Sukses

8 Gejala di Perut, Tenggorokan, dan Pergelangan Kaki Ini Bisa Merupakan Tanda Masalah Jantung

Meskipun beberapa tanda peringatan mudah dikenali seperti nyeri dada yang parah dan kolaps, ada juga banyak indikator kecil yang menunjukkan ada sesuatu yang salah dengan jantung atau sistem peredaran darah Anda.

Liputan6.com, Jakarta Orang bisa menghabiskan waktu bertahun-tahun tanpa menyadari masalah jantung yang mendasarinya. Gejalanya bisa tidak kentara dan samar-samar, banyak kondisi jantung yang 'tersembunyi' dan tidak langsung terlihat dari luar.

“Kondisi jantung yang tersembunyi sering kali tidak terdiagnosis terlalu lama, sampai terjadi kesalahan atau terlambat,” Sindy Jodar, perawat jantung senior di British Heart Foundation (BHF) memperingatkan seperti dikutip dari Mirror

“Itulah mengapa sangat penting untuk tidak mengabaikan tanda-tanda penyakit jantung dan memeriksakan diri Anda, hanya untuk memastikan.”

Meskipun beberapa tanda peringatan mudah dikenali seperti nyeri dada yang parah dan kolaps, ada juga banyak indikator kecil yang menunjukkan ada sesuatu yang salah dengan jantung atau sistem peredaran darah Anda. Hal ini belum tentu berarti Anda mempunyai masalah jantung, namun sebaiknya Anda segera menyelidikinya.

Dari kelelahan dan mual hingga pingsan, berikut beberapa gejala yang kurang jelas yang perlu diketahui semua orang yang menandakan bahwa ada yang salah padamu.

1. Merasa sangat lelah

Dr M Adil U Khan, dokter umum di Pall Mall Medical, mengatakan Anda tidak boleh “mengabaikan atau meremehkan tingkat kelelahan yang tidak biasa”.

Meskipun merasa lelah adalah hal yang wajar jika Anda sangat sibuk atau kurang tidur, ia menambahkan: “Merasa sangat lelah, terutama jika tidak berhubungan dengan aktivitas, harus diselidiki.”

Bisa jadi karena anemia, virus, atau bahkan terkait dengan kesehatan mental. Bisa juga berhubungan dengan jantung Anda, jadi penting untuk menyelidikinya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Ketidaknyamanan yang tidak kentara

“Waspadai ketidaknyamanan halus di berbagai area tubuh Anda, termasuk ketidaknyamanan atau nyeri di rahang, leher, punggung, atau perut, yang mungkin berhubungan dengan masalah jantung,” kata Khan. Jika gejalanya tidak normal dan tidak kunjung hilang, sebaiknya segera periksakan.

3. Pembengkakan yang tidak biasa

Mungkin Anda memperhatikan pergelangan kaki Anda terlihat sangat bengkak, atau mungkin area perut Anda secara umum terus-menerus membengkak tanpa alasan yang jelas.

“Pembengkakan yang tidak diketahui penyebabnya, yang dikenal sebagai edema, di kaki, pergelangan kaki, atau perut, juga bisa menjadi tanda gagal jantung,” jelas Khan.

4. Muntah dan sensasi tercekik

Muntah tiba-tiba atau sensasi tercekik di tenggorokan juga merupakan hal yang perlu diwaspadai. “Meskipun tidak setiap serangan mual berarti sesuatu yang serius akan terjadi, rasa mual yang disertai rasa sakit dan nyeri lainnya, seperti nyeri dada yang parah, seharusnya menjadi peringatan,” kata Jodar.

Ya, itu mungkin penyakit perut, tetapi jika Anda tiba-tiba muntah dan mual lebih sering dan tidak yakin alasannya, jangan tunda untuk memeriksakannya.

 

3 dari 4 halaman

5. Pingsan

Jika Anda tiba-tiba pingsan, ini pertanda ada sesuatu yang salah.

“Jika pingsan atau gejala lainnya menjadi masalah, konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan dan jadwalkan janji temu dengan dokter atau ahli jantung,” kata Khan. “Diskusikan gejala, riwayat kesehatan, dan faktor risiko Anda dengan mereka.

“Penyedia layanan kesehatan Anda akan menilai tanda-tanda vital Anda dan melakukan pemeriksaan fisik. Tergantung pada gejala dan faktor risiko Anda, Anda mungkin menjalani tes diagnostik seperti EKG, ekokardiogram, tes stres, tes darah, atau pemeriksaan jantung yang lebih khusus,” tambahnya.

6. Sesak napas

Berjuang mengatur napas bukanlah perkara sepele.

“Siapa pun yang mengalami sesak napas saat beraktivitas sehari-hari atau saat istirahat harus menemui dokter,” kata Khan. Hal ini terutama terjadi jika disertai nyeri dada – meskipun tidak terasa terlalu parah. Khan menambahkan: “Ketidaknyamanan ringan pada dada harus selalu diselidiki, namun beberapa orang salah mengartikannya sebagai gangguan pencernaan atau nyeri otot.”

 

4 dari 4 halaman

7. Keringat yang tidak biasa

“Rasa panas, lembap, dan cukup berkeringat saat tidak melakukan olahraga berat tidak boleh diabaikan,” tambah Jodar. “Jika ini disertai dengan nyeri dada, penting bagi Anda untuk memeriksakannya.”

8. Ketidakteraturan detak jantung

Apakah denyut nadi Anda terkadang terasa gelisah atau terlalu cepat? Periksakan ke dokter Anda.

Khan mengatakan: “Jam tangan pintar dan pelacak kebugaran dapat memberikan data berharga tentang detak jantung Anda dan dapat mendeteksi penyimpangan sampai batas tertentu. Mereka dapat membantu melacak tren umum detak jantung, terutama selama aktivitas fisik atau istirahat."

“Namun, hal ini bukanlah pengganti pemantauan dan evaluasi tingkat medis… Gejala apa pun yang mengkhawatirkan harus dievaluasi oleh profesional kesehatan untuk penilaian dan diagnosis yang komprehensif,” tambah Khan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.