Sukses

Ternyata Ada Alasan Kenapa Kita Lebih Mudah Lelah dan Mengantuk Saat Cuaca Panas

Sering merasa mengantuk dan lelah ketika cuaca sedang panas? Ternyata ada penjelasan detailnya, lho.

Liputan6.com, Jakarta - Anda tidak perlu merasa sendirian jika merasakan lelah dan mengantuk akhir-akhir ini karena cuaca panas yang cukup mengganggu. Rupanya, ada banyak alasan mengapa cuaca panas dapat membuat Anda merasa lebih lelah dari biasanya, butuh tidur siang, atau bahkan sekadar capek.

Melansir dari Cosmopolitan, Kamis (8/8/2024), menurut Dr. Aimée Brame, seorang Consultant Physician di London Bridge Hospital, tidak jarang merasa lebih mengantuk dari biasanya saat cuaca panas. Ia menambahkan bahwa pada dasarnya ada tiga alasan untuk itu juga, yang pertama adalah tubuh Anda bekerja keras untuk mengatur suhu tubuh.

"Diperlukan banyak energi untuk mempertahankan suhu tubuh, sedangkan menjaga tubuh tetap sejuk membutuhkan usaha," jelas Dr. Brame.

"Menjaga suhu internal yang konstan sangat penting untuk fungsi tubuh yang normal. Otak mendeteksi peningkatan suhu darah dan menyebabkan tubuh berkeringat dan pembuluh darah melebar untuk menghilangkan panas – proses ini aktif dan membutuhkan energi."

Ia melanjutkan dengan mengatakan bahwa suhu luar yang tinggi dan peningkatan keringat juga dapat mengakibatkan dehidrasi, yang pada gilirannya dapat membuat Anda merasa lesu.

"Selain kehilangan cairan, hilangnya garam dan elektrolit esensial seperti kalium, kalsium, dan magnesium juga dapat membuat Anda merasa lelah," imbuh Dr. Brame, yang mengingatkan kita akan pentingnya tetap terhidrasi pada hari-hari yang cerah.

Apa saja alasan umum lainnya untuk mengantuk saat suhu meningkat? Jika Anda berolahraga di tempat yang sangat panas, itu bisa jadi merupakan faktor penyebabnya.

"Olahraga ekstrem harus dihindari saat cuaca panas, dan Anda mungkin perlu mengubah rutinitas latihan dan memulai lebih awal atau lebih lambat di siang hari untuk menghindari cuaca panas," kata Dr. Brame. "Atau, pertimbangkan untuk beralih ke aktivitas yang lebih dingin seperti berenang."

Terakhir, banyak orang kesulitan untuk tertidur atau tetap tertidur di tempat yang lebih panas, dan kita semua tahu bahwa kurang tidur membuat Anda lebih lelah keesokan harinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bagaimana Cara Merasa Lebih Berenergi Saat Cuaca Panas?

Dr. Brame memiliki beberapa saran yang bermanfaat untuk mendapatkan kembali energi dan kewaspadaan yang sangat dibutuhkan:

  • Tetaplah berada di tempat yang teduh untuk mengurangi panas berlebih. Hal ini juga akan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.
  • Coba kenakan pakaian longgar berbahan alami dan menyerap keringat. Topi bertepi lebar juga membantu meminimalkan paparan sinar matahari.
  • Hindari sinar matahari jika memungkinkan di antara pukul 11.00 dan 15.00, saat matahari sedang terik-teriknya.
  • Mandi atau berendam dengan air dingin untuk membantu menurunkan suhu tubuh dengan cepat.
  • Pastikan Anda tidak mengalami dehidrasi. Minumlah banyak cairan dan sediakan segelas air di dekat tempat tidur Anda.
  • Alkohol bersifat diuretik dan akan memperburuk dehidrasi, jadi sebaiknya konsumsi alkohol dalam jumlah sedang dan pastikan Anda juga mengonsumsi banyak cairan nonalkohol.
  • Kafein juga dapat menyebabkan dehidrasi, jadi sebaiknya dihindari.
  • Makan camilan buah dan sayur karena mengandung banyak mineral dan elektrolit. Buah beri, pisang, melon, dan bahkan anggur beku merupakan sumber vitamin dan cairan yang baik.
  • Sesekali, camilan asin mungkin diperlukan, terutama jika berolahraga selama lebih dari 2 jam dalam cuaca panas - tetapi Anda harus minum banyak air untuk mengimbanginya.
3 dari 4 halaman

Bolehkah Tidur Siang Saat Seperti Ini?

Ya, itu semua tergantung pada alasan mengapa Anda merasa lelah.

"Bagi sebagian dari kita, itu hanya karena mabuk setelah bekerja keras dalam waktu lama sebelum liburan, atau sensasi relaks yang disebabkan oleh kehangatan," kata Dr. Brame. "Tubuh adalah makhluk yang memiliki kebiasaan, dan lebih baik mencoba untuk tetap melakukan rutinitas yang biasa dan mencoba untuk menghindari kepanasan sejak awal."

Yang menarik, tambahnya, kita merasa lebih sejuk di malam hari saat mengenakan piyama karena keringat akan hilang dari kulit oleh pakaian. Jadi telanjang sebenarnya bukanlah solusi terbaik. Memilih bahan alami dan mandi air dingin sebelum tidur akan memberikan keajaiban.

Ingat juga bahwa jika Anda merasa lesu sampai tidak dapat bekerja, atau bersosialisasi, itu bisa menjadi tanda masalah yang lebih serius.

"Kelelahan yang ekstrem bisa lebih mengkhawatirkan," kata Dr. Brame. "Kelelahan karena panas dan (yang lebih serius) sengatan panas berpotensi sangat berbahaya."

4 dari 4 halaman

Mengenal Heat Exhaustion

Tanda-tanda heat exhaustion meliputi: sakit kepala, pusing, mual, keringat berlebih, dan kulit lembap.

"Orang tersebut mungkin juga mengeluhkan kram di tangan dan kaki, dan merasa sangat haus," jelas Dr. Brame. "Mereka akan mengalami demam tinggi, dan anak-anak bisa menjadi lemas dan mengantuk."

Heat exhaustion perlu segera diobati dengan memindahkan orang tersebut ke tempat yang sejuk dan menyuruh mereka berbaring dengan tenang serta minum banyak air.

"Pendinginan eksternal dengan spons atau semprotan air suam-suam kuku dapat membantu menurunkan suhu dan mereka akan merasa lebih baik dalam waktu sekitar 30 menit," tambahnya.

Jika setelah setengah jam beristirahat di tempat yang sejuk Anda melihat orang tersebut tidak berkeringat, atau suhu tubuhnya terus meningkat, atau mereka menjadi bingung atau kehilangan kesadaran, ini adalah keadaan darurat.

"Orang tersebut bahkan mungkin mengalami kejang, jadi dalam hal ini penting untuk segera memanggil ambulans," kata Dr. Brame. Namun, ini tentu saja merupakan kondisi yang lebih ekstrem.

Nah, begitulah: jika Anda merasa lesu saat cuaca panas, bisa jadi karena dehidrasi, tubuh Anda bekerja ekstra keras untuk menjaga tubuh tetap sejuk, atau secara umum lebih relaks di bawah sinar matahari – atau gabungan ketiganya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.