Sukses

5 Perubahan Warna Kuku Ini Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius, dari Kuning hingga Biru

Meskipun banyak dari perubahan ini tidak serius, perubahan ini dapat menandakan masalah kesehatan mendasar yang memerlukan perhatian medis

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang bangga merawat kuku mereka, entah itu bentuk, gaya, atau manikur baru dengan warna cat kuku baru. Kuku bisa menjadi sentuhan akhir yang sempurna untuk penampilan apa pun.

Kuku Anda terdiri dari lapisan protein berlapis yang dikenal sebagai keratin, yang tumbuh dari dasar kuku di bawah kutikula Anda. Kuku yang sehat halus, tanpa lubang atau alur, dan warnanya konsisten, bebas dari bintik atau perubahan warna kuku.

Tetapi bagaimana jika tiba-tiba berubah warna? Haruskah Anda khawatir, dan apa yang dapat Anda lakukan?

Kuku dapat berubah berbagai warna, termasuk merah, kuning, biru, putih, dan cokelat. Meskipun banyak dari perubahan ini tidak serius, perubahan ini dapat menandakan masalah kesehatan mendasar yang memerlukan perhatian medis, demikian lapor Gloucestershire Live.

1. Kuku biru, abu-abu, atau ungu

Suhu dingin dapat menyebabkan kuku Anda membiru, tetapi masalah kesehatan lain juga dapat terjadi. Perubahan warna kulit - termasuk pada kuku, bibir, lidah, dan kulit - dapat terjadi ketika kadar oksigen yang rendah atau kekurangan oksigen yang beredar dalam sel darah merah Anda.

Kondisi ini dikenal sebagai sianosis. Menurut NHS, Anda mungkin mengalami sianosis jika Anda melihat perubahan warna ini dan tangan serta kaki Anda biasanya berada pada suhu normal. Namun, tangan dan kaki Anda mungkin terasa dingin jika sirkulasi darah Anda buruk.

Sianosis dapat disebabkan oleh masalah serius pada:

  • paru-paru, seperti asma atau pneumonia
  • saluran napas, seperti tersedak atau croup
  • jantung, seperti gagal jantung atau penyakit jantung bawaan
  • Penyebab sianosis lainnya meliputi:
  • Raynaud, yang memengaruhi jari tangan dan kaki Anda
  • beta-blocker, obat yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi
  • bekuan darah yang menghentikan suplai darah ke anggota tubuh
  • berada di udara atau air dingin
  • mengenakan pakaian atau perhiasan yang terlalu ketat

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Kuku kuning

Kuku bisa menguning karena pewarna atau produk yang keras. Jika ini penyebabnya, kuku yang tumbuh baru seharusnya sehat dan bersih.

Namun, jika kuku baru terus menguning, mungkin sudah waktunya untuk mencari saran medis. NHS menyatakan bahwa kuku yang berubah warna dan juga rapuh atau lebih tebal dari biasanya kemungkinan besar disebabkan oleh infeksi jamur.

NHS menyarankan: "Bicaralah dengan apoteker jika tampilan kuku Anda mengganggu atau terasa sakit. Mereka mungkin menyarankan untuk mencoba obat antijamur kuku yang dioleskan ke kuku yang terinfeksi. Infeksi akan sembuh jika Anda melihat kuku yang sehat tumbuh kembali di pangkalnya."

Namun, NHS memperingatkan bahwa mereka yang menderita diabetes atau sistem kekebalan tubuh yang lemah harus menemui dokter penyakit kaki (spesialis kaki) jika mereka mengalami infeksi jamur kuku, karena dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius.

Healthline menambahkan: "Jika kuku berubah warna, biasanya berarti Anda terkena infeksi atau jamur kuku. Itu juga bisa berarti kuku Anda ternoda oleh produk seperti cat kuku, atau Anda mengalami reaksi alergi."

Namun, ada kondisi lain yang dapat menyebabkan hal ini, seperti kekurangan vitamin atau mineral tertentu. Healthline memperingatkan: "Kadang-kadang kuku bisa menguning sebagai gejala dari sesuatu yang lebih serius, seperti kondisi paru-paru kronis, keganasan internal, penyumbatan limfatik, dan bahkan artritis reumatoid."

Menurut Healthline, masalah potensial lainnya mungkin termasuk masalah tiroid, psoriasis, atau diabetes. Dijelaskan: "Dalam situasi yang jarang terjadi, kuku kuning dapat mengindikasikan adanya kanker kulit. Kondisi yang disebut sindrom kuku kuning (YNS) ditandai dengan kuku kuning terus-menerus dan masalah pernapasan atau limfatik."

Cleveland Clinic menawarkan saran tentang kapan perlu mencari bantuan medis, dan juga mengemukakan potensi langka sindrom kuku kuning. 

Disarankan: "Jika Anda memiliki kuku kuning, temui penyedia layanan kesehatan Anda untuk diagnosis dan perawatan. Sindrom kuku kuning adalah kelainan kuku yang langka. Sindrom ini menyebabkan kuku kuning, masalah pernapasan, dan pembengkakan kaki. Para ahli tidak tahu apa yang menyebabkan sindrom kuku kuning, tetapi mungkin bersifat genetik."

 

3 dari 5 halaman

3. Kuku berubah menjadi cokelat atau hitam

Melanonychia adalah kondisi yang menyebabkan satu atau beberapa kuku berubah menjadi cokelat atau hitam. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, beberapa tidak berbahaya dan beberapa lainnya berpotensi mengancam jiwa.

Jika Anda melihat adanya garis-garis gelap pada kuku, penting untuk memeriksakannya ke dokter.

Melanoma UK mengatakan melanonychia sering kali muncul sebagai garis hitam yang membentang di sepanjang kuku, yang juga dikenal sebagai melanonychia longitudinal atau LM. Kondisi ini biasanya jinak dan disebabkan oleh peningkatan produksi melanin (pigmen yang bertanggung jawab atas warna kulit) oleh sel-sel yang disebut melanosit.

Kondisi ini lebih umum terjadi pada orang dengan warna kulit lebih gelap. Kebanyakan orang akan memiliki lebih dari satu kuku yang terkena.

Namun, Melanoma UK memperingatkan bahwa dalam kasus yang jarang terjadi, melanonychia dapat mengindikasikan melanoma subungual. Tanda-tanda yang dapat menunjukkan kemungkinan keganasan meliputi:

  • Munculnya penyakit baru
  • Hanya 1 kuku yang terkena
  • Pelebaran pita di tepi kuku (tidak merata)
  • Lebih dari satu warna
  • Distorsi lempeng kuku

Jika Anda khawatir, Anda harus menemui dokter umum yang pasti akan merujuk Anda ke Dokter Spesialis Kulit.

 

4 dari 5 halaman

4. Kuku Putih

Mayo Clinic menyatakan bahwa bintik-bintik putih pada kuku Anda biasanya tidak berbahaya dan cukup umum. Bintik-bintik tersebut sering muncul setelah Anda membentur atau menggigit kuku, tetapi dapat juga disebabkan oleh jamur, alergi, dan obat-obatan tertentu.

Perawatan mungkin tidak diperlukan, atau Anda mungkin perlu berhenti menggunakan produk tertentu pada kuku Anda atau minum obat antijamur. Bintik-bintik putih ini kemungkinan besar disebabkan oleh suatu kondisi yang disebut leukonikia.

Ada tiga jenis:

  • Leukonikia sejati: Pada leukonikia sejati, bintik-bintik putih terbentuk di area jari tangan atau kaki tempat kuku mulai tumbuh (matriks kuku), dan muncul di bagian kuku yang keras (lempeng kuku). 
  • Leukonikia tampak: Pada leukonikia tampak, bintik-bintik putih terbentuk di kulit tempat kuku Anda bersandar (alas kuku).
  • Pseudoleukonikia: Pada pseudoleukonikia, bintik-bintik putih terbentuk di permukaan kuku Anda. Organisme luar — seperti jamur — menyebabkan pseudoleukonikia.

Leukonikia dapat bermanifestasi sebagai satu atau dua bintik berukuran sedang atau banyak bintik kecil. Pada beberapa orang, bintik-bintik tersebut mungkin sangat besar. Anda mungkin memiliki bintik-bintik hanya pada satu kuku, atau Anda mungkin memiliki bintik-bintik pada banyak kuku. 

Beberapa penyebab umum leukonikia adalah:

  1. Alergi: Sistem kekebalan tubuh Anda dapat mengartikan produk yang Anda gunakan pada kuku Anda sebagai alergen dan menyebabkan bintik-bintik putih terbentuk.
  2. Cedera (trauma): Cedera pada lempeng kuku atau matriks kuku adalah penyebab paling umum dari bintik-bintik putih pada kuku Anda. Infeksi jamur: Infeksi ini dapat membuat kuku Anda tampak berubah warna (terkadang, tampak seperti bercak putih), tebal, atau retak.
  3. Keracunan dan obat-obatan: Bercak putih terkadang muncul pada kuku Anda akibat paparan logam berat yang beracun, termasuk arsenik dan timbal. Kemoterapi dan beberapa obat yang digunakan untuk infeksi bakteri dan infeksi saluran kemih, termasuk obat sulfa (sulfonamida), juga dapat menyebabkan bercak putih.
  4. Penyakit sistemik: Penyakit sistemik adalah penyakit yang memengaruhi seluruh tubuh Anda. Bercak putih pada kuku terkadang merupakan gejala langka dari banyak penyakit sistemik, termasuk diabetes, gagal jantung, HIV, sirosis hati, dan psoriasis.
  5. Kondisi keturunan: Keturunan berarti diwariskan - orang tua kandung mewariskan sesuatu dari gen mereka kepada anak mereka. Gen menentukan ciri fisik seseorang, termasuk warna rambut, warna mata, dan tinggi badan. Beberapa kondisi keturunan yang memengaruhi kuku Anda, termasuk sindrom Bart-Pumphrey dan penyakit Darier, dapat menyebabkan munculnya bercak putih.

 

5 dari 5 halaman

5. Kuku merah

Jika kuku Anda berubah menjadi merah, ini bisa jadi pertanda masalah ginjal. Perubahan ini terjadi saat ginjal Anda bekerja terlalu keras dan kesulitan menyaring darah serta membuang limbah.

Northstar Dermatology menjelaskan: "Kuku merah bisa jadi pertanda kemungkinan penyakit jantung atau masalah ginjal. Kuku merah juga terkait dengan kondisi seperti psoriasis dan lupus."

Saran tersebut berlanjut: "Kuku bisa memberikan data berharga yang menyelamatkan nyawa. Jika bentuk, kekuatan, atau warnanya berubah tiba-tiba, segera temui dokter. Masalahnya bisa jadi infeksi yang bisa diobati atau penyakit pada tahap awal. Apa pun masalah kesehatannya, syukuri kuku yang membantu pemeriksaan kesehatan."

NHS menyarankan masalah kuku biasanya tidak disebabkan oleh sesuatu yang serius. Masalah kuku yang umum termasuk kuku yang rapuh dan longgar yang bisa berubah warna atau bentuk. 

Dikatakan bahwa perubahan kuku dari waktu ke waktu adalah hal yang normal, seperti:

  1. menjadi lebih tebal atau lebih mudah patah (rapuh) seiring bertambahnya usia
  2. menjadi lebih keras, lebih lunak, atau lebih rapuh selama kehamilan (kuku akan lebih sehat dalam waktu 6 bulan setelah melahirkan)
  3. berubah warna, menjadi longgar, dan akhirnya rontok setelah cedera
  4. Kuku jari tangan yang rontok setelah cedera akan tumbuh kembali dalam waktu enam bulan. Namun, kuku kaki dapat tumbuh kembali hingga 18 bulan.

Namun, disarankan untuk menemui dokter umum jika:

  • kuku berubah bentuk, berubah warna, atau rontok dan Anda tidak tahu penyebabnya
  • kulit di sekitar kuku menjadi nyeri, merah, bengkak, dan hangat (paronikia), yang dapat menjadi tanda infeksi atau kuku kaki tumbuh ke dalam

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.