Sukses

Trik Belajar Xaviera, Sandy, dan Axel CoC Harus 100%, Belanja Pun di Shopee Mall yang 100% Ori!

Salah satu triknya adalah teknik storytelling dengan mengumpulkan dan memahami detail dari suatu informasi, membuat prediksi pertanyaan, lalu menghubungkan informasi satu dengan yang lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Sandy Kristian Waluyo, Xaviera Putri Ardianingsih, dan Axel Giovanni Hartanto adalah peserta game show pendidikan Clash of Champions (CoC) yang namanya ramai diperbincangkan warganet. Yup, mereka sukses menampilkan kemampuan mereka dalam menghadapi berbagai tantangan rumit dan seru, yang menguji kemampuan akademik, strategi, dan kolaborasi tim mereka. 

Tak hanya karena performa mereka di CoC, tiga anak muda berbakat ini juga kembali menjadi sorotan usai mengaku memilih belanja di Shopee Mall yang 100% Ori. Hal tersebut mereka ungkapkan melalui unggahan di Instagram masing-masing. Pada unggahan yang sama, Sandy, Xaviera, dan Axel juga membocorkan tips dan strategi mereka dalam mengerjakan soal-soal rumit hingga cara menghafal dalam waktu singkat, yang sudah pernah mereka buktikan di CoC. 

Sebut saja ketika Sandy meraih skor tertinggi di tantangan Shuffle and Recall, karena berhasil menghafal dan menyebutkan 46 dari 52 kartu remi secara berurut. Atau ketika Xaviera yang menunjukkan keahliannya dalam menghafal lukisan di tantangan Memory Madness. Serta ketika Axel bersama timnya berhasil menonjol saat mengerjakan tantangan Number Chain dan Cryptarithm, yaitu tantangan yang menguji kemampuan dalam memecahkan teka-teki angka. Tidak heran jika mereka jadi perbincangan warganet, ya! Lalu apa saja tips dari mereka?

Salah satu champion, Xaviera Putri, menjadi sorotan netizen karena kepiawaiannya dalam menghafal detail dari seratus lukisan hanya dalam waktu singkat di tantangan Memory Madness Clash of Champions. Pada challenge tersebut, para peserta CoC diminta untuk mengingat detail dari 100 lukisan terpopuler di dunia, mulai dari nama pelukis, judul lukisan, tahun pembuatan, dan sebagainya. Mahasiswi dari Korea Advanced Institute of Science & Technology (KAIST) angkatan 2020 itu sukses menjawab dengan benar enam pertanyaan sekaligus, dalam waktu yang sangat cepat. Kemampuan luar biasa Xaviera ini pun membuat banyak orang terinspirasi dan penasaran dengan trik jitunya.

Melalui video singkat yang diunggah di media sosial @xavieraputri, Xaviera blak-blakan membongkar rahasia dibalik keahliannya dalam mengingat detail dengan tepat.

“Gimana sih cara menghafal detail dari 100 lukisan? hmm… Annyeonghaseyo yeorobun halo semua, hari ini aku mau sharing ni gimana aku bisa menghafal informasi yang banyak dalam waktu yang singkat, seperti pas aku dapet challenge untuk menghafal detail dari 100 lukisan dalam waktu satu jam. Nah, pertama-tama nih aku selalu meng-organize dulu ada informasi apa saja yang aku harus hafalin. Nah, dari situ aku coba pahami dulu dan buat perkiraan, kira-kira pertanyaan apa ya yang bakal keluar. Trik dari aku bisa menghafal dalam waktu singkat adalah storytelling. Dari informasi yang aku udah dapatkan, aku connect nih satu sama lain. Jadinya, kalau ada pertanyaan yang terkait dengan lukisan itu, aku tinggal mikir kembali cerita apa ya yang aku sudah buat,” tutur Xaviera.

Ternyata, kunci dibalik kuatnya daya ingat Xaviera adalah teknik storytelling, di mana ia akan mengumpulkan dan memahami detail dari suatu informasi, membuat prediksi pertanyaan, lalu menghubungkan informasi satu dengan yang lainnya. Dengan cara ini, wanita kelahiran 2001 itu bisa memikirkan kembali rangkaian cerita yang sudah dibuatnya. Strategi inilah yang memudahkan Xaviera dalam menjawab berbagai pertanyaan dalam tantangan Memory Madness. Selain memiliki strategi yang jitu, rahasia lainnya dibalik prestasi hebat Xaviera yaitu usaha, konsentrasi, dan keyakinan 100%. Tak hanya soal usaha dan trik belajar yang dilakukan 100%, Xaviera juga tak mau main-main dalam hal lain, termasuk soal urusan belanja. Ia memastikan untuk belanja hanya di Shopee Mall 100% Ori. Tentunya, hal ini bukan tanpa alasan karena semua produk yang dijual di Shopee sudah terjamin 100% ori, jadi tidak perlu diragukan lagi kualitas dan keasliannya produknya.

“Tentunya semua ini bisa dicapai dengan 100% konsentrasi, 100% usaha, dan 100% keyakinan akan kemampuan diri kalian sendiri. Makanya, kalau soal belanja aku pilih yang 100% juga, seperti Shopee Mall 100% Ori. Belanja di Shopee Mall, 100% Ori,” sambungnya.

Unggahan Xaviera Putri tersebut menuai berbagai komentar positif dan decak kagum dari netizen. 

“100% idola,”

“Sering" bikin kek gini kak,”

“Menyala Xaviera kamu keren bgt”

“smga pinter nya nular😭😍”

“cantik,pintar,berprestasi,kebanggan orang tua,Idolaku”

Selain Xaviera, ada juga Sandy Kristian Waluyo atau yang akrab disapa Sandy, salah satu peserta paling bersinar di CoC. Sandy adalah mahasiswa di National University of Singapore (NUS) angkatan 2023. Di kampus, ia mengambil double major di jurusan Computer Science dan Mathematics sekaligus, lho! Anak muda kelahiran Cirebon, 1 Mei 2005 ini juga punya punya IPK sempurna yaitu 5.00, wow! Kemampuan akademik Sandy ternyata memang sudah terbukti sejak masih di sekolah dasar (SD), ketika ia menyabet 5 medali di Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang Matematika. Sejak itu, Sandy selalu jadi langganan olimpiade di tahun-tahun selanjutnya. Hingga yang terbaru di 2022, Sandy mengikuti ajang olimpiade Matematika internasional paling bergengsi di dunia, yaitu International Mathematics Olympiad (IMO) di Norwegia, dan mendapatkan Bronze Medal, Gokil! 

Nah, dalam sebuah video yang ia unggah di Instagram @sandyk_sk pada 24 Juli 2024 lalu, Sandy memamerkan kemampuannya dalam mengerjakan sebuah soal Kalkulus Integral. Materi Kalkulus Integral disebut kerap muncul di Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), yaitu tes seleksi untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Walaupun soal tersebut sering dianggap rumit, rupanya Sandy menilai Kalkulus Integral adalah materi yang seru untuk dikerjakan. Ia pun berhasil mengerjakan soal tersebut hingga berhasil mendapatkan jawaban yang benar.

“Hi guys hari ini aku mau bantu jawab salah satu materi yang sering dianggap rumit dan sering ditanyakan oleh teman-teman nih, yaitu materi kalkulus integral. Nah, menurut aku materi ini memang terlihat rumit, tapi ngerjainnya seru banget loh. Di sini udah ada soal kalkulus integral yang sering muncul di soal-soal UTBK nih. Yuk kita buka soalnya. Yuk kita kerjain sama-sama. Jawabannya adalah B, sekarang kita coba lihat kunci jawabannya ya. Yeay benar, 100,” ucap Sandy.

Setelah mengerjakan soal yang kerap dianggap rumit dalam waktu singkat, Sandy dengan antusias mengungkapkan kunci keberhasilannya. Ternyata, tips dari Sandy adalah harus 100 persen dalam hal konsentrasi, tekad yang kuat, hingga ketelitian, agar bisa mengerjakan soal-soal rumit seperti Kalkulus Integral. Wajib dicatat nih, guys! Soal 100 persen ternyata tak hanya penting bagi Sandy ketika mengerjakan soal-soal yang menantang, namun juga dalam hal lainnya, termasuk berbelanja. Itu sebabnya, Sandy mengaku memilih belanja di Shopee Mall yang 100% Ori.

“Nah kunci dari aku untuk bisa mengerjakan soal-soal seperti ini adalah memberikan 100% konsentrasi, 100% tekad yang kuat, dan 100% ketelitian, makanya kalau urusan belanja aku selalu pilih yang 100% ori di Shopee Mall. Belanja di Shopee Mall 100% Ori," lanjut Sandy.

Unggahan Sandy tersebut pun langsung diserbu warganet yang memberikan berbagai komentar. Tidak sedikit yang memuji kemampuan Sandy dalam mengerjakan soal Kalkulus Integral dalam waktu yang cepat. Sebagian warganet lainnya juga mengapresiasi tips dan kunci keberhasilan yang dibagikan oleh Sandy.

"emang boleh ngerjainnya secepat ituu 😭😭"

"Makasi ilmunya sand"

"Perasaan baru kedip udah selesai aja😮😮"

"Tulisan nya bagus bgtt"

"ihhhh seruu bangett dehh"

Senada dengan Sandy sang bestie, rupanya Axel Giovanni Hartanto atau yang akrab disapa Axel juga punya tips untuk mengerjakan tantangan-tantangan sulit, seperti Invisible Maze. Jadi, Invisible Maze adalah tantangan yang dihadapi oleh para peserta CoC. Pada mulanya, peserta akan diberikan waktu singkat untuk mengingat tata letak labirin, kemudian dinding labirin akan dihilangkan menjadi invisible alias tidak terlihat. Di sinilah tantangan peserta untuk bisa mencapai tujuan akhir melalui labirin tanpa menabrak dinding yang tidak terlihat tersebut.  Tantangan Invisible Maze didesain untuk menguji kemampuan spasial, daya ingat, konsentrasi, dan pemecahan masalah. Meski rumit, tantangan ini bisa diselesaikan oleh Axel dalam waktu 30 detik saja, lho! Kemampuan Axel tersebut memang tidak mengherankan bila melihat latar belakang akademisnya.

Axel berkuliah di kampus yang sama dengan sang sahabat, Sandy, yaitu di National University of Singapore (NUS), juga mengambil double major Computer Science dan Mathematics sekaligus. Tak hanya satu kampus, Axel dan Sandy juga ternyata sudah saling kenal sejak SD, ketika mereka mengikuti ajang olimpiade yang sama. Sejak itulah mulai bersahabat hingga kini ketika sama-sama menjadi peserta Clash of Champions. Sudah sering mengikuti berbagai perlombaan di bidang sains dan berhasil mencetak prestasi membanggakan, Axel sudah pernah mendapatkan  gold medal dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2016, medali emas Matematika pada OSN tingkat SMA tahun 2021, juara 1 Lomba Matematika Nasional (LMNas) Ke-33 Universitas Gadjah Mada tahun 2022, hingga didaulat sebagai Honourable Mention pada 64th International Mathematical Olympiad (IMO) tahun 2023, dan masih banyak lainnya.

Buat yang penasaran sama strategi Axel dalam mengerjakan tantangan dan soal-soal yang rumit, cowok kelahiran Karanganyar, 5 Maret 2005, ini punya bocorannya nih. Dalam unggahannya di Instagram @axel.giovanni.h pada 1 Agustus 2024 kemarin, Axel menampilkan caranya menyelesaikan challenge Invisible Maze dalam waktu singkat. Lalu gimana cara Axel mengerjakannya? Jadi Axel akan mencoba menghapal jalan-jalan yang terbuka di dalam maze atau labirin tersebut. Ia pun menggunakan telapak tangannya untuk membantunya menghapal visual dari labirin tersebut sebelum menjadi tak terlihat. Dalam waktu singkat, Axel pun berhasil mengerjakannya dengan benar.

"Hi guys, jadi aku mau cerita nih pengalaman aku ngerjain challenge Invisible Maze. Wah, awalnya sih aku deg-degan banget ya, tapi aku seneng banget karena aku berhasil menyelesaikan challenge-nya. Oke, jadi di sini aku udah ada beberapa maze buat kita coba barengan. Kalau dari aku, aku punya dua strategi, yang pertama aku coba hafalin path atau jalan-jalan yang kebuka di maze itu, dan yang kedua aku coba gambar jalan-jalan itu di telapak tangan aku buat bantuin visualisasinya. Oke sekarang aku mau coba kerjain dalam waktu 30 detik. Yuk, kita mulai. Yes aku bener,” kata Axel.

Berhasil membuktikan kemampuannya dalam mengerjakan tantangan Invisible Maze, Axel membocorkan tips untuk para pengikutnya. Mirip dengan Xaviera dan Sandy, Axel juga mengatakan bahwa konsentrasi, fokus, dan tekad yang 100 persen adalah strateginya dalam menghadapi challenge yang sulit, terutama dalam mengerjakan Invisible Maze yang menantang. Nah, 100 persen juga diinginkan Axel dalam hal lainnya, termasuk belanja. Jadi tidak heran kalau Axel mengaku pilih Shopee Mall karena 100% Ori.

“Jadi gimana guys? Invisible maze itu sebenarnya seru banget kan? Yang penting kalian harus tepat milih Langkah. Nih, aku mau kasih tips yang paling penting buat kalian yang penasaran sama strateginya. Pertama kalian harus tenangkan diri dan pastinya 100% konsentrasi, 100% fokus, dan 100% bulatkan tekad. Enggak tanggung-tanggung, untuk urusan belanja, aku juga pilih yang 100 persen, seperti Shopee Mall 100% Ori. Belanja di Shopee Mall, 100% Ori" tutup Axel. 

Tips mengerjakan tantangan Invisible Maze itu disambut respons positif dari warganet. Banyak yang mengaku tertarik untuk ikut menyelesaikan tantangan tersebut. Tidak sedikit juga yang mengapresiasi tips dan trik yang dibagikan Axel dalam videonya.

"tapi bener sihhj invisible maze paling seruuuww dari pada yg lainn😭😭 gregetnya dapet bgtt😭👊🏼"

"Kamu jago banget 😍😍😍"

"Wishh gini toh trick nya😍"

"makasi axel, berkat liat videomu jd pengen nyoba main"

"invisible maze tuh susaaah tapi seruu asli menantang bgt wkwkwkw"

Yup, kecerdasan dan kemampuan luar biasa dari Xaviera, Sandy, dan Axel, memang patut menerima standing applause. Tak heran jika banyak orang yang dibuat begitu kagum dan terinspirasi dengan keahlian dari ketiga peserta Clash of Champions ini. Untuk mencapai prestasi masing-masing, ketiganya tak hanya memiliki strategi khusus tapi juga dibarengi dengan dedikasi tinggi yang dilakukan 100%.

Hal itulah yang menjadi kunci keberhasilan Xaviera dalam menghafal detail dari seratus lukisan di tantangan Memory Madness, kehebatan Sandy dalam mencetak skor tertinggi di tantangan Shuffle and Recall, serta kelihaian Axel dalam menjawab teka-teki angka di Number Chain dan Cryptarithm. Inspiratif banget ya! Tak hanya dalam urusan belajar yang 100%, ternyata ketiganya juga kompak untuk memilih yang 100% dalam hal lainnya, seperti dalam urusan belanja. Xaviera, Sandy, dan Axel memilih untuk berbelanja hanya di Shopee Mall 100% Ori.

Oh ya, semua produk yang dijual di Shopee Mall sudah terjamin 100% original, jadi kualitas produk-produknya tidak perlu diragukan lagi! Nah, jika kamu juga ingin belanja yang 100% seperti ketiga peserta Clash of Champions ini, pastikan untuk berbelanja hanya di Shopee Mall 100% Ori ya! Nikmati juga berbagai promo fantastis lainnya hanya di Shopee Mall untuk belanja online yang lebih untung dan hemat. Yuk, segera check out produk impianmu hanya di Shopee Mall 100% Ori!

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini