Sukses

Tips Biar Nggak Kegocek dan Kena Jebakan Badman Oknum yang Jadi CS Palsu

Melalui campaign #AwasJebakanBadman, dompet digital DANA pun punya tips-tips agar kamu bisa terhindar dari modus penipuan CS palsu ini. Simak yuk!

Liputan6.com, Jakarta Kasus penipuan sampai sekarang memang masih banyak terjadi. Banyak banget modus yang dilakukan oknum yang cuma mau cari untung. Salah satu modusnya yaitu mengaku jadi customer service (CS) dari perusahaan besar. 

Salah satunya yang sering terjadi adalah oknum penipu yang mengaku dari CS DANA. Biar korbannya yakin, biasanya oknum yang ngaku jadi CS itu bicara pakai bahasa profesional. Artinya, saat bicara mereka memperkenalkan diri dengan bahasa formal dan penyampaiannya profesional. Selain itu, mereka juga punya strategi lainnya yang bisa bikin kamu bingung apakah ini benar CS asli atau palsu.

Buat kamu yang nyaris kegocek atau bahkan pernah kena jebakan badman dari oknum yang ngaku jadi CS palsu, waspada sekarang! Melalui campaign #AwasJebakanBadman, dompet digital DANA pun punya tips-tips agar kamu bisa terhindar dari modus penipuan CS palsu ini. Simak yuk!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Monitor & Tetap Hati-Hati

Jika ada yang menghubungimu dan mengaku sebagai customer service DANA di WhatsApp, kamu wajib waspada! Kenapa? Soalnya kamu harus tahu kalau CS DANA tidak lagi melayani keluhan atau laporan via WhatsApp. 

Jadi, DANA hanya melayani keluhan dan aduan via DIANA, email help@dana.id, serta call center DANA 1500 445. Jadi kalau ada yang ngaku sebagai customer care DANA di WhatsApp, jangan percaya ya! 

 

3 dari 5 halaman

Selalu Konfirmasi

Langkah kedua, pastikan kamu selalu konfirmasi  di DANA Protection yang ada di aplikasi DANA. Di sini, kamu bisa cek nomor, link, atau akun sosial media palsu yang mengatasnamakan DANA.

Yup, kamu bisa ngecek, apakah yang menghubungimu itu benar customer service DANA atau bukan. Soalnya, customer service DANA nggak pernah lebih dulu menghubungimu sebagai pengguna DANA, tanpa adanya laporan. Jadi, jika ada CS DANA yang menghubungimu ada laporan, berarti dia adalah CS Palsu!

 

4 dari 5 halaman

Usahakan Lapor

Hal ketiga yang harus kamu lakukan adalah laporkan CS palsu tersebut. Kamu bisa melakukannya via DANA Protection. Kamu harus tahu kalau di DANA Protection ada tombol report yang bakal langsung mengarahkanmu ke Kominfo. Selain itu, kamu juga bisa mengirim laporan ke email help@dana.id atau call center DANA 1500 445 dan social media resmi DANA Indonesia.

Dengan mengikuti tiga langkah jitu di atas, kamu nggak cuma berhasil melindungi dirimu saja. Kamu juga melakukan pengawasan yang lebih baik karena kamu menyelamatkan pengguna DANA lain dari modus penipuan tersebut. Oh ya, jangan lupa juga untuk block dan report nomor atau social media palsu tersebut, ASAP!

5 dari 5 halaman

Tips Lainnya yang Mesti Kamu Ingat

Jika ketiga langkah jitu sebelumnya sudah dilakukan, biar lebih aman lagi dari modus CS palsu DANA, kamu bisa menjalankan dan mengingat tips-tips di bawah ini! 

Pertama, kamu nggak boleh asal klik link atau isi form dari pihak tidak jelas yang mengatasnamakan DANA. Selain itu, jangan pula download dan install aplikasi DANA dari link yang dibagikan grup WhatsApp, Telegram, dan lainnya. 

Lalu, kamu harus selalu merahasiakan PIN dan kode OTP, ingat jangan dibagikan ke siapa pun, ya! Dan yang perlu kamu ingat juga, akun resmi media sosial DANA hanya yang bercentang biru, awas jangan terkecoh! 

Nah, itulah sejumlah tips dari DANA biar kamu nggak kena jebakan badman yang ngaku-ngaku jadi CS. Yuk download aplikasi DANA sekarang!

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini