Sukses

Dokter Ungkap Ini yang Terjadi Jika Anda Sering Menahan BAB

Membiasakan diri menahan BAB terus-menerus dapat merusak usus Anda dan, dalam kasus yang lebih parah, menyebabkan wasir yang menyakitkan dan hubungan psikologis yang negatif dengan BAB.

Liputan6.com, Jakarta Saat Anda ingin BAB, ya harus BAB! Tentu saja, dalam beberapa kasus, tidak apa-apa untuk mengabaikan keinginan "BAB" untuk sementara waktu jika itu berarti Anda bisa pergi ke kamar mandi di rumah Anda sendiri, bukan di toilet umum. 

Atau mungkin Anda menunggu saat yang tepat untuk pamit dari rapat atau makan sambil duduk untuk menggunakan kamar mandi. Itu juga umum dan dapat diterima. 

Namun, membiasakan diri menahan BAB terus-menerus dapat merusak usus Anda dan, dalam kasus yang lebih parah, menyebabkan wasir yang menyakitkan dan hubungan psikologis yang negatif dengan BAB.

Apa yang terjadi jika Anda menahan BAB terlalu lama? Dokter naturopati Janine Bowring, ND, menjawab pertanyaan itu dalam salah satu dari banyak video TikToknya yang viral, di mana ia menjelaskan efek yang berpotensi berbahaya dari penolakan proses alami tubuh Anda, beserta konsekuensi jangka panjang yang datang dengan jadwal BAB yang tidak teratur.

"Saat Anda ingin buang air besar, itu karena sfingter atas telah rileks untuk membiarkan tinja mengalir keluar," jelas Bowring dalam klip tersebut.

"Beruntungnya, kita memiliki sfingter sekunder yang lebih dapat kita kendalikan secara sukarela. Itulah yang dapat kita biarkan terlepas saat kita harus buang air besar, atau Anda akan terus-menerus buang air besar," lanjutnya.

Salah satu konsekuensi paling umum dari menahan buang air besar adalah sembelit. Menurut Bowring, ini adalah sesuatu yang dapat terjadi secara bertahap seiring waktu karena semakin lama tinja terperangkap di usus, "semakin banyak air yang ditarik dan membuat tinja menjadi lebih keras."

Kotoran yang mengeras ini dapat menyerupai sesuatu yang disebut Bowring sebagai "kotoran bakso" atau bahkan "kotoran pelet kelinci." Kotoran yang berbentuk seperti kelereng atau "berbentuk panjang tetapi menggumpal" merupakan tanda sembelit, menurut Healthline.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Feses yang dapat menyebabkan wasir

Di sisi lain, feses yang sehat seharusnya berbentuk seperti batang kayu dengan beberapa retakan di permukaannya, lembut, dan mudah dikeluarkan. Healthline menganggap feses seperti ini sebagai "standar emas feses."

Namun, jika fesesnya tidak normal, feses berbentuk pelet dapat menyebabkan wasir. "Anda juga dapat mengalami wasir karena mengejan saat mencoba mengeluarkan feses jenis ini," Bowring memperingatkan.

Wasir adalah "pembengkakan pembuluh darah di anus dan rektum bawah" yang dapat menyebabkan "perdarahan tanpa rasa sakit" saat buang air besar, jelas Mayo Clinic. Cara mudah untuk mengetahui apakah Anda menderita wasir adalah dengan mencari bercak darah di toilet.

Dan jika Anda memang menderita wasir, Anda mungkin juga akan mengalami asosiasi negatif dengan feses secara umum. "Asosiasi negatif ini dapat mengganggu sinkronisasi dan ritme proses alami tubuh Anda," Bowring menjelaskan lebih lanjut dalam keterangannya. Dengan kata lain, Anda akan merasa ingin buang air besar lebih jarang, yang juga tidak sehat.

 

3 dari 4 halaman

Pentingnya segera menuntaskan BAB

Untuk mengatasinya, Bowring menyarankan agar "kapan pun Anda merasa ingin buang air besar, Anda harus buang air besar"—bahkan jika itu berarti harus menggunakan toilet umum.

Kedua, Bowring menyarankan agar Anda memulai pagi dengan banyak sinar matahari alami. "Itu membantu melatih otak dan ritme sirkadian Anda dengan alam untuk merangsang buang air besar yang sehat setiap hari," jelasnya.

Jadwal buang air besar yang sehat sangat penting untuk kesehatan usus dan mencegah zat yang tidak diinginkan tertinggal di dalam tubuh, selain itu juga mencegah sembelit.

4 dari 4 halaman

Gara-Gara Berat Badan Berlebih 100 Gram, Pegulat India Didiskualifikasi dari Olimpiade 2024

Pegulat India, Vinesh Phogat, hampir saja meraih kemenangan di Olimpiade Paris 2024, tetapi kini telah didiskualifikasi sepenuhnya dari kompetisi. Vinesh, yang berkompetisi dalam kategori gulat gaya bebas 50 kg, keluar dari kompetisi karena berat badannya melebihi batas untuk cabang olahraganya. 

Vinesh biasanya berkompetisi dalam kategori 53 kg, tetapi menurunkan berat badannya menjadi 50 kg untuk Olimpiade Paris. Namun, pada hari ke-2 penimbangannya, berat badan Vinesh ditemukan melebihi batas yang diinginkan, meskipun hanya selisih sedikit sekitar 100 gram. Banding telah diajukan oleh Asosiasi Olimpiade India terkait masalah ini.

Menurut Sports NDTV, Vinesh dilaporkan berusaha semampunya untuk mencapai berat badan yang diinginkan, baik dengan melewatkan makan atau berlari. Dia tidak tidur sepanjang malam, berharap agar berat badannya turun di bawah kategori tersebut. Pejabat India juga meminta waktu tambahan kepada komite Olimpiade, tetapi usaha tersebut sia-sia.

Sebelumnya, Vinesh telah menorehkan sejarah dengan menjadi wanita India pertama yang mencapai final cabang gulat di Olimpiade. Namun, takdir berkata lain untuknya. Pelatih India mengungkapkan bahwa Vinesh ditemukan kelebihan berat badan hanya 100 gram pada Rabu pagi. Meskipun selisihnya kecil, aturan tidak mengizinkan pengecualian.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.