Sukses

7 Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Biji Rami, Mengontrol Gula Darah hingga Turunkan Kolesterol

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan mengonsumsi biji rami yang harus kamu ketahui

Liputan6.com, Jakarta Baik menambahkannya sesendok ke dalam smoothie pagi Anda, menaburkannya di roti panggang alpukat, atau menambahkannya ke granola bar buatan sendiri, biji rami layak untuk menjadi bagian rutin dalam makanan Anda. Dihimpun dari Lifestyleasia, berikut penjelasannya.

Apa itu biji rami dan mengapa biji rami sangat baik untuk Anda?

Rami, juga dikenal sebagai rami biasa atau biji rami atau flaxseed, adalah tanaman berbunga yang tumbuh alami dan sering dibudidayakan dengan berbagai aplikasi modern. Kita tidak hanya memperoleh kain yang umum digunakan, linen, dari tanaman ini, tetapi kita juga diberkahi dengan minyak biji rami, produk yang digunakan sebagai suplemen nutrisi dan sebagai bahan dalam banyak produk pelapis kayu. 

Minyak ini juga digunakan dalam pernis dan campuran cat. Di sisi lain, biji rami ditemukan dalam dua varietas: kuning atau cokelat. Keduanya memiliki profil minyak yang sebanding dan mengandung proporsi omega-3 yang sangat tinggi (terutama asam alfa-linolenat (ALA).

Biji rami menawarkan berbagai manfaat kesehatan yang tidak dapat digantikan dengan mudah. ​​Beberapa yang paling signifikan meliputi: Biji rami mengandung banyak asam lemak omega-3, tinggi serat, dan membantu menurunkan gula darah. 

Sebagai hasil dari atribut utama ini, biji rami menciptakan efek positif lainnya dalam tubuh manusia. Pada saat yang sama, kemudahan biji rami untuk diadopsi ke dalam makanan Anda memberikannya daya tarik tambahan: Anda dapat menggunakannya sebagai alternatif minyak goreng yang sehat, menggilingnya sebagai bubuk untuk minuman bergizi, atau mengonsumsinya sebagai kapsul atau tablet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Biji rami kaya omega-3

Untuk diketahui, biji rami adalah salah satu sumber asam lemak omega-3 nabati terkaya — lemak esensial yang tidak diproduksi oleh tubuh. Ini berarti tubuh kita harus mengganti kebutuhan makanannya dengan sumber nutrisi lain yang kaya. 

Omega-3 sangat penting untuk kesehatan jantung, mengurangi peradangan, dan banyak lagi. Omega-3 juga merupakan sumber serat yang kaya, yang membantu pencernaan dan membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Asupan serat yang baik juga dapat membantu menurunkan kolesterol dan mengendalikan kadar gula darah. 

Satu ons biji rami (sekitar 28,3 gram) mengandung 8 gram serat, sekitar sepertiga dari kebutuhan harian. Selain itu, biji rami mengandung lignan, senyawa nabati yang memiliki efek antioksidan dan mirip estrogen, yang dapat membantu mengurangi risiko kanker tertentu seperti kanker payudara dan kanker prostat.

Berikut ini beberapa manfaat utama biji rami bagi kesehatan:

 

3 dari 5 halaman

1. Biji rami sebagai sumber serat

Biji rami adalah salah satu sumber serat terbaik. Serat sangat penting untuk membuat Anda merasa kenyang dan mengurangi nafsu makan, membantu menurunkan dan menjaga berat badan. Serat juga membantu menjaga kesehatan usus Anda, menjadikannya manfaat kesehatan utama biji rami.

2. Membuat Anda kenyang lebih lama

Serat mengembang di perut Anda, menyerap air, dan membuat Anda merasa kenyang. Ini membantu menahan keinginan makan dan mencegah makan berlebihan. Biji rami dengan kandungan serat tinggi akan membuat Anda kenyang dan menahan rasa lapar, sehingga Anda merasa kenyang selama berjam-jam. 

Serat juga membantu memperlambat pencernaan gula dan karbohidrat, mencegah energi menurun dan lonjakan gula darah yang mengakibatkan peningkatan nafsu makan.

3. Membantu mengurangi sembelit dan memperlancar buang air besar

Serat juga membantu memperlancar buang air besar dan mencegah sembelit. Serat dari biji rami dapat membantu menambah jumlah tinja, membuatnya lebih lunak dan lebih mudah dikeluarkan. 

Asupan serat yang cukup penting untuk kesehatan usus besar dan mencegah masalah pencernaan seperti wasir atau divertikulosis. Kandungan serat yang tinggi dalam biji ini membantu menjaga limbah dan racun keluar dari usus besar, sehingga meningkatkan kesehatan usus besar dan usus yang optimal.

 

4 dari 5 halaman

4. Menurunkan Kolesterol

Serat larut yang ditemukan dalam biji rami dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, terutama LDL atau kolesterol "jahat". Serat larut mengikat kolesterol dan produk limbah dalam usus, membantu mengeluarkannya dari tubuh. 

Mengonsumsi hanya 2-3 sendok makan biji rami giling per hari dapat membantu menurunkan kolesterol dari waktu ke waktu dan meningkatkan kesehatan jantung.

5. Mengontrol gula darah dan insulin

Biji rami mengandung banyak magnesium, mineral yang membantu mengatur kadar gula darah dan sensitivitas insulin. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi biji rami dapat menurunkan kadar gula darah puasa hingga 19% dan resistensi insulin hingga 34% pada penderita diabetes tipe 2. 

Lignan dalam biji rami juga dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi peradangan, yang keduanya merupakan faktor dalam mengelola diabetes. Ini adalah salah satu manfaat kesehatan biji rami yang paling signifikan.

 

5 dari 5 halaman

6. Menurunkan peradangan

Kelebihan berat badan dan gula darah tinggi dikaitkan dengan peradangan kronis dalam tubuh. Biji rami mengandung asam lemak omega-3 anti-inflamasi, terutama asam alfa-linolenat (ALA), dan lignan yang dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan pembakaran lemak.

Mengurangi peradangan juga dapat membantu mencegah penambahan berat badan dan mempermudah penurunan berat badan berlebih. Menambahkan biji rami ke dalam makanan Anda adalah cara mudah untuk meningkatkan nutrisi dan mendukung kesehatan Anda.

7. Meningkatkan kekebalan tubuh

Protein dalam biji rami mengandung asam amino seperti Arginin, asam Aspartat, dan asam Glutamat. Asam amino ini telah ditemukan dapat melindungi tubuh kita dari berbagai infeksi jamur, sehingga menghasilkan kekebalan tubuh yang lebih baik secara keseluruhan.

Secara keseluruhan, memasukkan biji rami ke dalam makanan Anda telah terbukti memberikan dorongan positif bagi kekebalan tubuh dan kebugaran seseorang. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.