Sukses

6 Fakta JD Vance, Senator Ohio yang Jadi Cawapres Donald Trump di Pilpres AS 2024

Berikut hal-hal yang perlu diketahui tentang pilihan mantan presiden Donald Trump untuk calon wakil presidennya JD Vance.

Liputan6.com, Jakarta JD Vance, seorang pemodal ventura yang menjadi senator Ohio dan menjadi terkenal dengan memoarnya pada tahun 2016, Hillbilly Elegy, pernah menggambarkan dirinya sebagai “yang tidak pernah menjadi Trumper (pendukung Trump)”, menyebut kandidat Donald Trump pada tahun 2016 sebagai “idiot”, “heroin budaya” dan sebuah potensi “Hitler Amerika”.

Kini kedua pria tersebut menjadi pasangan – dan hubungan tersebut tampaknya lebih disebabkan oleh kedekatan pribadi dan bukan perhitungan politik yang dingin.

Berikut hal-hal yang perlu diketahui tentang pilihan mantan presiden Donald Trump untuk calon wakil presidennya JD Vance. Dihimpun dari The Guardian, ini dia:

1. Vance akan setia dan mampu membalikkan keadaan terhadap Demokrat

Hal ini terlihat dalam waktu dua jam setelah upaya pembunuhan yang gagal pada hari Sabtu di Butler, Pennsylvania. Dalam postingan yang memicu kemarahan di kalangan Demokrat tetapi tentu saja mendapat ucapan terima kasih dari Trump, Vance menulis di Twitter/X bahwa tanggung jawab moral ada di tangan Joe Biden

“Premis utama dari kampanye Biden adalah bahwa Presiden Donald Trump adalah seorang fasis otoriter yang harus dihentikan dengan cara apa pun,” tulisnya. “Retorika tersebut mengarah langsung pada percobaan pembunuhan Presiden Trump.”

Dukungan vokal seperti itu sangat kontras dengan mantan wakil presiden Trump, Mike Pence, yang secara tegas dan getir memutuskan hubungan dengan presiden saat itu dengan menolak permohonannya untuk tidak mengesahkan kemenangan Biden pada pemilu tahun 2020 di Kongres AS, yang berujung pada penyerbuan Capitol pada tahun 2021 oleh massa.

Selain itu, Vance telah menjadi teman dekat putra sulung Trump, Donald Jr, yang menyatakan bahwa dia akan menjadi cawapres dengan alasan bahwa dia memiliki visi politik yang sama dengan ayahnya.

2. Dia akan mendukung kebijakan luar negeri nasionalis Trump

Vance merupakan salah satu penentang utama bantuan AS ke Ukraina, dan mengatakan bahwa pertahanan terhadap Tiongkok harus menjadi prioritas yang lebih besar, sebuah posisi yang menyejajarkan dirinya dengan orang yang kini menjadi pelindung politiknya.

Dalam sebuah wawancara di podcast War Room Steve Bannon awal tahun ini, dia berkata: “Saya tidak terlalu peduli dengan apa yang terjadi di Ukraina.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Dia mungkin juga dipilih karena masa mudanya

Dalam pemilu antara dua kandidat utama tertua dalam sejarah AS, Vance – yang berusia relatif muda, 39 tahun – bisa menjadi salah satu wakil presiden termuda di Amerika. Namun, dia bukan yang termuda. Perbedaan tersebut dipegang oleh John Breckenridge, yang berusia 36 tahun 47 hari ketika ia menjabat sebagai wakil presiden James Buchanan pada tahun 1857.

Vance mungkin bisa menjadi presiden termuda di AS jika Trump, 78 tahun, meninggal saat menjabat atau mengundurkan diri sebelum masa jabatannya berakhir. Presiden termuda yang memasuki Gedung Putih adalah Theodore Roosevelt, yang berusia 42 tahun ketika ia menjabat setelah pembunuhan Presiden William McKinley pada tahun 1901. Pada usia 39, Vance sudah cukup umur untuk menjadi presiden berdasarkan ketentuan konstitusi AS, yang mengamanatkan usia minimum adalah 35 tahun.

4. Pandangan Vance tentang aborsi kemungkinan besar akan membuat banyak pemilih perempuan tidak tertarik

Dia telah mengartikulasikan kebijakan yang jauh lebih keras dibandingkan Trump, yang mengatakan bahwa negara bagian harus menentukan kebijakan mereka sendiri mengenai aborsi. Sebaliknya, Vance menentang praktik tersebut bahkan dalam kasus pemerkosaan atau inses, meskipun ia tidak mengatakan harus ada larangan nasional dan mengatakan pengecualian harus diberikan ketika nyawa ibu dalam bahaya. Namun, ketika ia mencalonkan diri sebagai Senat pada tahun 2022, situs webnya memuat judul utama yang berbunyi: Larangan Aborsi.

 

3 dari 4 halaman

5. Profilnya, bukan asal usulnya di Ohio, mungkin yang membuatnya menarik secara politik bagi Trump

Meskipun Ohio, yang diwakili oleh Vance sebagai senator, secara tradisional merupakan negara bagian yang tidak kuat ke satu pilihan politik, Trump memenangkannya dengan selisih delapan poin pada tahun 2020, setelah merebutnya melawan Hillary Clinton pada tahun 2016, dan diperkirakan akan terjadi lagi pada bulan November.

Ketertarikan Vance terhadap Trump kemungkinan besar terletak pada daya tariknya terhadap pemilih kelas pekerja kulit putih di wilayah geografis yang lebih luas – khususnya di negara-negara bagian yang menjadi medan pertempuran seperti Pennsylvania, Michigan, dan Wisconsin.

Kemampuannya untuk mengidentifikasi dan mengartikulasikan frustrasi kelas pekerja dibuktikan dalam memoar pribadinya, Hillbilly Elegy, yang menceritakan masa kecilnya di wilayah pasca-industri Ohio dan di Appalachian.

6. Dia akan menjadi penentu kebijakan tarif dan imigrasi

Vance, seperti Trump, telah mengusulkan “tarif berbasis luas”, sebuah posisi yang sejalan dengan Trump, yang menjanjikan tarif sebesar 10% untuk semua impor asing, meskipun ada peringatan dari para ekonom bahwa hal itu akan memicu inflasi. Dia juga senada dengan Trump mengenai imigrasi, menganjurkan penyelesaian tembok perbatasan di perbatasan selatan dengan Meksiko dan menentang amnesti bagi imigran ilegal.

4 dari 4 halaman

Profil JD Vance, Senator yang Dipilih Donald Trump Jadi Cawapresnya di Pilpres AS 2024

Calon Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump baru-baru ini telah mengumumkan calon wakil presiden (cawapres) yang akan menjadi pasangannya dalam Pilpres AS 2024 mendatang.

Sosok cawapres tersebut dikenal sebagai senator Ohio, JD Vance yang disebut-sebut sebagai salah satu pendukung paling setia Trump dalam Kongres. Melansir dari CBS News kabar tersebut dibagikan oleh Trump pada Senin (15/7/2024) di platform media sosialnya.

 “Setelah pertimbangan dan pemikiran cukup panjang, dan mempertimbangkan bakat luar biasa lainnya, saya memutuskan bahwa orang yang paling cocok memangku jabatan Wakil Presiden Amerika Serikat adalah Senator J.D. Vance dari Negara Bagian Ohio,” ucap Trump dalam situs media sosial miliknya Truth Social.

Diketahui pengumumannya pertama kali dibagikan bersamaan dengan hari pertama Konvensi Nasional Partai Republik saat partai tersebut resmi menominasikan Donald Trump sebagai presiden menjelang pemilihan presiden AS 2024 pada November mendatang.

Adapun dari pihak J.D. Vance sendiri masih belum ada komentar resmi terkait pengumuman tersebut. Sebagai informasi J.D. Vance atau James David Vance merupakan penulis memoir terlaris bertajuk “Hillbilly Elegy” dan berasal dari Ohio.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.