Sukses

7 Tips Menjadi Alpha Woman, Perempuan yang Mandiri dan Berpengaruh

Ingin menjadi perempuan dengan karakteristik yang kuat? Kamu mungkin butuh tips menjadi alpha woman!

Liputan6.com, Jakarta - Alpha woman, sebuah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan perempuan yang memiliki karakteristik kuat, mandiri dan memiliki pengaruh signifikan dalam lingkungannya. Perempuan alpha sering diasosiasikan dengan kualitas kepemimpinan, ambisi dan kepercayaan diri yang tinggi.

Menurut Urban Dictionary, alpha woman adalah seorang perempuan yang dominan dalam suatu kelompok. Mereka dominan karena cerdas secara intelektual dan dikenal sebagai pemecah masalah. Sementara itu, dalam konteks psikologi sosial, alpha sering dikaitkan dengan individu yang memiliki status tinggi dalam hierarki sosial.

Tentunya karakter seorang alpha woman tidak datang begitu saja. Henry Manampiring atau yang lebih akrab disapa “Om Piring,” membagikan tips menjadi alpha woman dalam bukunya yang berjudul Alpha Girl’s Guide.

Buku ini terbit pada 2015, dan sangat laku di pasaran hingga dicetak kembali pada tahun 2016, 2020, dan 2022. Berikut adalah tips menjadi alpha woman menurut  Henry Manampiring : 

1. Kembangkan Mindset yang Kuat

Seorang alpha woman memiliki keyakinan yang kuat pada kemampuan dirinya. Keyakinan ini terbentuk dari pengalaman dan keberhasilan yang terus diasah. Untuk mencapai hal ini, Anda harus membiasakan diri untuk berpikir positif, berani menghadapi tantangan, dan percaya diri dalam memvisualisasikan kesuksesan Anda.

2. Tingkatkan Keterampilan

Seorang alpha woman tidak pernah berhenti belajar. Mereka selalu mencari cara untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka. Anda dapat meningkatkan keterampilan dengan mengikuti kursus atau workshop bidang yang Anda sukai, memperbanyak membaca buku dan artikel, atau mencari mentor yang dapat memberikan Anda nasihat dan bimbingan 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Bangun Jaringan

Jaringan yang luas adalah aset berharga bagi seorang alpha woman. Jaringan tidak hanya membantu Anda mendapatkan informasi terbaru, tetapi juga membuka peluang baru untuk berkembang.

Ada berbagai cara dalam membangun jaringan, di antaranya aktif dalam menghadiri acara networking, memanfaatkan media sosial seperti Instagram atau LinkedIn, dan memelihara hubungan yang baik dalam jaringan tersebut.

4. Kelola Keuangan dengan Bijak

Kemandirian finansial adalah salah satu ciri khas seorang alpha woman. Dengan mengelola keuangan dengan baik, Anda akan merasa lebih percaya diri dan bebas dalam mengambil keputusan.

Pengelolaan keuangan dapat dilakukan dengan membuat anggaran pengeluaran dan pemasukan, menginvestasikan uang, dan menghindari hutang.

3 dari 4 halaman

5. Jaga Kesehatan

Kesehatan menjadi modal serta fondasi untuk mencapai kesuksesan. Dengan menjaga kesehatan fisik dan mental, Anda akan memiliki lebih banyak energi dan fokus dalam mencapai tujuan Anda.

Usaha untuk menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan berolahraga secara teratur, mengonsumsi makanan sehat, beristirahat yang cukup, dan mengelola stres.

6. Jadilah Pemimpin

Seorang alpha woman memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat. Mereka tidak takut untuk mengambil inisiatif dan memimpin tim. Meskipun terkesan menyeramkan, Anda harus berani untuk mengambil tanggung jawab dalam memimpin.

Hal ini bisa dimulai dengan memimpin diri sendiri atau memimpin kelompok kecil. Kemudian kembangkan kemampuan leadership Anda dengan memotivasi orang lain dan memberikan umpan balik yang konstruktif.

4 dari 4 halaman

7. Berikan Kontribusi

Henry dalam bukunya menjelaskan bahwa seorang alpha woman tidak hanya fokus pada kesuksesan pribadi, tetapi juga peduli pada lingkungan sekitar.

Kepedulian itu bisa ditunjukkan dengan memaksimalkan potensi dan kemampuan pada tugas dan tanggung jawab Anda. Jika ingin berkontribusi lebih jauh, Anda dapat mengikuti acara volunteer

Seperti kata pepatah, 'Di balik setiap wanita sukses, ada dirinya sendiri yang kuat.' Menjadi alpha woman merupakan sebuah perjalanan untuk menemukan kekuatan dalam diri Anda dan menggunakannya untuk menciptakan kehidupan yang berarti. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.