Sukses

5 Tanda Anda Mengalami Compassion Fatigue, Jangan Salah Artikan dengan Burnout

Compassion fatigue sering kali disalahartikan sebagai burnout. Apa perbedaan keduanya?

Liputan6.com, Jakarta - Bekerja lima hari dalam seminggu belum lagi harus tetap bisa dihubungi saat tengah cuti hingga di akhir pekan, sering Anda alami dan hal-hal tersebut seperti menjadi hal yang lumrah dalam kehidupan kita saat ini. Maka tidak heran, Anda rentan mengalami burnout sampai stres yang berkepanjangan. Selain itu, hal tersebut bisa mempengaruhi kesehatan mental sehari-hari.

Namun, pernahkah Anda mendengar tentang compassion fatigue yang mungkin tanpa sadar Anda mengalaminya juga? Sekilas ciri-cirinya mirip dengan burnout, tapi sebenarnya keduanya tidak sama dan sering kali disalahpahami.

Dilansir dari Cosmopolitan, Kamis (8/8/2024), kami akan menjelaskan tentang compassion fatigue dan apa yang membedakannya dari hal-hal lain yang membuat kita merasa benar-benar lelah, layaknya mengalami burnout. Ini dia uraian selengkapnya yang bisa Anda baca!

Apa Itu Compassion Fatigue?

"Compassion fatigue mengacu pada dampak emosional, fisik, dan psikologis dari membantu orang lain yang biasanya mengalami stres atau trauma ekstrem," jelas anggota terdaftar British Association for Counselling & Psychotherapy (BACP), konselor Lisa Spitz. Ia juga menambahkan bahwa compassion fatigue merupakan sebuah istilah klinis.

Hal ini juga terkadang disebut sebagai "biaya perawatan", dan merupakan sesuatu yang mungkin dialami oleh mereka yang bekerja di bidang medis, kesehatan mental, atau perawatan yang berhubungan dengan banyak orang.

Perbedaan Compassion Fatigue dengan Burnout

"Compassion fatigue sering kali disalahartikan sebagai kelelahan karena burnout," kata Spitz, menjelaskan bahwa kedua istilah tersebut dapat melibatkan kelelahan mental, fisik, dan emosional. "Perbedaannya hanya ditemukan pada asal muasalnya – compassion fatigue cenderung muncul dari penanganan korban trauma, sedangkan kelelahan karena burnout karena stres pekerjaan dan terlalu banyak bekerja."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Siapa yang Terpengaruh oleh Compassion Fatigue?

Jadi, mengingat kelelahan ini memengaruhi mereka yang membantu orang lain melalui hal-hal seperti trauma, masuk akal jika beberapa profesi lebih rentan terhadap compassion fatigue daripada yang lain.

"Kelelahan ini terjadi pada pengacara, staf medis, profesional psikologis, dan pengasuh yang secara teratur ditempatkan dalam situasi yang sangat menegangkan," kata Spitz.

"Konselor dan psikoterapis, misalnya, berisiko karena kami mendengarkan orang-orang yang ingin bunuh diri, depresi, memiliki berbagai macam trauma, atau sedang berjuang melawan kesedihan dan kehilangan. Beban kasus kami bisa sangat berat dan, dalam skenario NHS atau biaya rendah, mungkin ada kekurangan dana dan perawatan yang tersedia."

Namun, bagaimana dengan kita semua, yang dihadapkan pada tantangan sehari-hari yang muncul dalam kehidupan di masyarakat pascapandemi, sembari berjuang menghadapi krisis biaya hidup – dapatkah kita juga menderita compassion fatigue? Karena, tentu saja, kita semua memiliki kapasitas yang lebih sedikit untuk mengatasi masalah orang lain, sementara kita memiliki cukup banyak masalah kita sendiri?

"Secara pribadi, meskipun kita mungkin memiliki lebih sedikit empati dan kita dapat mengakui bahwa kita khawatir tentang diri kita sendiri dan menjadi kurang toleran, ini tidak sama [dengan mengalami compassion fatigue] dan kita harus berhati-hati dalam mengadopsi istilah yang bersifat klinis, sementara tidak memahami apa sebenarnya artinya," catat Spitz.

 

3 dari 4 halaman

Gejala Compassion Fatigue

Jadi, apa saja tanda-tanda yang perlu diwaspadai?

"Compassion fatigue terjadi ketika pemicu dan tekanan pekerjaan memengaruhi pikiran, suasana hati, dan kesejahteraan Anda sehari-hari. Wajar jika Anda terpengaruh oleh pekerjaan sebagai pengasuh, tetapi compassion fatigue terjadi ketika perasaan tersebut sangat membebani dan kemampuan Anda untuk melakukan pekerjaan atau aktivitas sehari-hari terhambat," jelas Spitz.

Menurut keahliannya, tanda-tandanya dapat meliputi:

  • Suasana hati yang berubah-ubah dari sedang hingga parah

Merasa pesimis dan sinis, menjadi sangat cepat marah, terlalu mudah tersinggung, dan suasana hati berubah secara tidak menentu

  • Keterpisahan

Menarik diri dari hubungan sosial yang mengakibatkan persahabatan/hubungan yang terabaikan. Putusnya hubungan emosional dengan orang lain dan rasa mati rasa dalam kehidupan pribadi/profesional Anda

  • Kecanduan

Menggunakan alkohol, perjudian atau narkoba

  • Kecemasan atau depresi

Hal ini sebagai respons terhadap situasi yang penuh tekanan dan traumatis. compassion fatigue dapat membuat dunia tampak sebagai tempat yang lebih berbahaya bagi Anda dan orang-orang yang Anda cintai. Hal ini juga dapat membuat Anda mempertanyakan keterampilan Anda sebagai seorang profesional dan apakah Anda benar-benar dapat membuat perbedaan

  • Produktivitas

Anda dapat mengalami kesulitan berkonsentrasi, sementara stres jangka panjang dapat memengaruhi fungsi memori

  • Kurang tidur

Gambaran dapat terputar kembali dalam pikiran atau mimpi Anda. Hal ini dapat menyebabkan insomnia dan kelelahan

  • Perubahan nafsu makan

Masalah pencernaan (usus mulai dikenal sebagai otak kedua)

  • Sakit kepala, kelelahan dan/atau keletihan

Anda mungkin mengalami ketiganya, hanya satu, atau tidak sama sekali

4 dari 4 halaman

Tips Mengatasi Compassion Fatigue

"Perawatan diri yang sesungguhnya sangat penting dalam upaya mengatasi compassion fatigue, atau mencegahnya," tegas Spitz. "Ini termasuk olahraga, membatasi alkohol dan stimulan lainnya, makan sehat dan berbicara dengan profesional perawatan kesehatan yang mengerti, ditambah banyak tidur dan secara aktif menjaga diri sendiri."

Ia juga merekomendasikan istirahat teratur, teknik grounding, meditasi, yoga, dan latihan pernapasan.

Jadi, bagaimana orang yang menderita compassion fatigue dapat menjelaskan kepada orang-orang dalam kehidupan pribadi mereka apa yang mereka rasakan, dan bagaimana hal ini dapat memengaruhi mereka?

"Saya pikir ini sulit karena kecuali Anda bekerja di lingkungan yang sama menuntutnya, sulit untuk menyampaikan apa yang Anda alami. Saya pikir 'jaringan dukungan' dari rekan dan teman yang mencoba dan memahami itu penting," kata Spitz. "Ditambah lagi, pemahaman bahwa ini bukanlah 'pekerjaan' yang bisa Anda tinggalkan begitu saja. Stres yang berkelanjutan, kurangnya sumber daya, dan frustrasi adalah hal yang nyata."

"Saya pikir teman dan keluarga Anda setidaknya akan mencoba memahami jika Anda dapat memberi tahu mereka bahwa Anda sedang berjuang saat ini, meskipun mereka tidak sepenuhnya memahaminya. Yang penting adalah menyadari bahwa sebagai profesional, kita melakukan yang terbaik – dan sebagai manusia, kita pun membutuhkan uluran tangan," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.