Sukses

5 Teh untuk Penderita Diabetes, Bantu Kontrol Kadar Gula Darah

Minum teh tanpa pemanis bisa membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Tetap terhidrasi dengan baik sangat penting untuk setiap proses tubuh, termasuk pengaturan gula darah.

Liputan6.com, Jakarta - Selain itu, beberapa jenis teh mengandung senyawa tumbuhan yang melawan kerusakan sel dan mengurangi peradangan dan kadar gula darah, menjadikannya pilihan yang cocok untuk penderita diabetes.

Terlebih lagi, minum teh tanpa pemanis bisa membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Tetap terhidrasi dengan baik sangat penting untuk setiap proses tubuh, termasuk pengaturan gula darah.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa dehidrasi dikaitkan dengan kadar gula darah tinggi pada penderita diabetes, yang menyoroti pentingnya asupan cairan secara teratur.

Teh tertentu mengandung senyawa yang dapat membantu mengoptimalkan kontrol diabetes. Ditambah lagi, minum teh dapat membantu Anda tetap terhidrasi, yang penting untuk pengaturan gula darah yang sehat. 

Berikut beberapa pilihan teh terbaik untuk penderita diabetes, seperti melansir dari Healthline, Selasa (13/8/2024).

1. Teh hijau

Teh hijau menawarkan banyak manfaat kesehatan, beberapa di antaranya sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Misalnya, minum teh hijau dapat membantu mengurangi kerusakan sel, mengurangi peradangan, dan mengoptimalkan kontrol gula darah.

Beberapa senyawa dalam teh hijau, termasuk epigallocatechin gallate (EGCG), telah terbukti merangsang penyerapan glukosa ke dalam sel otot rangka, sehingga mengurangi kadar gula darah.

Sebuah tinjauan terhadap 17 penelitian yang melibatkan 1.133 orang dengan dan tanpa diabetes menemukan bahwa asupan teh hijau secara signifikan mengurangi kadar gula darah puasa dan hemoglobin A1c (HbA1c), penanda pengendalian gula darah jangka.

Terlebih lagi, penelitian menunjukkan bahwa minum teh hijau dapat membantu mengurangi peluang terkena diabetes.

Perlu dicatat bahwa penelitian ini umumnya menyarankan minum 3–4 cangkir teh hijau per hari untuk mendapatkan manfaat yang disebutkan di atas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Teh hitam

 

Teh hitam mengandung senyawa tumbuhan yang kuat, termasuk theaflavin dan thearubigins, yang memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, dan penurun gula darah. 

Sebuah penelitian pada hewan pengerat menunjukkan bahwa asupan teh hitam mengganggu penyerapan karbohidrat dengan menekan enzim tertentu dan dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali.

Sebuah penelitian pada 24 orang, beberapa di antaranya menderita pradiabetes, menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman teh hitam bersamaan dengan minuman manis secara signifikan menurunkan kadar gula darah, dibandingkan dengan kelompok kontrol. 

Penelitian lain pada hewan pengerat menunjukkan bahwa teh hitam juga dapat membantu mendorong sekresi insulin yang sehat dengan melindungi sel-sel pankreas yang mengeluarkan insulin.

Penelitian pada individu juga telah menunjukkan manfaatnya, tetapi mekanisme kerjanya masih belum jelas. 

Seperti halnya teh hijau, penelitian tentang teh hitam umumnya merekomendasikan minum 3–4 cangkir per hari untuk mendapatkan manfaat yang signifikan.

 

3 dari 5 halaman

3. Teh kayu manis

Kayu manis adalah rempah populer yang dikenal memiliki sifat antidiabetik. Banyak individu mengonsumsi suplemen kayu manis pekat untuk membantu mengurangi kadar gula darah mereka, tetapi studi menunjukkan bahwa meminum secangkir teh kayu manis juga dapat memberikan manfaat.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengonsumsi 6 gram suplemen kayu manis setiap hari selama 40 hari secara signifikan menurunkan kadar glukosa sebelum makan pada orang dewasa yang sehat. 

Ada beberapa mekanisme di mana kayu manis dapat membantu menurunkan kadar gula darah, termasuk memperlambat pelepasan gula ke dalam aliran darah, meningkatkan pengambilan glukosa sel, dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Namun demikian, tinjauan tahun 2013 menemukan bahwa meskipun kayu manis dapat secara signifikan bermanfaat bagi kadar gula darah puasa dan kadar lipid, tampaknya tidak efektif untuk mengendalikan gula darah rata-rata atau HbA1C.

Diperlukan lebih banyak penelitian pada individu sebelum kesimpulan kuat tentang efek kayu manis pada kadar gula darah dapat dibuat.

 

4 dari 5 halaman

4. Teh kunyit

Kunyit menjadi salah satu rempah  yang terkenal dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasinya yang kuat. Kurkumin, komponen aktif utama dalam kunyit, telah dipelajari karena khasiatnya dalam menurunkan gula darah.

Penelitian menunjukkan bahwa kurkumin dapat meningkatkan kadar gula darah yang sehat dengan meningkatkan sensitivitas insulin dan meningkatkan penyerapan glukosa dalam jaringan.

Sebuah tinjauan penelitian pada individu dan hewan pada tahun 2020 menemukan bahwa asupan kurkumin dikaitkan dengan penurunan gula darah dan kadar lipid darah secara signifikan.

Teh kunyit dapat dibuat di rumah dengan menggunakan bubuk kunyit atau dibeli di toko makanan kesehatan. 

Perlu dicatat bahwa piperin, komponen utama lada hitam, secara signifikan meningkatkan bioavailabilitas kurkumin, jadi jangan lupa untuk menambahkan sedikit lada hitam ke dalam teh kunyit Anda untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

 

5 dari 5 halaman

5. Teh chamomile

Teh chamomile telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk mendorong pengaturan gula darah yang sehat.

Sebuah studi pada 64 orang penderita diabetes menemukan bahwa peserta yang minum 5 ons (150 ml) teh chamomile yang dibuat dengan 3 gram chamomile 3 kali sehari setelah makan selama 8 minggu mengalami penurunan signifikan pada kadar HbA1c dan insulin, dibandingkan dengan kelompok kontrol. 

Teh chamomile tidak hanya berpotensi untuk mengoptimalkan kontrol gula darah, tetapi juga dapat membantu melindungi terhadap stres oksidatif, ketidakseimbangan yang dapat menyebabkan komplikasi terkait diabetes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.