Sukses

Apa Itu DSD, Kondisi yang Dialami Imane Khelif, Petinju Wanita Aljazair yang Picu Kontroversi

Imane Khelif menimbulkan kontroversi karena memiliki hormon testosteron yang tinggi di tubuh wanitanya

Liputan6.com, Jakarta Perbedaan perkembangan jenis kelamin atau Differences in sex development (DSD) telah menjadi titik utama kontroversi di Olimpiade tahun ini setelah petinju Aljazair yang terlihat 'laki-laki biologis' Imane Khelif mengalahkan lawannya dalam pertandingan tinju wanita.

Khelif dilarang mengikuti turnamen wanita sebelumnya setelah gagal dalam 'gender assessment' tetapi secara kontroversial diberi lampu hijau untuk bertanding di pertandingan tahun ini.

Dan saat berhadapan dengan Angela Carini dari Italia, Imane Khelif menang setelah hanya dua pukulan dengan lawannya berteriak 'ini tidak adil' saat pertandingan dihentikan.

Khelif belum mengomentari masalah tersebut tetapi spekulasi beredar bahwa ia menderita DSD, kondisi langka yang hanya memengaruhi antara 0,05 dan 1 persen dari populasi.

Disebut juga kondisi 'interseks', DSD dapat menyebabkan individu yang tampak seperti perempuan memiliki kromosom atau anatomi laki-laki.

DSD adalah istilah umum untuk kondisi individu berusia 40 tahun ke atas yang berkembang di dalam rahim.

Misalnya, seseorang dapat dilahirkan dengan alat kelamin perempuan tetapi memiliki kombinasi kromosom XY yang khas untuk laki-laki serta testis internal yang tersembunyi.

Kondisi ini dapat memberi orang kombinasi kromosom dan organ reproduksi yang tidak biasa, yang dalam konteks olahraga dapat meningkatkan kinerja mereka.

Misalnya, seorang atlet mungkin dilahirkan dengan anatomi perempuan tetapi memiliki DSD yang meningkatkan kadar testosteronnya, hormon yang penting untuk membangun otot dan kekuatan.

Sementara banyak DSD yang terlihat saat lahir, beberapa hanya diketahui saat pubertas atau sebagai hasil dari operasi medis, tes, dan bahkan otopsi.

Dalam beberapa kasus, atlet baru mengetahui bahwa mereka memiliki DSD selama tes medis pra-kompetisi, yang menyebabkan mereka didiskualifikasi dan mengakhiri impian mereka untuk mewakili negara mereka.

Salah satu contoh DSD paling terkenal dalam olahraga adalah pelari Afrika Selatan Caster Semenya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kasus Caster Semenya

Sebagai peraih medali emas Olimpiade, Semenya memiliki DSD yang disebut defisiensi 5-alfa-reduktase, yang berarti ia memiliki kromosom XY pria dan menghasilkan kadar testosteron yang lebih tinggi daripada wanita normal.

DSD ini dapat terjadi pada orang dengan anatomi reproduksi dan genitalia wanita seperti dalam kasus Semenya.

Sebelumnya, ia telah merinci bagaimana ia memiliki testis pria, tetapi internal, dan tidak memiliki rahim tetapi memiliki vagina.

Semenya, yang mendominasi ajang lari wanita antara tahun 2009 dan 2019, mengetahui pada saat yang sama dengan seluruh dunia bahwa ia memiliki DSD.

Secara kontroversial, ia dipaksa mengonsumsi obat-obatan seperti pil kontrasepsi untuk menurunkan testosteronnya agar sesuai dengan aturan baru yang membatasi kadar hormon tersebut dalam ajang wanita.

Semenya sebelumnya telah menceritakan bagaimana hal ini memberinya 'serangan panik', menyebabkan stres berat, dan membuatnya 'ingin muntah setiap hari'.

Subjek DSD-nya, dan apakah dia didiskriminasi oleh badan-badan olahraga, telah menjadi subjek pertempuran hukum yang panjang.

Dan dia bukan satu-satunya atlet yang terjebak dalam badai tersebut.

 

3 dari 5 halaman

Kasus-kasus DSD lainnya

Rekan pelari Francine Niyonsaba dari Burundi, Margaret Nyairera Wambui dari Kenya, dan Christine Mboma dan Beatrice Masilingi dari Namibia juga telah dinyatakan tidak memenuhi syarat untuk berkompetisi dalam kompetisi karena DSD.

Sementara kebanyakan orang dengan DSD hidup normal dan sehat, beberapa kondisi dapat menjadi parah dan memerlukan perawatan medis yang rumit.

Sementara beberapa DSD dapat terjadi dalam keluarga, dalam kebanyakan kasus apa yang memicunya terjadi selama perkembangan di dalam rahim tidak diketahui.

Di seluruh dunia, hingga 1,7 persen orang memiliki ciri interseks, demikian menurut Kantor Komisaris Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Hak Asasi Manusia.

Secara historis, orang-orang dengan DSD terkadang mengalami perawatan medis yang mengejutkan dan masih mengalaminya di beberapa bagian dunia.

Misalnya, apa yang disebut 'operasi korektif' terkadang digunakan untuk 'memperbaiki' alat kelamin bayi agar lebih cocok dengan satu jenis kelamin, tanpa kebutuhan medis.

Misalnya, bayi laki-laki yang lahir tanpa penis, DSD yang disebut aphallia, terkadang mengalami 'operasi feminisasi' untuk membuat vagina buatan.

Namun, operasi semacam itu hanya memperhitungkan penampilan alat kelamin dan bukan bagaimana tubuh seseorang sebenarnya terbentuk.

Dalam contoh di atas, hal ini mengakibatkan orang-orang yang dibesarkan sebagai anak perempuan hanya tumbuh rambut wajah dan suara yang lebih dalam saat pubertas laki-laki mereka dimulai yang dapat menyebabkan mereka sangat tertekan.

 

4 dari 5 halaman

Kritik terhadap pendekatan korektif

Lembaga amal DSD juga mengkritik pendekatan 'korektif' ini karena biasanya didorong oleh ekspektasi masyarakat tentang seperti apa seharusnya penampilan seseorang, bukan manfaat medis apa pun bagi pasien.

Subjek DSD, dan potensi keuntungan yang mungkin dimiliki wanita dengan kondisi ini, telah menjadi subjek kontroversi di Olimpiade tahun ini.

Di tengah badai ini adalah Khelif yang sebelumnya dilarang mengikuti ajang kompetisi internasional wanita setelah tes dilaporkan menemukan bahwa ia memiliki 'kromosom seks pria' yang menyebabkan komentar bahwa ia adalah 'pria biologis'.

Saat itu, presiden Asosiasi Tinju Internasional, Umar Kremlev, mengklaim bahwa tes tersebut telah membuktikan bahwa Khelif 'memiliki kromosom XY', yang merupakan indikator seseorang adalah pria.

Ia menambahkan bahwa mereka 'menemukan atlet yang mencoba menipu rekan-rekan mereka dan berpura-pura menjadi wanita'.

Namun, dan menimbulkan kontroversi besar, ia diizinkan untuk mengikuti pertandingan di Paris.

Dalam pertandingan yang mengejutkan hari ini melawan Carini dari Italia yang hanya berlangsung selama 46 detik, Khelif mendominasi dengan pertarungan yang dibatalkan setelah ia melancarkan dua pukulan kuat.

Ilmuwan olahraga telah memberi tahu MailOnline bahwa mengadu 'pria biologis' melawan lawan wanita sama saja dengan mengadu petarung seberat 90 kg melawan pesaing seberat 60 kg.

 

5 dari 5 halaman

Komite Olimpiade Aljazair pasang badan terhadap Imane Khelif

Khelif belum mengomentari spekulasi tentang riwayat medisnya, tetapi sebelumnya telah mengatakan kepada media Aljazair bahwa ia memiliki kadar hormon testosteron yang tinggi sejak lahir.

Namun menjelang pertandingan, Komite Olimpiade Aljazair (COA) mengutuk apa yang mereka sebut sebagai serangan 'tidak berdasar' terhadap Khelif.

'COA mengutuk keras penargetan dan pencemaran nama baik yang tidak etis terhadap atlet kami yang terhormat, Imane Khelif, dengan propaganda tidak berdasar dari beberapa media asing,' kata mereka.

'Serangan seperti itu terhadap kepribadian dan martabatnya sangat tidak adil, terutama saat ia mempersiapkan diri untuk puncak kariernya di Olimpiade. COA telah mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk melindungi juara kami.'

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.