Sukses

8 Aturan Unik yang Harus Dipatuhi Atlet Selama Olimpiade Paris 2024

Berikut ini beberapa peraturan unik yang harus dipatuhi atlet selama Olimpiade Paris 2024 di Kampung Atlet

Liputan6.com, Jakarta Perkampungan Olimpiade yang ikonik kembali ke Paris satu abad setelah akomodasi atlet pertama dibangun untuk Olimpiade Musim Panas 1924. Hal ini dikarenakan Olimpiade 2024 kembali berlangsung di ibukota Prancis itu.

Saat berkompetisi melawan yang terbaik di dunia dan tinggal di lingkungan yang sama, tidak mengherankan jika peraturan dan pedoman ditegakkan untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan setiap negara pesaing.

Direktur Perkampungan Olimpiade Tim AS Daniel Smith berbicara dengan PEOPLE tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan atlet yang harus dipatuhi di perkampungan atlet tersebut.

Namun, penting untuk diketahui bahwa setiap delegasi mempunyai seperangkat pedomannya sendiri. “Ada negara lain yang memiliki aturan berbeda,” kata Smith. “Setiap delegasi mengelolanya secara berbeda,” jelasnya.

Hal yang sama berlaku untuk siapa yang diperbolehkan memasuki Perkampungan Olimpiade. Meskipun atlet diperbolehkan untuk berbaur dengan negara lain, terdapat kebijakan ketat mengenai entri non-atlet di negara tersebut.

Berikut ini beberapa aturan-aturan di Olimpiade Paris 2024 tersebut:

1. Atlet harus tinggal bersama tim negaranya

Atlet harus tinggal bersama tim yang diwakilinya. “Anda tidak bisa berbagi tempat dengan negara lain,” jelas Smith.

Untuk persiapan Olimpiade, Smith mengatakan asramanya menyerupai "sekumpulan bangunan". Jumlah kamar yang diberikan kepada suatu negara bergantung pada "jumlah delegasi", jelasnya.

“Ada zona pemukiman berbeda di Perkampungan Olimpiade,” jelasnya. "Mereka menyebutnya warisan. Ini dibangun dan akan diberikan kepada masyarakat atau dijual kepada masyarakat setelah pertandingan, jadi itu adalah bangunan apartemen yang pada akhirnya akan menjadi menara tersendiri."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Keluarga dan teman tidak diperbolehkan berada di Perkampungan Atlet

Meskipun setiap delegasi mengatur cara masuk ke Perkampungan Atlet secara berbeda, Smith menjelaskan bahwa Tim AS hanya mengizinkan atlet dan staf terpilih masuk ke dalam tempat tinggalnya.

Artinya, keluarga dan teman para atlet tidak diperbolehkan masuk ke dalam Olympic Village. Namun, jika para atlet ingin terhubung dengan keluarga dan teman-temannya, mereka diperbolehkan – hanya saja tidak di Perkampungan Atlet.

3. Atlet menyusui diperbolehkan membawa bayinya ke Perkampungan Atlet

Ada “satu pengecualian” terhadap pembatasan akses keluarga dan teman di Desa Olimpiade, catatan Smith. Artinya, atlet yang berstatus ibu menyusui diperbolehkan membawa bayinya.

“Ada tempat penitipan anak khusus yang dikelola oleh P&G dan mereka memiliki waktu khusus di mana mereka boleh masuk dan menyusui,” jelasnya.

“Sangat membantu bagi orang tua dan bayi untuk dapat menghabiskan waktu bersama, terutama pada momen penting dalam kehidupan olahraga seorang atlet,” kata Ketua Komisi Atlet IOC Emma Terho dalam sebuah pernyataan.

 

3 dari 5 halaman

4. Atlet diperbolehkan berhubungan seks di Olympic Village

Olimpiade Tokyo 2020 menjadi berita utama ketika larangan seks diberlakukan di Perkampungan Atlet, sebagian karena pandemi COVID-19 yang memberlakukan jarak sosial. Tahun ini, larangan tersebut telah dicabut

Faktanya, Smith membenarkan bahwa sekitar 600.000 kondom telah didistribusikan ke Kampung Atlet di Paris. “Dan kemasannya cukup spektakuler!” dia berkata.

"Mereka memiliki kemasan yang sangat unik," tambahnya. “Mereka didistribusikan dan kami menyimpannya di pusat sumber daya atlet kami, yang merupakan ruang yang hanya diperuntukkan bagi para atlet – dan tentu saja, mereka dapat mengambilnya sesuai kebutuhan.”

Pada kemasan kondom terdapat maskot Olimpiade Paris – Olympic Phryge – yang berbentuk topi kerucut berwarna merah lembut atau topi Frigia yang merupakan simbol kebebasan. Di media sosial, beberapa atlet membagikan kondom yang mereka temukan di tas hadiah perlengkapan mandi saat mereka memasuki kamar tidur.

5. Hewan peliharaan tidak diperbolehkan berada di Kampung Atlet

Maaf, hewan peliharaan tidak diperbolehkan. "Kami mencoba," kata Smith. “Sayangnya hal itu tidak mungkin terjadi – dan ini bukan karena peraturan Paris 2024, melainkan karena peraturan pemerintah Prancis seputar sertifikasi anjing terapi.”

“Sederhananya, hewan peliharaan tidak diperbolehkan,” jelasnya.

 

4 dari 5 halaman

6. Setiap tim olahraga menentukan teman sekamar atlet

Mengenai teman sekamar di Perkampungan Atlet, Smith mengatakan "Olahragalah yang mengambil keputusan itu." Jumlah orang dalam satu ruangan tergantung pada besar kecilnya tim.

Smith memberikan contoh: "Mereka memiliki 16 atlet di tim hoki lapangan. Jadi kita akan berkata, 'Oke, Anda punya empat apartemen. Setiap apartemen memiliki jumlah tempat tidur X. Ada dua orang dalam satu kamar.'"

Kemudian, Smith mengatakan tim akan "memutuskan dengan siapa mereka ingin sekamar" setelah alokasi mereka diberikan. “Kami akan memberi tahu mereka berapa banyak tempat tidur yang mereka miliki, berapa banyak apartemen, dan berapa kamar di setiap apartemen,” jelasnya.

7. Atlet yang masih di bawah umur harus sekamar dengan anak di bawah umur

Tidak semua atlet yang lolos ke Olimpiade memiliki usia yang sah, termasuk atlet senam fenomenal Tim AS berusia 16 tahun Hezly Rivera dan bintang renang berusia 17 tahun Alex Shackell.

Smith mengatakan USOPC memiliki "pedoman yang sangat ketat" mengenai siapa yang boleh sekamar dengan atlet di bawah umur, dan mencatat bahwa mereka "benar-benar berusaha untuk membiarkan anak di bawah umur berada di ruangan yang berisi anak di bawah umur."

Dia menambahkan, "Jadi kami tidak mencampurkan orang-orang yang berusia di bawah 18 tahun dengan orang-orang yang berusia di atas 18 tahun, kecuali untuk keadaan yang sangat spesifik."

 

5 dari 5 halaman

8. Atlet diperbolehkan menyesuaikan kasurnya

Selama Olimpiade Tokyo 2020, tempat tidur karton yang terkenal di Kampung Atlet menjadi berita utama dan kembali lagi untuk Olimpiade 2024, dengan Smith mengakui "tempat tidur ini sekeras batu."

"Mereka sangat kaku," tambahnya. "Mereka benar-benar terbuat dari karton yang disatukan. Mereka seperti tiga lembar karton... mereka dipisahkan menjadi beberapa bagian yang berbeda. Banyak dari kita yang memiliki tambahan tempat tidur yang juga terbuat dari karton."

Sedangkan untuk kasurnya? Smith mengatakan mereka juga "cukup kaku". Namun, para atlet – yang mungkin membutuhkan tidur terbaik menjelang kompetisi terbesar dalam hidup mereka – dapat menyesuaikan kasur mereka agar sesuai dengan preferensi pribadi mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.