Sukses

1 Bahan Ini Bisa Bikin Tempe Mendoan Renyah Tanpa Minyak Berlebih, Begini Resepnya

Tempe mendoan renyah tanpa minyak berlebih dengan tepung ketan putih. Simak resepnya!

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang bisa menolak kelezatan hidangan gorengan, terutama tempe mendoan? Tempe mendoan yang renyah dan gurih tidak hanya lezat dimakan langsung, tetapi juga sempurna sebagai lauk pendamping nasi putih. Namun, seringkali tempe mendoan yang digoreng dengan tepung terigu menjadi lembek dan menyerap banyak minyak.

Untuk mengatasi masalah ini, Desy Ayu Channel di YouTube memberikan solusi yang menarik. Dalam video tutorialnya, Desy menunjukkan cara membuat tempe mendoan yang super renyah dengan menggunakan tepung ketan putih sebagai pengganti tepung terigu. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk mendapatkan tempe mendoan yang garing dan tidak berminyak:

Berikut trik yang diambil dari Briliofood.net, Rabu (31/07/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 15 halaman

Persiapan Adonan

Dalam sebuah wadah, aduk rata 7 sendok makan tepung ketan putih bersama dengan 1 butir telur ayam. Tambahkan 1 sendok teh lada putih bubuk, 1/2 sendok teh kaldu bubuk, garam secukupnya, 1/2 sendok teh jinten bubuk, dan 1 sendok teh ketumbar bubuk. Campur hingga semua bahan menyatu dengan sempurna.

3 dari 15 halaman

Tambahkan Air dan Daun Bawang

Tambahkan 100 ml air ke dalam campuran tersebut. Untuk memperkaya rasa dan tampilan, masukkan irisan dari 3 batang daun bawang. Aduk hingga semua bahan tercampur dengan sempurna.

4 dari 15 halaman

Celupkan Tempe

Potongan tempe dicelupkan ke dalam adonan tepung hingga seluruh permukaannya tertutup sempurna.

5 dari 15 halaman

Penggorengan

Panaskan minyak goreng dalam wajan hingga cukup panas. Masukkan tempe yang telah dilapisi adonan tepung ke dalam minyak panas. Goreng sampai bagian bawah tempe terlihat kering dan berwarna keemasan, lalu balikkan tempe agar matang secara merata. Pastikan menggunakan api sedang untuk mencegah tempe menjadi gosong.

6 dari 15 halaman

Tiriskan Minyak

Begitu tempe mendoan telah berubah menjadi kecoklatan dan renyah, angkatlah menggunakan saringan dan biarkan sejenak agar minyak berlebih dapat tiris. Kini, tempe mendoan siap disajikan di atas piring. Menggunakan tepung ketan putih, tempe mendoan akan memiliki tekstur yang renyah di luar namun tetap tidak berminyak.

7 dari 15 halaman

Sambal yang Cocok untuk Tempe Mendoan

Untuk menyempurnakan tempe mendoan, sambal yang cocok adalah sambal kecap atau sambal terasi. Berikut ini dua pilihan sambal yang bisa dipilih:

8 dari 15 halaman

Sambal Kecap

Bahan-Bahan: Kecap manis, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, tomat, garam, dan gula.

Langkah-Langkah Pembuatan: 1. Haluskan cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan tomat dengan cara dicincang. 2. Campurkan semua bahan yang telah dihaluskan dengan kecap manis. 3. Tambahkan garam dan gula sesuai dengan selera Anda. 4. Aduk semua bahan hingga merata. Selamat mencoba!

9 dari 15 halaman

Sambal Terasi

Bahan: Cabai merah, cabai rawit, terasi, bawang merah, bawang putih, tomat, gula, dan garam

Cara Membuat: Goreng cabai, bawang merah, bawang putih, dan terasi hingga matang. Haluskan semua bahan bersama tomat, lalu tambahkan gula dan garam. Aduk rata dan sajikan.

10 dari 15 halaman

Pertanyaan Netizen Seputar Tempe

11 dari 15 halaman

Kenapa mendoan lembek?

Tempe mendoan memiliki tekstur yang cenderung lembek. Walau begitu, goreng tempe mendoan dengan suhu minyak sedang hingga tinggi. Pasalnya, kalau tempe digoreng dalam minyak yang tidak terlalu panas, hasilnya bisa berminyak.

12 dari 15 halaman

Mengapa tempe mendoan digoreng setengah matang?

Berarti, mendoan berasal dari hasil gorengan setengah matang. Istilah mendoan juga berlaku untuk makanan lain, seperti tahu mendoan. Mengapa tempe mendoan digoreng setengah matang karena dahulu camilan ini masuk kategori olahan cepat saji. Mempersingkat waktu pembuatan dipandang efektif sehingga makanan cepat matang.

13 dari 15 halaman

Apa singkatan mendoan?

Aslinya, mendoan adalah tempe goreng tepung setengah matang (half done). Namanya aja mendoan, yang dalam dialek ngapak Banyumasan akronim itu merupakan singkatan dari mendo-mendo dipangan, yang kurang lebih artinya 'masih belum matang, sudah dimakan'.

14 dari 15 halaman

Apakah tempe bagus di kulkas?

Menyimpan tempe ternyata tidak disarankan di dalam freezer karena membuat warnanya berubah menghitam dan agak busuk. Tempe lebih baik disimpan dalam chiller, yakni tempat untuk mendinginkan bahan makanan tanpa membekukannya. Dengan menyimpan tempe di dalam chiller, maka bisa bertahan selama tiga hari.

15 dari 15 halaman

Apakah tempe yang sudah kuning boleh dimakan?

Tempe yang sudah kecokelatan atau hitam itu karena kedelainya sudah ada proses pembusukkan pada tempe,” terang Anna. Sehingga jika tempenya masih berwarna kuning dan jamurnya berwarna putih, maka bisa dikonsumsi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.