarang, kanker testis merupakan salah satu jenis kanker yang paling umum terjadi pada pria berusia 15 hingga 35 tahun. Memahami gejala, penyebab, dan langkah pencegahan dapat membantu deteksi dini dan meningkatkan peluang kesembuhan.

Kanker testis terjadi ketika sel-sel di dalam testis tumbuh secara tidak terkendali dan membentuk massa atau tumor. Testis sendiri berfungsi sebagai tempat produksi sperma dan hormon testosteron. Ada dua jenis utama kanker testis: seminoma dan non-seminoma.

Seminoma cenderung tumbuh lebih lambat dan lebih responsif terhadap radiasi, sementara non-seminoma biasanya tumbuh lebih cepat dan membutuhkan pendekatan pengobatan yang berbeda.

Artikel tentang kanker testis: gejala, pengertian dan fakta penting yang perlu diketahui menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang 10 makanan yang bikin Anda gemuk tanpa disadari.

Sementara itu artikel terpopuler ketiga tentang saksi mata saat Donald Trump ditembak: aku kira suara kembang api, lalu semua orang berteriak.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Kanker Testis: Gejala, Pengertian, dan Fakta Penting yang Perlu Diketahui

 

Gejala Kanker Testis

Gejala kanker testis seringkali tidak terasa pada tahap awal. Namun, beberapa tanda yang perlu diwaspadai antara lain:

  • Benjolan atau pembengkakan di testis: Gejala paling umum adalah adanya benjolan yang tidak terasa sakit atau pembengkakan pada salah satu testis.
  • Nyeri atau ketidaknyamanan: Beberapa pria mungkin merasakan nyeri atau ketidaknyamanan di testis atau skrotum.
  • Perubahan ukuran atau bentuk testis: Adanya perubahan ukuran atau bentuk testis yang tidak biasa.
  • Nyeri punggung atau perut bagian bawah: Pada beberapa kasus, kanker yang telah menyebar bisa menyebabkan nyeri di punggung atau perut bagian bawah.
  • Perubahan pada payudara: Meski jarang, hormon yang dihasilkan oleh tumor bisa menyebabkan pertumbuhan jaringan payudara atau nyeri pada payudara.

Selengkapnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. 10 Makanan yang Bikin Anda Gemuk Tanpa Disadari

Jika Anda sedang berusaha menjaga berat badan atau menurunkan berat badan, Anda tahu bahwa melakukan diet adalah komponen yang sangat penting.

Pemilihan makanan saat melakukan diet sangat penting karena makanan yang Anda konsumsi berperan besar dalam mencapai tujuan kesehatan dan berat badan yang diinginkan.

Saat melakukan diet, memilih makanan yang kaya akan nutrisi seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh, dan protein berkualitas tinggi adalah kunci utama.

Makanan yang tepat tidak hanya membantu menjaga kesehatan tubuh tetapi juga dapat meningkatkan energi dan menjaga keseimbangan emosi

Ide yang bagus untuk mengurangi pilihan makanan yang kurang bergizi, tapi menurut Tayla, yaitu pelatih penurunan berat badan online, ahli gizi dan diet yang menggunakan akun @DietitianTayla di Instagram dan TikTok, ada beberapa makanan yang mungkin tidak Anda sadari dapat menghambat tujuan penurunan berat badan dan kebugaran Anda.

Menurut Tayla, tidak satu pun dari pilihan makanan ini yang benar-benar "buruk", mereka hanya "mengandung kalori yang tinggi secara diam-diam."

Jadi, jika berat badan Anda bertambah tapa ada kejelasan yang pasti, atau Anda tidak mendapatkan hasil turun berat badan meskipun sudah melakukan diet dan olahraga, Anda perlu melihat kembali daftar makanan oleh Tayla ini.

Dan berikut ialah 10 makanan teratas yang membuat berat badan Anda bertambah secara diam-diam, melansir dari Best Life, Kamis (18/04/2024).

Selengkapnya...

3 dari 3 halaman

3. Saksi Mata Saat Donald Trump Ditembak: Aku Kira Suara Kembang Api, Lalu Semua Orang Berteriak

Donald Trump sedang berbicara kepada orang banyak tentang imigrasi di acara kampanyenya ketika suara letupan terdengar dan kekacauan terjadi. Mantan presiden tersebut terlihat memegangi telinganya sebelum turun ke bawah dan dikerumuni serta dilindungi oleh agen Dinas Rahasia.

Dave McCormick, yang mencalonkan diri sebagai Senat AS, mengatakan kepada ABC News bahwa dia berada di barisan depan dalam rapat umum tersebut saat Donald Trump ditembak. Dia mengatakan dia mendengar "tujuh atau delapan" tembakan.

“Masyarakat mulai panik,” katanya. “Semua orang jatuh ke tanah.”

Saksi Leonard Verdetto mengatakan semua orang di kampanye itu "bergembira" tetapi kemudian dia mendengar "suara letupan", yang menggambarkan 6-8 tembakan.

"Tak satu pun dari kami yang benar-benar sadar pada saat semua orang ini berkata 'turun!' 'turun!'"

"Kami semua berdoa...Kami berdoa kepadanya agar kami tetap aman, tetap terlindungi."

Saksi lain, pembicara dalam acara tersebut, Rico Elmore, mengatakan dia berada sekitar 6 meter dari lokasi penembakan Donald Trump saat itu. Dia mengatakan awalnya dia mengira tembakan itu adalah "kembang api".

"Saya berbalik, dan seseorang berteriak 'tenaga medis'." Kemudian dia melepas dasinya dan langsung bertindak, menyadari bahwa tidak ada waktu bagi petugas medis untuk tiba di sana, namun saat dia tiba di sana, katanya, semuanya sudah terlambat. "Orang itu... mengeluarkan darah di kepalanya."

Dia berkata, "Saya mencoba menutup lukanya" dengan menempelkan handuk di lukanya sampai tim medis tiba.

“Saya baru saja melihat peluru menghantam tribun penonton, memantul ke atas,” tambah saksi mata John Dohanich. Katanya, ada tembakan awal, diikuti jeda, dan kemudian sisa tembakan.

"Saya mendengar semua orang berteriak 'turun!' 'turun'," dan dia berkata bahwa dia mencoba membantu orang-orang untuk turun. “Saya bilang kepada mereka untuk terus berdoa, tetap tenang.”

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.