Sukses

Tips Membangun Kebugaran Sosial di Tempat Kerja Pakai Metode 5-3-1

Seperti apa metode 5-3-1 dalam membangun hubungan sosial dengan rekan kerja? Seperti ini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Kalau menilai sendiri, kira-kira seberapa besar tingkat kebugaran Anda? Bukan hanya seberapa jauh Anda bisa berlari atau banyak beban yang bisa Anda angkat saja, tapi juga menyangkut tentang social fitness atau 'kebugaran sosial' Anda.

Sama seperti melatih otot yang membantu Anda membangun kekuatan di gym, Anda juga dapat 'melenturkan' keterampilan sosial Anda untuk mengembangkan hubungan yang lebih kuat di tempat kerja dengan membangun hal tersebut.

Walaupun kita sendiri cenderung tidak menganggap kemampuan bersosialisasi sebagai suatu keterampilan. Sebab, selama ini pasti sebagian besar orang suka mengkotak-kotakkan dirinya dan orang lain, seperti apakah termasuk golongan introvert atau ekstrovert.

Padahal, keterampilan sosial adalah keterampilan yang sama seperti keterampilan lainnya. Namun, jika Anda merasa tidak nyaman dengan lingkungan profesional tertentu, misalnya mengobrol dengan bos, itu tidak jadi masalah. Sebab, kabar baiknya, semua itu bisa dilatih dan membuat Anda menjadi lebih baik.

Lalu, bagaimana sebenarnya keterampilan sosial ini bisa menjadi bermakna, termasuk untuk pekerjaan Anda? Lalu, bagaimana Anda dapat membangun dan menjaga social fitness tersebut dengan cara yang tulus? 

Dilansir dari Stylist, Rabu (17/7/2024), para ahli sudah mempertimbangkan cara yang bisa diterapkan. Salah satunya tentu, memberikan penjelasan tentang social fitness dan coba terapkan metode 5-3-1 di dalam lingkup pekerjaan Anda.

Jadi, dibawa ini ulasan selengkapnya. Yuk, dibaca sampai tuntas!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Berkenalan dengan Social Fitness

Anda pernah mendengar tentang kesehatan fisik, kesehatan emosional, dan kesehatan mental. Sekarang, temui kesehatan sosial atau social health.

“Kesehatan sosial adalah dimensi kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan yang berasal dari koneksi dan hubungan Anda,” kata ilmuwan sosial dan penulis lulusan Harvard University, Kasley Killam, kepada Stylist. “Pikirkan social fitness sebagai praktik untuk menjadi lebih sehat secara sosial. Penelitian selama puluhan tahun telah membuktikan bahwa koneksi itu seperti olahraga: penting untuk hidup lebih lama, lebih sehat, dan bahagia,” katanya.

Dan social fitness tidak melekat dalam kepribadian Anda, karena semua itu bisa berkembang. Jadi jika Anda bukan orang yang secara alami suka bersosialisasi, Anda dapat memelihara kesehatan sosial Anda, serupa dengan jenis kesejahteraan lainnya.

3 dari 6 halaman

Alasan Hubungan Sosial Sangat Penting di Tempat Kerja

Berapa kali momen penting dalam hari Anda adalah minum kopi bersama teman kerja, menjalin ikatan dengan tim karena tenggat waktu yang ketat, atau tertawa bersama rekan kerja karena rapat?

Pada akhirnya, kita adalah makhluk sosial, dan walaupun kita senang berpikir bahwa kita tinggal di sebuah pulau (dan itu mungkin benar secara teknis), kita memerlukan hubungan yang bermakna dengan orang lain untuk bertahan hidup. Hal ini juga berlaku di tempat kerja, terutama bagi wanita yang cenderung merasa kesepian.

“Manusia secara alami terikat pada hubungan sosial dan rasa memiliki. Saat kita menghabiskan sebagian besar hidup kita untuk bekerja, sangatlah penting bagi kita untuk membangun koneksi dengan orang-orang yang bekerja bersama kita,” kata Ellie Turner Coughlin, pakar hubungan bisnis, kepada Stylist.

“Tidak dapat dihindari, hubungan di tempat kerja mempengaruhi kesehatan sosial Anda. Ada manfaatnya melihat pekerjaan Anda sebagai peluang tidak hanya untuk mendapatkan penghasilan dan tujuan, tetapi juga persahabatan dan komunitas,” tambah Killam.

Penelitian juga menunjukkan bahwa karyawan yang merasa lebih terhubung dengan rekan kerja mereka cenderung tidak berhenti bekerja dan memiliki hubungan yang kuat di tempat kerja dapat membantu Anda menghasilkan pekerjaan yang lebih berkualitas dan merasa lebih terlibat.

4 dari 6 halaman

Memahami Hambatan Terkait Koneksi di Tempat Kerja

Terlepas dari manfaat dan kebutuhan manusia akan koneksi dengan rekan kerja, di dunia yang mengutamakan digital, ada hambatan nyata yang menghalangi kita untuk membangun koneksi yang sebenarnya di tempat kerja.

“Banyak perusahaan tidak mempertimbangkan untuk memfasilitasi koneksi dan rasa memiliki di tempat kerja – mereka menjunjung sistem yang mendorong persaingan dan keterputusan. Sebagai penangkal dunia yang didominasi teknologi, kami mendambakan hubungan antarmanusia yang lebih dalam,” kata Coughlin.

Hubungan yang nyata lebih dari sekedar menyukai postingan rekan kerja Anda di media sosial atau obrolan ringan tentang akhir pekan Anda di Senin pagi – ini tentang berbagi pengalaman bermakna bersama dan merasakan rasa kebersamaan. Inti dari hubungan yang lebih dalam daripada yang dangkal adalah keaslian, dan itu berarti menaruh minat yang tulus untuk memahami diri sendiri dan orang lain.

5 dari 6 halaman

Tips Membangun Social Fitness di Tempat Kerja

Jadi, merasa siap untuk meningkatkan kesehatan sosial Anda? Dalam buku barunya, The Art And Science Of Connection, Killam merancang framework 5-3-1 untuk melenturkan kebugaran sosial Anda.

“Terinspirasi oleh penelitian tentang kebiasaan orang-orang yang berkembang, saya mengembangkan pedoman 5-3-1 untuk memberikan titik referensi bagi orang-orang dalam mengeksplorasi jumlah dan jenis koneksi yang tepat untuk mereka,” kata Killam.

Begini cara kerjanya: Terhubung dengan lima orang dalam seminggu, pertahankan setidaknya tiga hubungan dekat, dan dapatkan satu jam waktu koneksi berkualitas dalam sehari.

Kedengarannya ambisius, bahkan menakutkan bagi mereka yang pemalu dan tidak menyukai sebuah hubungan. Namun penelitian menunjukkan bahwa membangun hubungan di tempat kerja sangat penting bagi kesuksesan karier perempuan – dan mereka yang tidak berinvestasi dalam membangun hubungan akan kehilangan peluang yang berdampak pada pertumbuhan, pendapatan, dan pencapaian.

Untuk jenis latihan baru yang membantu memperkuat hubungan Anda dan meningkatkan kebugaran sosial Anda di tempat kerja dan di mana pun, metode 5-3-1 adalah titik awal yang baik.

“Penghubung dan pembangun hubungan terbaik tidak selalu adalah orang-orang ekstrovert, namun orang-orang yang meluangkan waktu untuk mendengarkan, memiliki rasa ingin tahu, dan membangun hubungan yang langgeng,” kata Coughlin. “Ini bukan tentang menjadi orang yang paling berisik atau paling ramah – ini tentang menemukan cara untuk terhubung yang terasa paling alami bagi Anda.”

6 dari 6 halaman

Cara Mempraktikkan Metode 5-3-1 di Tempat Kerja

Killam juga membagikan sarannya untuk menerapkan pedoman 5-3-1 di tempat kerja, antara lain:

  • Dapatkan waktu bertatap muka

Jadwalkan makan siang tatap muka atau coffee break virtual secara mingguan dengan rekan kerja untuk mengobrol tentang kehidupan di luar pekerjaan. Untuk tantangan tambahan, cobalah untuk bertemu seseorang yang berbeda setiap kali bertemu atau tetapkan tema pertemuan. Sebagai contoh pencapaian yang Anda banggakan atau apa yang Anda nantikan saat ini.

  • Menuliskan ucapan terima kasih

Masukkan pengingat rasa syukur mingguan di buku harian Anda untuk berterima kasih kepada kolega atau anggota tim Anda di akhir setiap minggu. Berbagi pujian dan pengakuan bermanfaat bagi penerimanya dan Anda.

  • Usahakan untuk tetap hadir

Selama panggilan tim, rapat, atau obrolan informal di kantor, jauhkan ponsel Anda dan matikan notifikasi komputer agar Anda dapat mendengarkan secara aktif, hadir, dan terhubung dengan penuh perhatian. Fokus pada pembicara dan ajukan pertanyaan untuk melibatkan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini