Sukses

Peran Medix dalam Meningkatkan Keberlanjutan Layanan Kesehatan di Indonesia

Pada Rabu, 7 Agustus 2024, Medix Global menggelar diskusi bertajuk "Wawasan dan Masa Depan Ekosistem Kesehatan di Indonesia."

Liputan6.com, Jakarta Pada Rabu, 7 Agustus 2024, Medix Global menggelar diskusi bertajuk "Wawasan dan Masa Depan Ekosistem Kesehatan di Indonesia." Dalam forum ini, Sigal Atzmon, CEO Medix Global, dan Dr. Mona Jamtani, Senior Medical Case Doctor Medix Asia, membahas tantangan serta peluang di sektor kesehatan Indonesia. Medix, yang telah berdiri sejak 2006, dikenal sebagai perusahaan manajemen medis yang mengutamakan inovasi dalam ilmu pengetahuan, teknologi, dan perawatan untuk memenuhi kebutuhan kesehatan yang kompleks.

Indonesia, sebagai ekonomi terbesar ke-16 di dunia, menghadapi tantangan besar dalam sistem kesehatannya. Kenaikan biaya kesehatan yang mencapai 13,6% pada 2023, serta meningkatnya klaim asuransi hingga 25%, menandai perlunya solusi yang lebih efektif di sektor ini. Kasus kanker yang terus meningkat, dengan 1,8 juta kasus baru terdeteksi pada 2018, juga menambah beban sistem kesehatan yang sudah berat.

Kurangnya investasi pada sumber daya medis dan disparitas dalam kualitas layanan antara wilayah, menjadi isu serius di Indonesia. Hanya terdapat 0,4 dokter per 1.000 orang dan 1,2 tempat tidur rumah sakit per 100.000 orang, yang membuat banyak warga memilih berobat ke luar negeri. Namun, Medix percaya bahwa solusi berkualitas tinggi sebenarnya sudah tersedia di Indonesia, hanya perlu dioptimalkan dan dikelola dengan lebih baik.

“Kami bekerja sama dengan mitra kami untuk tidak hanya meningkatkan kesehatan manusia, tetapi juga menjaga aspek finansial bagi semua pihak yang terlibat,” kata Sigal Atzmon. Menurutnya, Medix berperan dalam menyelaraskan hubungan antara penyedia layanan kesehatan, pengelola keuangan, dan pasien, dengan fokus pada kualitas medis yang lebih baik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pentingnya keberlanjutan dalam layanan kesehatan

Dr. Mona Jamtani menambahkan bahwa keberlanjutan dalam layanan kesehatan sangat penting. “Ada dokter dan fasilitas medis yang sangat baik di Indonesia, jadi kita hanya perlu tahu ke mana harus menemukan mereka dan bagaimana menavigasinya," ungkapnya. Dr. Mona juga menekankan pentingnya memantau perkembangan kesehatan pasien secara berkelanjutan untuk membangun kepercayaan jangka panjang.

Medix telah beroperasi di Indonesia sejak 2019 dan telah memberikan dampak signifikan terhadap lanskap layanan kesehatan lokal. Mereka berhasil mengurangi biaya pengobatan yang tidak perlu, meningkatkan akurasi diagnosa, serta menyediakan perawatan preventif yang lebih efektif.

 

3 dari 3 halaman

Dampak Medix pada layanan kesehatan lokal

Misalnya, Medix telah berhasil membantu 19,2% anggotanya terhindar dari biaya pengobatan dan perawatan yang tidak perlu, menyediakan rencana perawatan yang lebih akurat dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing personal pasien kepada 49% pelanggan, dan mempertajam 21,2% diagnosa medis.

Pada kategori perawatan preventif, Medix telah menghindari atau mengurangi screening kesehatan yang tidak perlu untuk 53% kasus, di mana 28% dari kasus-kasus yang benar-benar dikaji teridentifikasi sebagai pasien dengan kadar risiko sedang hingga tinggi untuk kondisi sindrom metabolik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.