Sukses

Kolaborasi Kemenparekraf dan 184 Brand untuk Majukan Pariwisata

Forum ini merupakan bagian dari program Co-Branding Wonderful Indonesia yang diluncurkan pada 2017, dengan 184 brand telah bergabung sebagai mitra.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengadakan Wonderful Indonesia Co-Branding Forum (WICF) II 2024 di Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta. Acara ini bertujuan memperkuat kerja sama dengan 130 brand dalam mendukung pertumbuhan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Forum ini merupakan bagian dari program Co-Branding Wonderful Indonesia yang diluncurkan pada 2017, dengan 184 brand telah bergabung sebagai mitra. Sebanyak 25 brand baru menandatangani MoU dan PKS pada acara tersebut.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, memberikan apresiasi kepada para mitra atas kontribusinya. "Co-branding ini adalah program flagship Wonderful Indonesia yang terus berkembang sejak 2017," ujar Sandiaga.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga berinteraksi langsung dengan para mitra, seperti Blue Bird, yang menyatakan telah mengalami peningkatan eksposur berkat kemitraan ini. "Blue Bird telah menjadi bagian dari mitra co-branding sejak 2018, dan kami merasa mendapatkan manfaat besar," kata Adrianto Djokosoetono, perwakilan Blue Bird.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Meluncurkan e-Magazine

WICF juga meluncurkan e-Magazine berisi profil mitra dan upaya keberlanjutan yang telah dilakukan. Program ini memberikan ruang bagi para mitra untuk mengeksplorasi kolaborasi baru dan bertukar ide kreatif melalui sesi pitching.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Ni Made Ayu Marthini, menegaskan manfaat besar dari kemitraan ini. "Kolaborasi ini menambah nilai, kredibilitas, dan reliabilitas produk mitra kami," ungkap Ni Made Ayu.

Kegiatan bersama yang telah sukses diselenggarakan termasuk program Belanja Ekstra Murah saat Lebaran dan Travel Responsibly selama liburan sekolah. Ke depan, ada rencana untuk aktivasi program Kemerdekaan, MotoGP, dan 11.11.

 

3 dari 3 halaman

Pemberian penghargaan

Para mitra seperti Grab dan Tiket.com, yang memenangkan penghargaan Wonderful Indonesia Co-Branding Awards (WICA) 2023, juga mengaku mendapat banyak manfaat dari kolaborasi ini. "Kami merasa bangga bisa menjadi bagian dari program-program Kemenparekraf," ujar Arryo Harman dari Grab Indonesia.

Yosi Marhayati dari Tiket.com dan Ilham Pinastiko dari Pala Nusantara juga menekankan pentingnya kemitraan ini bagi peningkatan bisnis mereka. "Kami merasa Kemenparekraf berlaku adil kepada setiap mitra, baik brand besar maupun usaha mikro," tambah Ilham.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini