Sukses

APJI Gelar IIXS 2024 Dukung Inovasi dan Transformasi Digital di Indonesia

The 6th Indonesia Internet Expo & Summit (IIXS) kembali hadir pada tahun 2024. Gelaran acara skala global oleh APJII ini mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menggelar The 6th Indonesia Internet Expo & Summit (IIXS) 2024. Acara tahunan ini berlangsung dari 12 hingga 14 Agustus di Jakarta International Expo (JIEXPO).

Dengan mengusung tema "Solusi Internet End-to-End untuk Memperkuat Konektivitas," bertujuan untuk menyoroti pentingnya teknologi dan solusi internet yang menyeluruh dalam menciptakan konektivitas yang optimal, yang merupakan fondasi dari Visi Indonesia Emas 2045.

Ketua Umum APJII, Muhammad Arif mengatakan bahwa IIXS 2024 memiliki peran penting dalam evaluasi regulasi yang mendukung Visi Indonesia Emas 2045.

"Meskipun APJII mengapresiasi regulasi yang sudah ada, kami berkomitmen untuk terus melakukan evaluasi guna meningkatkan ketangguhan regulasi tersebut," ujar Arif, Senin (12/8/2024).

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa APJII sebagai representasi lebih dari 1.200 perusahaan teknologi internet, membutuhkan dukungan regulasi yang kondusif untuk menciptakan lingkungan bisnis yang sehat serta mendorong pertumbuhan berkelanjutan.

"Dengan begitu komitmen untuk mengatasi tantangan dalam transformasi digital dapat dilakukan dengan maksimal, melalui inovasi, pengembangan kapasitas, dan kolaborasi," sambungnya.

Tidak hanya itu, The 6th Indonesia Internet Expo & Summit 2024, juga menjadi wadah untuk membahas perkembangan teknologi dengan topik yang mencangkup 4G/LTE & 5G, Internet of Things (IoT), Satellite Technology, Cyber Security, Cloud and Data Center, Fintech and Innovation, Artificial Intelligence (AI), Digital Solutions, Broadcast Technology, serta ICT and Enterprise Technology. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bahas Topik Transformasi Digital dalam Lingkup Internasional

Sepuluh topik tersebut dibahas dengan detail dalam 30 workshop, dan keterlibatan lebih dari 300 pembicara, 700 eksibitor, dan 3000 delegasi dari 20 negara. Tidak tanggung-tanggung, 1500 Internet-enabled enterprise serta 1022 perusahaan penyedia layanan Internet (ISP) juga hadir di acara ini.

Kehadiran para tokoh inspiratif dalam dunia transformasi digital memberikan kesempatan bagi para peserta untuk menjalin koneksi, berbagi pengetahuan, dan menemukan inovasi-inovasi terbaru yang dapat mendorong pertumbuhan bisnis dan teknologi di Indonesia.

3 dari 4 halaman

APJII Kantongi Dukungan Kominfo RI

Tidak mengherankan jika IIXS 2024 mendapat dukungan penuh dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Wakil Menteri Nezar Patria, mewakili Kominfo RI, menyampaikan apresiasi atas inisiatif APJII dalam menginspirasi dan memfasilitasi forum yang mendorong transformasi digital serta mempertemukan para pelaku industri.

“IIXS 2024 telah menjadi wadah yang ideal bagi kita untuk bertukar pikiran, berkolaborasi dan berinovasi dalam menghadapi tantangan serta memenuhi kebutuhan industri digital yang terus berkembang. Tema dan topik yang diangkat juga sejalan dengan pesatnya pertumbuhan transformasi digital global, yang diperkirakan mencapai nilai 994 juta dolar AS pada tahun 2030," ucap Nezar.

“Dengan mengikuti tren positif transformasi digital, acara IIXS 2024 secara tidak langsung berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi, peningkatan produktivitas, dan penciptaan lapangan kerja baru,” tutup nya.

4 dari 4 halaman

APJII Tanda Tangani MOU dan Berikan Penghargaan

Sebagai bentuk nyata kolaborasi para pendukung usaha transformasi digital, APJII juga secara resmi melakukan penandatanganan MoU dengan PT Empat Beruang Perkasa. Penandatanganan ini menjadi bentuk kolaborasi yang dibangun APJII dalam pemasaran quokka (mobile security testing platform).

Untuk menjaga dan mengapresiasi hubungan dengan anggota organisasi, APJII juga memberikan penghargaan kepada perusahaan yang tergabung, sebagai berikut:

  1. PT. Supra Primatama Nusantara
  2. PT. Mora Telematika Indonesia
  3. PT. Parsaoran Global Datatrans
  4. PT. Pgas Telekomunikasi Nusantara

The Most Resilient All The Time PT. Cyberindo Aditama

  1. PT. Indointernet Tbk
  2. PT. Melvar Lintasnusa
  3. PT. Uninet Media Sakti
  4. PT. Centrin Online Prima
  5. PT. Bitnet Komunikasindo
  6. PT. Core Mediatech 
  7. PT. Link Net Tbk 
  8. PT Usaha Mediantara Intranet
  9. PT. Primedia Armoekadata Internet 
  10. PT. Jasnita Telekomindo 
  11. PT. Elga Yasa Media
  12. PT. Sistelindo Mitralintas
  13. PT. Indosat Tbk 
  14. PT. BMK Hardayaperkasa 
  15. PT. Transmedia Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini