Sukses

Kehangatan Warga Lokal di Tengah Kerusuhan Anti Muslim dan Imigran di Inggris

Kerusuhan anti imigran di sejumlah kota di Inggris sejak minggu lalu (2/8/24) membuat warga, terutama kaum imigran membatasi kegiatan di luar rumah.

Liputan6.com, Jakarta Kerusuhan anti imigran di sejumlah kota di Inggris sejak minggu lalu (2/8/24) membuat warga, terutama kaum imigran membatasi kegiatan di luar rumah. Kedutaan besar Indonesia di Inggris juga secara resmi mengeluarkan imbauan bagi warganya untuk lebih berhati-hati. 

Kerusuhan ini menjadi bahan diskusi di forum komunikasi warga lokal Inggris. Semisal di kota Sheffield, warga di pemukiman Walkley dan Upperthorpe mendiskusikan perkembangan situasi melalui laman Facebook komunitas Wonderful Walkley dan Only in Upperthorpe. Dalam laman tersebut, warga menyampaikan kekhawatiran mereka sebagai imigran yang menjadi target dari kerusuhan ini.

Laman Facebook komunitas juga digunakan oleh warganya untuk memberikan ucapan dukungan terhadap warga imigran, dan menyatakan posisi mereka yang mengecam kerusuhan. Warga lokal menyatakan bahwa kerusuhan tersebut tidak mencerminkan posisi semua warga Inggris, melainkan sebuah kejahatan yang dilakukan oleh grup minoritas sayap kanan.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dukungan terhadap warga muslim dan imigran

Tidak hanya dukungan dan update situasi terkini, Facebook komunitas juga berisi tawaran bantuan untuk warga imigran yang membutuhkan pertolongan untuk membeli bahan makanan atau membutuhkan teman untuk semisal, ke dokter. Hal ini dimaksudkan agar para imigran merasa nyaman berjalan di luar rumah karena mereka ditemani warga lokal dan akan ada yang membela jika warga imigran tersebut menjadi target ujaran atau tindakan kebencian. 

 

3 dari 3 halaman

Tidak mencerminkan mayoritas warga Inggris

Semua perhatian dari warga lokal ini memberikan kesan mendalam bagi warga imigran yang sedang dilanda ketakutan.  Semoga kerusuhan dan kebencian terhadap imigran ini segera selesai, dan kita kembali hidup damai berdampingan.

Kontributor: 

Dian Mayasari (University of Sheffield)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini